Sejarah singkat Sepeda Motor Benelli


Kembali kita belajar sejarah motor dari Italia yaitu Benelli, pada artikel terdahulu tentang Benelli Leoncino saya belum menuliskan sejarah dari motor ini. Jadi tidak ada salahnya kita sedikit kilas balik tentang Benelli. Mari kita mulai 😀

Perusahaan sepeda motor Benelli di Pesaro (Pesaro e Urbino) Marche Italia, didirikan pada tahun 1911 oleh seorang wanita yang baru saja menjanda pada tahun 1911 bernama Teresa Benelli, yang menjual sedikit properti keluarga dan menginvestasikan dana dalam peralatan mesin, dan membangun bisnis di mana 6 anaknya bisa mencari nafkah. The Benelli Garage dari Pesaro dipekerjakan 5 dari 6 anak laki-laki bernama Domenico, Filippo, Francesco, Giovanni, dan Giuseppe Benelli , yang diperbaiki senjata, mobil, dan sepeda motor, sedangkan yang termuda, Antonio (Tonino’) masih terlalu muda untuk bekerja. Namun Antonio ini kelak memberikan dampak yang besar bagi keluarga karena karirnya sebagai juara pembalap mengangkat nama keluarga Benelli dan juga pabrik sepeda motor Benelli.

Antonio ('Tonino'), Francesco, Giovanni, Guiseppe, Filippo, Domenico

Antonio (‘Tonino’), Francesco, Giovanni, Guiseppe, Filippo, Domenico

Tahun 1919 perusahaan Benelli Pesaro mulai membangun mesin sepeda motor pertama mereka motor bermesin 2-stroke 75cc yang dipasang di frame sepeda.

first.benelli.1920

Selanjutnya Benelli berkembang dan mulai membangun mesin 100cc250cc SOHC dan DOHC 4-stroke yang cukup sukses membantu memuluskan karir balap perusahaan.

Tonino.Benelli

Dimulai pada awal 1920-an, Antonio Benelli, alias Tonino The Teribblesukses menjadikan motor buatan Benelli ke buku catatan sejarah balap setelah memenangkan empat gelar juara Italia.

1924.147ccSport.Tonino.Pesaro(Fogliotrack)

Ditangan Antonio, Benelli menjadi sepeda motor yang disegani di arena balap. Terlebih lagi dengan inovasi yang dilakukan oleh kakaknya Giuseppi Benelli yang merancang mesin baru 175cc dengan type OHC.

Benelli.raceteam.30s.175cc

Mesin baru tersebut terbukti handal dan cepat di lintasan, dan Tonino mengumpulkan serangkaian kemenangan, termasuk kemenangan Benelli pertama di ajang internasional’  GP Monza, berturut-turut di tahun 1927 dan 1928 di kelas 175cc. Kemudian Tonino memenangkan lagi Kejuaraan Italia pada tahun 1930.

1927.tonino.175ohc

Namun sang adik ini bernasib tragis, Antonio mengalami kecelakaan dan meninggal di tahun 1937.

1939.Benelli.TedMellorIOMTT

Pada tahun 1939, Benelli memenangkan Isle of Man TT di kelas 250cc, ditunggangi oleh rider Inggris bernama Edward (Ted) Ambrose Mellors.

Cerita berlanjut….

Seperti halnya dengan banyak perusahaan sepeda motor di Italia, meletusnya Perang Dunia II menghentikan produksi sepeda motor di pabrik Benelli. Pabrik itu hancur dalam perang, dan alat-alat mesin mereka dicuri oleh pasukan Jerman. Ketika perang usai, keluarga Benelli yang memiliki semangat untuk memulai lagi, mereka melacak beberapa perkakas mereka di Jerman dan Austria. Pekerjaan pertama mereka memperbaiki mesin pascaperang  bekas militer seperti Harley, Matchlesses, dan BSA yang kemudian mereka adopsi teknologi suspensi belakang dan  swingarm. Dalam waktu dua tahun, Benelli sudah mampu lagi membuat sepeda motor sendiri. Benelli awalnya fokus pada produksi sepeda motor ringan, dimulai dengan Leoncino, atau singa cub,” yang diproduksi dengan kubikasi  98cc dan 125cc 2stroke dan 4-stroke model.

ambrosini.1950

Pada tahun 1950, Benelli sekali lagi mencatatkan namannya di Grand Prix balap sepeda motor dengan  memenangkan Isle of Man TT melalui pembalap Italia Dario Ambrosini. Selain itu Benelli juga memenangkan GP Monza dan GP Swiss.

Ambrosini dengan motor baru dan suspensi teleskopik baru

Ambrosini dengan motor baru dan suspensi teleskopik baru

Harapan untuk mengulang kesuksesan mereka di tahun 1951 pupus ketika Ambrosini tewas pada saat latihan GP Albi di Perancis. Terpukul oleh kematian pembalap juara mereka, dan dengan tidak ada pembalap lain di tim mereka selanjutnya Benelli menarik diri dari balap selama beberapa tahun.

Selama tahun 1960 dan 1970-an, Benelli juga dipasarkan di Amerika Serikat oleh departemen store Montgomery Ward (alias Wards”) di Chicago, Illinois

Vintage Motorcycle Photographs

Motor kategori murah ini dijual dalam pilihan mesin 125, 175, 250 dan 360cc. Sepeda motor, skuter dan moped tersebut dijual dengan nama Wards Riverside.”

Pada awal 1970-an, produsen motor Eropa yang menghadapi persaingan yang ketat dari motor multisilinder buatan  Jepang, sehingga Benelli bersama dengan rekan Italia-nya Moto Guzzi, diakuisisi oleh De Tomaso Inc. untuk memproduksi motor multi-silinder di Italia.

Benelli 750 sei 73  4

Pada tahun 1972, Benelli memperkenalkan 750 Sei, berkapasitas 747cc SOHC berpendingin udara inlinesix yang memiliki kemiripan ukuran bore dengan Honda 750. Benelli 750 Sei diproduksi 1972-1978, yang merupakan tahun yang sama saat Honda memperkenalkan mesin enam silinder CBX6 1000 DOHC mereka. Tidak puas dengan 750cc, Benelli juga merilis 900 Sei yang berkapasitas 900cc.

Harga jual yang tinggi dan keandalan yang rendah dilalui sepanjang tahun 1970-an dan awal 1980-an. Hal ini membuat pasar Benelli terpuruk dan memaksa konsolidasi antara Benelli dan Moto Guzzi ke Guzzi Benelli Moto SpA, yang akhirnya produksi ditutup pada tahun 1988.

Pada Tahun 1995 Benelli dilahirkan kembali oleh Andrea Merloni. Pada saat itu Benelli berfokus pada mesin balap, dengan memproduksi Tornado 900 Tre Super Sport superbike.

041102tornado

Akhir cerita pada Tahun 2002, Benelli dijual kepada Grup perusahaan Cina Qianjiang, yang berbasis di  Wenling, Cina.

Demikian cerita tentang Benelli, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉

 

 

 

Iklan

13 pemikiran pada “Sejarah singkat Sepeda Motor Benelli

  1. Ping balik: Kini Dealer Resmi Benelli Hadir Di Kota Pare Kediri, Kupas Sejarah Benelli mulai 1991 – Sekarang dan Q & A Seputar Produk Benelli | MUNIVMOTOBLOG.COM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s