Priiitttt!!! Regulasi pemerintah tentang pembatasan kecepatan telah disahkan dalam Permenhub nomor :111 tahun 2015 tentang Tata Cara Penetapan Batas Kecepatan


Tercatat, 14 persen kecelakaan yang terjadi pada 2014 disebabkan oleh pelanggaran batas kecepatan berkendara.
image

Menyadari hal ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun akhirnya mengeluarkan aturan batasan kecepatan berkendara.
Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 111 Tahun 2015.
Dalam Pasal 3 Ayat (1) dan (2) disebutkan bahwa setiap jalan memiliki batas kecepatan paling tinggi yang ditetapkan secara nasional.
Dilanjutkan dalam Ayat (4), ada empat kategori pembatasan kecepatan yang diatur, yakni jalan bebas hambatan, jalan antarkota, jalan di kawasan perkotaan, dan jalan di permukiman.
Untuk di jalan bebas hambatan kecepatan paling tinggi 100 kilometer per jam dan minimal 60 km/jam dalam kondisi arus bebas. Jalan antarkota paling tinggi 80 km/jam, jalan di kawasan perkotaan maksimum 50 km/jam, dan di permukiman maksimum 30 km/jam.
Dijelaskan, jalan bebas hambatan yang dimaksud dalam peraturan tersebut merupakan jalan arteri primer dan kolektor primer. Sedangkan jalan antarkota di antaranya terdiri dari jalan nasional dan jalan provinsi. Jalan perkotaan termasuk jalan nasional, jalan provinsi, dan jalan kabupaten/kota. Terakhir, jalan permukiman yang dimaksud adalah jalan lokal sekunder sebagai bagian dari jalan kota dan kabupaten.
Kemenhub juga telah menentukan sanksi bagi para pelanggar. Sanksi akan dikenakan sesuai dengan Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 287 Ayat 5 berupa pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

Regulasi ini sangat bertolak belakang dengan promosi produk otomotif yang akhir-akhir ini bersemangat menyuarakan produknya yang berperforma hebat, dna motogp, teknologi balap dan bla,bla,bla yang lain yang secara tidak langsung bisa mempengaruhi cara berkendara konsumen khususnya anak muda.
Mudah-mudahan nanti dalam pelaksanaannya dapat memberikan ketertiban dan kepastian hukum bagi pengendara dan bukan menjadi celah bagi oknum nakal untuk mencari-cari kesalahan.

Posted from WordPress for Android

Iklan

16 thoughts on “Priiitttt!!! Regulasi pemerintah tentang pembatasan kecepatan telah disahkan dalam Permenhub nomor :111 tahun 2015 tentang Tata Cara Penetapan Batas Kecepatan

    1. Setelah diundangkan tentu ada tahapan sosialisasinya dulu, kemudian biasanya ada sampel di daerah/wilayah/jalan tertentu sambil menyiapkan peralatan pengukur batas kecepatan. Sampai jogja masih lama kok πŸ˜€

      1. speed radar gun yak ,… tapi apa gak ngoyo πŸ˜€ cuman buat ngukur speed 100 kurang … speed radar kan biasanya up to 200 an πŸ˜€ hahahaha . penggunaan nya kira kira di jalan biasa atau ring road hayo ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close