Sejarah singkat Scrambler


Sambil menunggu proses pembuatan Honda Tiger Scrambler, saya mengajak pembaca sekalian untuk menambah sedikit informasi tentang Scrambler ๐Ÿ˜€

Pada tulisan terdahulu saya pernah memposting artikel dari bikeexif tentang bagaimana membuat motor Scrambler. Dan pada kesempatan kali ini saya mendapatkan sedikit referensi sejarah bagaimana awal mula munculnya istilah Scrambler pada sepeda motor.

Vintage-Off-Road-Motorcycle-Buying-Guide-1200x789

ilustrasi

Sejarah awal scrambler bermula di Inggris pada akhir tahun 1920an, dimana pada waktu itu mulai berkembang balap sepeda motor yang lebih mengedepankan kecepatan dibandingkan peraturan. (tentu tetap dalam koridor sportifitas) ๐Ÿ˜€ Para pembalap diharuskan memulai lomba dari point A ke Point B di alam terbuka dengan waktu yang sesingkat mungkin untuk menang dengan diharuskan menaklukkan berbagai macam medan.

ilustrasi balapan

ilustrasi balapan

Pada saat itu produsen kendaraan belum mengenal dan memproduksi model trail, enduro ataupun dirt bike, keadaan tersebut memaksa pada pembalap melakukan modifikasi sepeda motor yang digunakan di jalan raya menjadi motor yang sanggup dipakai di kondisi offroad seperti padang rumput, jalan berlumpur, berbatu dan juga berbukit.

Triumph-Scrambler-Motorcycle05

Selanjutnya balap ini mulai berkembang di Amerika dan dilakukan di sirkuit, dan pada tahun 1960-an pabrikan/produsen sepeda motor mulai membuat sepeda motor dengan model enduro/dirt bike yang menyerupai model yang kita lihat saat ini.

022814-wunderlich-bmw-r1200gs-scrambler-01-633x355

Secara umum, karakteristik sepeda motor scrambler adalah adaptasi dari sepeda motor jalan raya menjadi sepeda motor segala medan. Motor ini harus memenuhi persyaratan seperti ringan, simpel, kuat dan dapat diandalkan. Adapun ciri yang menjadi karakter kunci Scrambler adalah :

  • Knalpot dipasang lebih tinggi
  • Jok pendek dan empuk
  • Torsi mesin yang merata
  • Tampilan simpel dan sederhana
  • Komponen tambahan yang ringan
  • Tangki yang lebih kecil dari aslinya
  • Panel dan indikator mini
  • Ban offroad dan roda jari-jari

Sangat penting untuk diingat, walaupun secara visual model scrambler adalah menghilangkan fitur-fitur standar sepeda motor yang dirasa tidak perlu, namun itu semua bertujuan untuk menggabungkan unsur simplisitas bersanding dengan kekuatan karakter dari model ini. Tapi saran saya jika dipakai harian alangkah baiknya kelengkapan lalu lintas tetap dipasang ๐Ÿ˜€

 

Iklan

4 pemikiran pada “Sejarah singkat Scrambler

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s