Menghidupkan mesin


Dua hari ini banyak rekan-rekan yang disibukkan dengan acara HBD di pantai Telengria Pacitan. Rencananya saya pengen gabung ke acara tersebut, namun karena motor belum siap akhirnya batal πŸ˜€
Kali ini saya akan menceritakan tentang saat pertama mesin Honda Tiger Scrambler ini menyala untuk pertama kalinya. Kilas balik sebelumnya, mesin ini silinder blok dan pistonnya baru. Termasuk juga head silinder beserta isinya.

image

Setelah jalur kabel-kabel telah terpasang, maka tahap selanjutnya adalah pengecekan ulang pada pengapian, apakah api dari busi menyala sempurna ataukah tidak. Alhamdulillah, saat kontak on lalu starter electric ditekan busi berpijar sempurna. Kemudian mesin diisi oli mesin dan memasang selang berikut tempat bensin sementara. Setelah semua siap, dicoba menyalakan mesin tersebut. Starter electric berputar namun mesin belum juga menyala, baru setelah bensin turun ke karbu dan gas diputar mulailah mesin meraung… Brrruummm… Senangnya.. :mrgreen:
Tapi setelah selongsong dilepas mesin kembali mati. Ternyata karbu masih perlu distel agar langsam. Setelah sedikit utak-atik karbu, mulai lagi seperti tahap awal. Pertamanya mesin masih nggak mau menyala, kemudian dengan sedikit bantuan kick starter akhirnya mesin kembali menyala.

Setelah berulang kali dicoba, akhirnya ketemu settingan langsamnya, sekali klik electric starter langsung jrrreeeeennngggg!!!

Rasanya tidak bisa dibayangkan, senang bercampur bahagia… Merakit mesin sendiri bagian per bagian hingga bisa menyala… Walau masih ada PR seperti klep masih perlu di stel biar tidak berisik πŸ˜€
Pokoknya….. Seneng πŸ˜‰

Posted from WordPress for Android

Iklan

2 pemikiran pada “Menghidupkan mesin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s