Bentor alias Becak Bermotor Antik


Beberapa hari yang lalu di Yogyakarta ada demo atau unjuk rasa para pengemudi Bentor, mereka menuntut pencabutan Surat Edaran Gubernur DIY tentang pelarangan becak motor dan penghentian rasia terhadap becak motor. Padahal Bentor itu sendiri dinilai banyak pihak tidak memenuhi standar kelayakan sebagai angkutan publik, membahayakan pengguna jalan dan melanggar UU Lalu lintas.

gambar dari kabarkota.com

gambar dari kabarkota.com

Tapi disini saya tidak akan membahas Bentor dan tuntutan para pengemudinya, karena sebenarnya ini diperlukan ketegasan dari pemerintah untuk mencarikan solusi yang terbaik tanpa merugikan masyarakat banyak dan juga para pengemudi bentor yang mencari nafkah.

Berbicara tentang Bentor, dahulu kala jauh sebelum ramai Bentor di Indonesia. Nenek moyang Bentor sudah dibuat oleh pabrik sepeda motor di belahan bumi eropa. Beberapa warisan yang masih ada dan terpelihara seperti yang saya sampaikan dibawah ini.

Leon Bollee 1897   “La Voiturette”  650 cc 

La Voiturette

Pada tahun 1895 Léon Bollee merancang kendaraan roda tiga kecil yang ia beri nama “Voiturette”.
Kendaraan ini didukung oleh mesin silinder tunggal 650cc (3hp) mesin berpendingin udara dengan bore x stroke 75 x 145 mm bertransmisi tiga percepatan. The Voiturette pada waktu itu merupakan kendaraan tercepat bermesin bensin yang ada di jalan Paris.

NSU 1907

NSU1

Dirancang  Karl Schmidt, model pertama NSU hadir di tahun 1903 didukung oleh mesin 329cc bertenaga 2½hp. Sejumlah model yang berbeda diperkenalkan hingga pecahnya perang, termasuk motor dengan mesin vtwin dalam berbagai jenis dan kapasitas. Salah satunya adalah model Bentor diatas, model dengan mesin bertenaga 3 ½ ini dilengkapi dengan transmisi dua percepatan rancangan NSU.

Zenith “Zenette” 1908

Zenith1

Zenetteadalah salah satu nama merek yang digunakan oleh Zenith Motor Engineering Company yang berbasis di London, perusahaan ini memulai memproduksi sepeda motor pada tahun 1905 dengan Zenith Bicar. Selanjutnya Zenith merancang kendaraan roda tiga yang menurut pembuatnya itu terinspirasi dari Zenith Bicar“.
Mesin yang digunakan oleh Zenith saat itu adalah Fafnir satu silinder dan JAP silinder kembar.
Nah, bagaimana menurut anda? :mrgreen:
Iklan

3 pemikiran pada “Bentor alias Becak Bermotor Antik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s