Masih tentang pembuatan Sub-frame Honda Tiger Scrambler


Mari kita lanjutkan kembali cerita tentang pembuatan sub-frame Tiger Scrambler, sekarang beralih ke pembuatan rangka penyangga mesin yang sengaja saya pilih model knock down agar mudah saat service mesin.

wpid-img_20150814_134741.jpg

Pada ujung bawah pipa penyangga sub-frame di buat melengkung dan di las dengan besi penyangga pijakan kaki bawaan rangka. Bagian pipa yang melengkung ini diisi dengan besi padat untuk memperkuat sambungan pipa yang nanti digunakan sebagai lubang baut penyambung rangka seperti gambar berikut.

wpid-img_20150817_100355.jpg

Kemudian untuk bagian depannya saya masih menggunakan engine mounting bawaan Tiger yang sudah dibuatkan lubang untuk diisi pipa besi. Pipa besi ini selanjutnya disambung dengan las dengan pipa penyangga mesin.

wpid-img_20150817_115013.jpg

Penampakan kasarnya kurang lebih sebagai berikut :

wpid-img_20150817_122149.jpg

Langkah selanjutnya adalah membuatkan penyangga sub-frame yang terhubung dengan main frame. Tapi sebelumnya harus membuatkan lubang as lengan ayun yang dibuatkan di tukang bubut agar rapi dan kuat menggunakan besi padat.

wpid-img_20150817_124750.jpg

Posisi segitiga disebelah kiri as lengan ayun pada gambar diatas akan diisi dengan plat besi tebal untuk menghubungkan pipa dengan lubang as lengan ayun. Kalau ini harus beli di tukang rongsok besi ๐Ÿ˜€

Sampai disini dulu cerita pembuatan rangka Honda Tiger Scrambler, kita sambung lagi di lain kesempatan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama ๐Ÿ˜‰

Iklan

6 pemikiran pada “Masih tentang pembuatan Sub-frame Honda Tiger Scrambler

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s