Honda CBX 6 Cylinder


Honda CBX diperkenalkan ke publik pada tahun 1978 sebagai produksi massal pertama sepeda motor Honda dengan menggunakan mesin inline enam silinder (sebelumnya mereka pernah membuat motor balap prototype balap Honda RC enam silinder). Sepeda motor Honda CBX ini menggunakan mesin twin-cam dengan 24-valve dan mampu menghasilkan tenaga max 105 hp @ 9000 rpm. Model ini diproduksi dari tahun 1978 sampai 1982.

Honda CBX 1000

Pada akhir tahun 1970-an, empat produsen sepeda motor besar Jepang mulai membangun motor superbikes dengan kinerja yang unggul. Honda memposisikan model CBX untuk mengangkat kembali posisi perusahaan menjadi yang terdepan di teknologi sepeda motor. Pada saat itu CBX disebut sebagai “terobosan bagi industri sepeda motor Jepangdan banyak yang memuji terhadap desain, konsep, dan kinerja motor ini. Pada saat yang sama Yamaha telah mempersiapkan Yamaha XS1100 yang juga diperkenalkan pada tahun 1978.

cbx

cbx1000_22

Honda CBX bukanlah yang pertama untuk motor produksi massal yang menggunakan mesin enam silinder, yang pertama adalah dari Italia yaitu Benelli 750 Sei yang sudah saya tuliskan diartikel sebelumnya.

Honda_1981_CBX1000B

Pada tahun 1981, Honda memperbarui CBX dan membuatnya masuk dalam kategori sport touring dengan nama Honda CBXB, Honda menambahkan fairing yang ramping dan pannier, serta penggunaan suspensi belakang Pro-Link single-shock” dan garpu depan tipe “air-adjustable”. Pada CBX-B ini Honda memutuskan untuk menggunakan disk brake ganda berbahan stainless dan berventilasiΒ (ventilasi disk brake ini menjadi yang pertama bagi industri sepeda motor) yang diperlukan untuk menghentikan laju motor berbobot 272 kg ini. Tapi ada penurunan pada max power dibandingkan model sebelumnya, dimana pada model ini max power sebesar 98 HpΒ @ 9000 rpm.

Honda CBX1000 82

Tahun 1982 adalah tahun terakhir untuk CBXΒ  dimana Model C’ diperkenalkan dan ada sedikit perbedaan dari model B’ yaitu penambahan rel pegangan pembonceng (a pillion grab rail), side box dan perubahan warna menjadi Pearl White”. Honda kini menargetkan model ini untuk kebutuhan penggemar touring agar dapat melakukan perjalanan jauh dengan nyaman. Suspensi Pro-Link lebih disempurnakan untuk memberikan tingkat redaman yang lebih baik.

Demikian sekilas tentang Honda CBX atau CBX 1000, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama πŸ˜‰

 

 

Iklan

15 pemikiran pada “Honda CBX 6 Cylinder

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s