Pasang ronsel mega pro dan kampas kopling per 5 di Honda Tiger


Kembali saya lanjutkan cerita kemarin, kali ini adalah pemasangan ronsel Honda Megapro dengan kopling per 5. Ternyata tidak serta merta plak dan pluk. Diperlukan sedikit penyesuaian karena perbedaan ukuran dan dimensi ronsel megapro dan tiger. Selain itu kampas kopling juga berbeda karena asli megapro terdiri dari 5 lembar sedangkan yang variasi berjumlah 6 lembar.

image

Perbedaan tersebut membuat kopling house bergesekan dengan filter oli sentrifugal atau sering disebut corong oli. Untuk itu saya mencoba sedikit utak-atik agar bisa terpasang dengan sempurna.

Yang pertama adalah mengurangi panjang bosh as dan ring kopling masing-masing 1mm. Urusan ini serahkan ke tukang bubut ๐Ÿ˜€

image

Pengurangan ini bertujuan agar kopling yang berjumlah 6 lembar tadi bisa lebih masuk ke dalam rumah kopling. Saat saya coba posisinya sudah lumayan masuk kedalam.

image

Tapi masih ada sisa speleng/gap dari ronsel megapro. Dan saat saya pasang filter oli ternyata masih terlalu mepet dengan rumah kopling. Takutnya terjadi gesekan.
Solusinya adalah memasang ring pada as primer dan sekunder. Putar otak cari ring yang pas, akhirnya pilihan ada di ring bekas stang seher motor 2T. ๐Ÿ˜€

image

Terpaksa korek-korek rongsok di bengkel teman saya, akhirnya dapat juga dua buah lalu dibersihkan. Posisi pemasangan ring tersebut seperti gambar berikut ini.

image

Ring pertama dipasang dibagian dalam as kopling, kemudian baru dipasang bosh as. Selanjutnya baru dipasang ronsel dan kampas koplingnya. Dan ring kedua dipasang setelah gigi primer.

image

Kemudian tinggal dipasang filter oli sentrifugalnya.

image

Dan alhamdulillah semua komponen terpasang dan terlihat berfungsi normal.

image

Mudah-mudahan nanti semua bekerja dengan baik.
Demikian cerita saya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. ๐Ÿ˜‰

Catatan : Saya tidak menganjurkan untuk motor standar pabrik, kecuali untuk orang iseng seperti saya. ๐Ÿ˜€

Posted from WordPress for Android

Iklan

4 pemikiran pada “Pasang ronsel mega pro dan kampas kopling per 5 di Honda Tiger

    • Kunci mahkota buat mesin honda ukurannya standar semua mas, bolak balik. Yang besar buat mesin GL-Tiger yang kecil untuk type bebek/cub.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s