Mesin absensi sidik jari (finger print)


Tadi pagi ada yang baru di kantor, kebetulan saya berangkat terlalu pagi dan apesnya salah kostum juga (tiap tanggal 20 pake pakaian adat) 😥

Kemudian saya bergegas ke meja absensi dan mengisi absen kehadiran, tiba-tiba saya melihat barang baru berada di tembok. Wah, ada mesin absensi sidik jari baru!! :mrgreen:

absensi sidik jari_resize

Selama ini absensi di tempat kerja saya menggunakan cara manual alias tulis tangan sehingga sangat mudah di manipulasi datanya. Dengan adanya absensi finger print baru ini diharapkan kedisiplinan karyawan akan meningkat seiring dengan peningkatan kinerja.  Harapan saya sebagai bawahan, semoga kebijakan penggunaan absensi sidik jari ini benar-benar dilaksanakan oleh seluruh karyawan dari tingkat paling rendah sampai tingkat atasan dengan kesadaran, kejujuran dan tanggungjawab. Jangan sampai terjadi si “A “anak si “B” atau  si “C” keluarga/kerabat/anak buah si “B” sering telat, bolos atau bahkan tidak berangkat, namun bebas dari sangsi. Itu sangat menyakiti perasaan karyawan lainnya. 👿

Kembali ke mesin absensi sidik jari diatas, mesin finger print tersebut bermerk fingerspot Multimedia series. Berikut ini gambar dan spesifikasinya :

multimediaseries

500dpi, 8,000 fingerprint capacity, 500,000 records, RS232, RS485 and TCP/IP communication, USB Flash Disk support, Webserver, Work Code, Short Messages, Scheduled Bell, RFID EM Card Reader, Access Control support, Photo ID, Internal Camera.

FITUR :

  • Standalone System, mesin bisa beroperasi tanpa harus terhubung komputer.
  • 3.5” LCD Color Screen, dilengkapi layar berwarna untuk menampilkan menu yang lebih user friendly
  • Multi Identification, proses identifikasi menggunakan kombinasi antara Sidik Jari, Password, Kartu dan PIN
  • Multiple and Flexible Shift, mendukung berbagai macam shift termasuk shift lewat tengah malam serta dilengkapi dengan roster untuk memudahkan penjadwalan.
  • Advance Employee Leave Setting, fasilitas input lupa scan, izin terlambat, pulang cepat, tidak istirahat, sakit, cuti, dinas luar, aktivitas dan izin lainnya
  • Handle Many Types of Overtime, menyediakan perhitungan beberapa macam lembur termasuk lembur dengan indeks pengali serta dilengkapi dengan SPL
  • Verification without select a status key, proses verifikasi tidak diharuskan untuk memilih status scan terlebih dahulu.
  • Username and Photo Display, menampilkan nama dan foto pengguna pada layar saat verifikasi.
  • Internal Camera, kamera ini berfungsi untuk mengambil gambar karyawan ketika melakukan absensi. Foto hasil capture mesin ini akan dicocokkan dengan data absen yang terekam.
  • Multi Connection, dilengkapi dengan koneksi RS232, RS485, TCP/IP, USB Host dan Wiegand memberikan banyak pilihan dalam pertukaran data dari dan ke komputer serta komunikasi dengan mesin akses kontrol lain.
  • USB Flash Disk, fitur ini sangat bermanfaat jika mesin dipasang jauh dari komputer. Data bisa diambil menggunakan Flash Disk untuk kemudian ditransfer ke komputer.
  • Realtime Monitoring and Automatic Data Download, data absensi dapat dipantau langsung di komputer serta dapat didownload secara otomatis pada waktu yang ditentukan.
  • Web Server, dengan fitur ini perusahaan bisa melihat data absensi di mesin dengan menggunakan web browser seperti Internet Explorer, sehingga mesin bisa diakses dari manapun tanpa harus ada aplikasi yang terinstal.
  • Fingerspot Secure Data Encryption, data yang didownload menggunakan USB Flashdisk dalam kondisi terenkripsi.
  • Complete Report with Custom Report Designer, Laporan absensi yang dihasilkan lengkap dengan format yang dapat didesain ulang sendiri.
  • Automatic Backup Data, data dapat terbackup secara otomatis.
  • Export Data into Various File Formats, data dapat diekspor ke dalam banyak tipe format file, diantaranya Xls, CSV, XML, HTML dan Txt.
  • Professional Access Control Support, mesin ini bisa dikoneksikan dengan electric lock, door sensor, exit button, alarm, Door Bell. Mempunyai wiegand-in dan wiegand-out untuk koneksi dengan mesin akses kontrol lain. Pengaturan Timezone (waktu akses), Group, Holiday, Unlock Combination, Duress Fingerprint, Anti Passback dll
  • Simple Payroll and SMS Gateway Integration (Optional), dilengkapi dengan penggajian sederhana dan fitur pengirim SMS.
  • SDK Available, tersedia SDK (Software Development Kit) untuk pengembangan software.

Dan berikut ini skema pemasangannya :

MM series-20120730-153325

Tetapi sebagaimana alat buatan manusia yang lain, kemungkinan mesin absensi ini juga terdapat kekurangan dalam operasionalnya. Kekurangan inilah yang menjadi celah untuk mensiasati prosedur absensi karyawan. Karena pasti ada saja yang merasa bahwa keberadaannya dianggap membatasi gerak sebagian karyawan yang selama ini terbiasa “bebas” dalam bekerja.

Adapun beberapa modus yang sering digunakan untuk mengelabui mesin absensi sidik jari ini, seperti yang ditulis oleh sahabat yang juga mantan admin absensi sidik jari di sebuah bank adalah sebagai berikut :

  1. 5 jari milik 1 orang didaftarkan untuk 5 orang pegawai lain, kalau mau ekstrim sekalian 10 jari tangan didaftarkan biar bisa nitip absen.
  2. memberikan alasan kalau sudah berulang2 absen tapi tidak terdeteksi
  3. lupa absen karena dinas luar pulang sudah overtime jam kerja
  4. listrik mati
  5. program error
  6. bos atau pejabat lainnya bilang “tolong absenkan tanggal sekian..… aku wingi lali mas”

saya tambahi lagi :

  1. membina hubungan baik dengan admin biar bisa memanipulasi data 😆
  2. sabotase alat absensi.. 😈

Beberapa modus diatas harus sudah diantisipasi oleh pengambil kebijakan. Jangan sampai nanti penggunaan mesin absensi ini hanya sekedar pelengkap dan hiasan saja. Sementara sangsi hanya tajam kebawah dan tumpul ke atas 👿

Dan yang terpenting dari itu semua adalah, dengan keberadaan absensi sidik jari ini semua karyawan harus menyadari kewajiban dan tanggungjawabnya. Finger print hanyalah sekedar alat bantu pengukuran disiplin dan kinerja. Kedisiplinan yang sesungguhnya tercermin dalam hati masing-masing karyawan.  tanyakan pada nurani kita, apakah kita sudah disiplin ataukah kita sekedar ingin terlihat disiplin?

Iklan

12 pemikiran pada “Mesin absensi sidik jari (finger print)

  1. Niku menawi mboten salah, saged 2 fungsi mas, sidik jari saha wajah (retina)..

    Negara ingkang aneh, pegawai ajrih kaliyan mesin absen, telat/awal absen bakal dipun potong, 3x telat/awal absen pikantuk sp 3 , akumulasi telat absen sakjroning setahun 5 hari kerja, pikantuk pp 53…

    Qiqiqi

  2. tempat saya udah 4 tahun lebih kayaknya mas.
    jurus no 1 membina hubungan baik dengan admin biar bisa memanipulasi data. –>ini paling manjur.
    mau seribu satu alesan kalo adminnya JUJUR kayak ROBOT.
    sampean bakalan tetep absen mas.
    Walopun tiap hari telat, tetep aja bisa nyante, lha wong secanggih2nya system tetep aja ada manualnya.
    wkwkwkwkwkwk……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s