Nimbus Armee (Army) Motorcycle, motor perang Dunia II


Kita lanjutkan pelajaran sejarah dari Nimbus Motorcycle Denmark kemarin, kali ini tentang kiprahnya dalam membantu pasukan Denmark dalam menghadapi pasukan Jerman dalam Perang Dunia II (WWII).

Nimbus-1957-Military-2

Pada akhir tahun 1930-an pemerintah Denmark perlahan mempersiapkan diri dari ancaman pasukan Nazi Jerman, mereka memperkuat pasukan militer mereka untuk menghadapi dan berjaga-jaga jika terjadi invasi oleh Jerman. Dalam rangka persiapan militer Denmark tersebut terdapat rencana untuk melengkapi tentara Denmark dengan sepeda motor, sebagian besar terdiri dari motor Nimbus model solo dan kombinasi sespan yang dilengkapi dengan senapan mesinNimbus sangat cocok untuk digunakan dalam perang karena memiliki keunggulan yaitu ringan, mudah dikendarai, handal, mudah dalam perbaikan dan perawatan.

Bundesarchiv_Bild_101III-Weill-096-27,_Deutschland,_Vereidigung_von_DänenCerita berlanjut, Nazi Jerman akhirnya meng-invasi Denmark pada tanggal 09 April 1940 dengan serangan yang mendadak dan cepat. Pemerintah Denmark terkejut dengan serangan mendadak tersebut, dalam hitungan jam Denmark hancur menghadapi serangan gabungan Nazi dengan kekuatan udara, darat dan laut.

Setelah Denmark dikuasai Jerman, situasinya berubah dimana semua pabrik-pabrik industri dan rekayasa dipaksa untuk memproduksi barang dan keperluan perang Jerman. Beberapa diantaranya menyatakan siap membantu Jerman agar posisi mereka “aman”, namun hal ini menjadikan bumerang bagi pabrik-pabrik tersebut karena menjadi target sabotase dan pengeboman oleh perlawanan bawah tanah (gerilya) pasukan Denmark.

Namun hal tersebut tidak berlaku bagi pabrikan Nimbus, mereka tidak serta merta menyatakan siap melaksanakan perintah Jerman. Nimbus bersikap pasif, mereka malah terus memproduksi mesin vacuum cleaner dalam jumlah besar dan dengan sengaja memperlambat dan hampir menghentikan proses produksi sepeda motor dengan alasan kurang tenaga kerja dan bahan pembuatnya. Namun dibalik alasan itu, diam-diam Nimbus tetap membuat sepeda motor dalam jumlah kecil untuk dikirim ke pasukan perlawanan di Kopenhagen Denmark.

Nimbus-1957-Military-1

Pada periode perang antara tahun 1940 hingga 1945, hanya 637 motor yang dibuat, termasuk 100 unit yang dirampas oleh pasukan Jerman. Model ini yang sangat dicari oleh para kolektor sepeda motor, apalagi yang telah dilengkapi sespan dan perlengkapan lampu konvoi dan persenjataan.

Nimbus

Saat Nimbus digunakan dalam tugas di Angkatan Darat Denmark dipersenjatai dengan 8mm Madsen MG (Machine Gun) atau bahkan 20mm Madsen yang dipasang pada sespan (tidak digunakan/ditembak pada saat bergerak).

Nimbus8mm
Nimbus dengan senapan mesin 8mm Madsen
Nimbus dengan 20mm Madsen
Nimbus dengan 20mm Madsen

Nimbusarmy

Menurut cerita beberapa Nimbus pasukan Denmark berhasil melumpuhkan kendaraan lapis baja ringan milik Jerman, namun tidak sedikit dari mereka yang hancur terjebak dalam pertempuran.

Demikian cerita singkat tentang peran serta Nimbus Motorcycle dalam perang dunia kedua, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉

 

 

 

 

 

Iklan

2 tanggapan untuk “Nimbus Armee (Army) Motorcycle, motor perang Dunia II”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.