Ariel Square Four, motor legenda yang luar biasa


Ariel-1952-Square-four-1

Pertamanya sih terlihat biasa, seperti motor antik kebanyakan. Model dan type mesin saya kira hampir sama. Namun setelah lebih detail ternyata ini mesin yang tidak biasa bahkan sangat luar biasa untuk tekhnologi pada saat itu. Ariel Square Four. Browsing-browsing cari referensi ternyata ada cerita sejarah tentang dibuatnya Ariel Square Four ini. Saya akan mencoba meringkas sejarah singkat tentang mesin yang sangat istimewa ini.

Cerita berawal ketika pada tahun 1928, ada seorang insinyur muda yang juga seorang desainer sepeda motor bernama Edward Tuner membawa proposal desain mesin baru yang tidak biasa alias agak “nyeleneh” pada waktu itu. Yaitu mesin empat silinder dalam konvigurasi persegi atau kotak.

OHCdiagram

Turner beberapa kali menunjukkan hasil desainnya ke beberapa pabrikan motor ternama pada saat itu, dia mencoba mencari pembeli desain inovatifnya tersebut dan menawarkannya, termasuk ke pabrik BSA. Namun dari sekian banyak pabrik yang didatanginya, hanya ARIEL melalui Jack Sangster yang tertarik pada desain tersebut dan menawarkan pekerjaan kepada sang insinyur muda tadi. Setelah diterima di ARIEL, Tuner bekerja mengembangkan desainnya dibantu oleh Bert Hopwood. Setelah sekitar 18 bulan bekerja dan membangun mesin, maka prototype pertama mesin ARIEL Square Four di perkenalkan secara internal. Hasilnya adalah sebuah mesin 500cc empat silinder OHC dengan klep/katup tertutup dan sistem pelumasan mesin menggunakan gigi/gear. Sebuah lompatan besar dari mesin motor kebanyakan saat itu dimana hampir semua pabrikan masih menggunakan mesin single silinder dan klep/katup terbuka.

square 4 500cc

Model ARIEL Square Four 500cc ini pertama kali diperkenalkan ke masyarakat pada saat diselenggarakannya event Olympia motorcycle show pada tahun akhir tahun 1930 dan awal tahun 1931, pada saat peluncuran model ini mendapat sambutan yang luar biasa oleh para pengunjung pameran tersebut.

edward turner

Edward Turner dengan Ariel Square Four 500cc

Produksi pertama ARIEL Square Four tahun 1931 adalah type touring dengan menggunakan mesin berkapasitas 500cc, namun publik ternyata menginginkan lebih sehingga kapasitas mesin dinaikkan menjadi 600cc pada tahun 1932.

Ariel Square 4 600cc

Pada tahun 1931 saat mulai dipasarkan, ARIEL Square Four ini mendapatkan banyak thropy penghargaan diantaranya dalam kategori Test Daya Tahan, kehandalan dan kemudahan dalam penggunaan. Mesin ini memiliki potensi untuk menjadi mesin yang cepat namun belum terbukti, hingga pada tahun 1933 seorang pembalap bernama Ben Bickell mengendarai ARIEL Square Four 500cc yang sudah dimodifikasi dengan penambahan supercharged di trek Brookland. Ben Bickell mencatat waktu tercepat 110Mph (sekitar 177Kmh) dan menjadikan ARIEL sebagai mesin/motor buatan Inggris pertama yang tembus kecepatan 100Mph.

bickellleftside SQ4

Selanjutnya mesin ini kembali dinaikkan kapasitasnya untuk memenuhi peningkatan daya, Edward Turner membuat mesin ini menjadi 1000cc dengan menggunakan push rod.

ariel-square-four-engine

1939sq4eng

Demikian cerita singkat tentang ARIEL Square Four, teknologi mesin yang digunakannya menjadikan mesin ini sebagai salah satu legenda sejarah sepeda motor dunia.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉

 

Iklan

7 pemikiran pada “Ariel Square Four, motor legenda yang luar biasa

  1. tampaknya perawatannya sangat ribet… ruang di head sangat sempit sehingga jalur intake dan exhaust berhimpitan..tapi terobosannya termasuj brillian menjadikannya kompak tak keliatan seperti 4silinder

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s