Sony Saksono, Pembalap GP 500cc Indonesia pertama yang pernah naik podium dengan Suzuki TR500


Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas komentar dari mas Dody Andriawan, yang mana telah berhasil mengusik rasa keingintahuan saya tentang cerita pembalap GP pertama dari Indonesia yang pernah menjuarai balapan di eropa pada masa tahun 1970-an. Mungkin telah banyak media online dan blog yang menulis tentang ini, tapi saya mencoba melengkapi dengan data-data yang saya dapat. Dan berikut ini hasil penelusuran saya dari berbagai sumber…. (Awas kowe mas, marai aku ra iso turu! :mrgreen: )

helm sony

Helm alm. Sony Saksono di Museum sentul

SONY SAKSONO, atau nama lengkapnya adalah Namanya SAKSONO SASTRO ATMODJO, Lahir 3 Desember 1946. Beliau berasal dari keluarga besar SASTRO ATMODJO, adik dari ANWARI S.A (pembalap era 1960an), SARSITO S.A yang juga masih kakak kandung dari SIDARTO S.A (pebalap motor dan mobil era 1970an). Sony Saksono, adalah pembalap kenamaan Indonesia era 60-70an, bahkan satu satunya dalam sejarah GP motor dunia kelas 500cc asal Indonesia yang pernah naik podium kedua di GP Zandvoort, Belanda. Dia mengikuti balap dibawah naungan tim Belanda milik Meneer Bant.

Sony Saksono Suzuki TR500

Sony Saksono Suzuki TR500, helm lambang Garuda pancasila yang sama dengan di museum sentul

 

Namun saat mengikuti kejuaraan balap motor internasional di sirkuitΒ  Prievidza Cekoslovakia, Sony Saksono mengalami kecelakaan fatal saat latihan babak kualifikasi pada hari sabtu tanggal 12 agustus 1972.

Sirkuit balap pada masa itu belum terlalu memikirkan unsur keamanan dan keselamatan bagi para pembalap. Terbukti di Prievidza circuit ini ternyata ada lintasan kereta api yang dekat dengan jalur balap, dan menurut sumber yang saya dapat kecelakaan itu berawal saat Sony kehilangan kontrol kendaraan pada saat kecepatan tinggi memasuki tikungan dan menyebabkan sepeda motornya keluar jalur track balap kemudian masuk ke jalur rel kereta api dan terjatuh diatasnya. Pada sumber ini disebutkan nama Sony Saksono menjadi John Saksono. Berikut screen shoot sumber berita tersebut (klik biar gede) :

MM

Hasil lomba disaat terjadinya kecelakaan tersebut :

Prievidza

Kemudian sumber tentang keikutsertaan Sony Saksono/John Saksono pada GP motor 500cc dimana dia mendapat podium kedua dapat dilihat pada cuplikan scan berita koran/majalah motor berbahasa belanda berikut ini πŸ˜€

wp10c478d0_05_06

wp708f8193_05_06

wpbb81532a_05_06

Kemudian mengenai sepeda motor yang digunakan Sony Saksono waktu lomba, dari sumber yang saya dapat sepeda motor yang digunakan adalah versi balap dari Suzuki T500.

nos.t500l

Seperti yang kita ketahui bersama, pada saat itu kebanyakan motor balap sejatinya merupakan modifikasi dari sepeda motor yang dijual massal atau dijual bebas termasuk Suzuki T500 ini. Pada saat balap T500 ini mendapat sentuhan modifikasi khususnya pemasangan fairing, knalpot racing, penggunaan tangki model balap dan juga single seater. Nama balapnya adalah Suzuki TR500. Berikut contoh penampakan TR500 πŸ˜€

tr500carbleft

 

1969_suzuki_tr500_450

Demikian sekilas sejarah tentang seorang pembalap asal Indonesia yang pernah mengharumkan nama bangsa, semoga arwah beliau mendapatkan tempat di sisi-Nya, Amin!

 

sumber :

 

 

 

Iklan

23 pemikiran pada “Sony Saksono, Pembalap GP 500cc Indonesia pertama yang pernah naik podium dengan Suzuki TR500

  1. kabarnya sebelum berangkat, sony saksono sempat melamar pacarnya dengen memberikan cincin tunangan sambil berpesan ” kalau jadoh akan kembali kalau tidak jodoh simpan saja buat kenangan “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s