Sejarah Minerva


Mr Sylvain de Jong, lahir di Amsterdam pada tanggal 5 Januari tahun 1868,  pada usia 13 tahun dengan orangtuanya dan dua saudara pindah ke Brussels Belgia. Setelah bekerja selama beberapa tahun sebagai wartawan, ia pergi ke Inggris untuk mempelajari cara produksi sepeda. Pada 1895, S. de Jong, saudara-saudaranya dan investor lainnya mulai mendirikan pabrik di Antwerp, untuk memproduksi dan memperbaiki sepeda. Untuk sepeda ini, mereka memilih nama “Mercury”. Hanya dua tahun kemudian, setelah terjadi perselisihan dengan investor lainnya, S. de Jong membuat usaha baru pada 15 Oktober 1897  dengan sebutan “S. de Jong & Co”. Kali ini dia memilih nama “Minerva” untuk pabrik baru di Antwerp. Minerva adalah dewi Romawi, putri dari Jupiter, digambarkan sebagai putri dengan memakai baju besi lengkap. Dia adalah Dewi pelindung prajurit, dewi pengetahuan dan kebijaksanaan dan dewi pengrajin dan industri.

Athena_Minerva_Greek_Goddess_Statue_01

Pada tahun 1900, S. De Jong & Co membeli mesin dari pabrik  Neuchâtel – Swiss rancangan Zürcher & Lüthi. Zürcher & Lüthi tidak hanya membuat mesin, tapi mereka juga mematenkan set-up mesin pada sepeda.

minerva engine 1

Mesin yang “dijepit framing/rangka” (klip-on) dengan pita kulit/belt yang melingkar pada tepi alur roda belakang sebagai penerus gerak. Mesin ini memiliki katup inlet atmosfer (atmospheric inlet valve) dan exhaust katup mekanik, Sebuah karburator  dan accu 4 volt dengan koil getar untuk  menghasilkan percikan api.

minerva1

S. de Jong & Co selanjutnya membeli lisensi dan mulai produksi semua komponen yang dibutuhkan untuk mengubah bicyclette Minerva menjadi motocyclette Minerva. Karena keandalan dari mesin model klip-on tersebut, akhirnya produknya sukses dipasaran.

minerva 2

Sepeda motor Minerva pertama memiliki spesifikasi 172 cc (56 x 70) dan menghasilkan ¾ hp. Kemudian Minerva memperbarui mesin menjadi 211 cc dan menghasilkan tenaga 1,5 hp pada produksinya di tahun 1901.

Pada tahun 1904, semua mesin telah diperbaharui dengan menggunakan katup mekanik pada inlet dan exhaust nya. Katup mekanik ini selanjutnya diaplikasikan pada type mesin 254 cc (2 hp), 345 cc (2 ¾ hp) dan 433 cc (3 ½ hp).

minerva engine 2

minerva 4

Kemudian pada tahun 1908 – 1909, Minerva kembali mengembangkan mesin dengan kapasitas lebih besar dan bahkan membuat mesin type V-Twin dengan kapasitas 577 cc (4½ hp) dan 855 cc (7-8 hp)

minerva 5

minerva 6

Pada awal tahun 1909 sampai akhir 1910, secara bertahap produksi Minerva Motorcycles dikurangi dan akhirnya dihentikan. Hal tersebut dikarenakan berkurangnya penjualan dan semakin besarnya permintaan mobil sebagai sarana angkutan yang menjadi trend waktu itu. 😀

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉

 

Iklan

6 thoughts on “Sejarah Minerva

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close