FN 500cc 4 Silinder, termasuk cikal bakal moge nih!


Bagi para penggemar sepeda motor tua dan antik, varian dari FN 500cc 4 silinder ini termasuk varian yang banyak dicari para kolektor. Sepeda motor ini diproduksi di rentang waktu tahun 1905 hingga 1926.

FN5

Pada produksi awal, sepeda motor ini memiliki kapasitas mesin 362cc dengan automatic overhead inlet valves dan juga side exhaust valves. Motor ini memiliki satu percepatan (single gear) berpenggerak gardan dengan top speed mencapai 60Km/jam. FN empat silinder ini dengan cepat menuai kesuksesan dan banyak peminat diberbagai negara. Tak kurang ada 40 negara menjadi pasar bagi FN empat silinder ini.

FN1

Salah satu dari sekian banyak negara peminat FN ini adalah amerika, para insinyur amerika tertarik dengan konsep mesin 4 silinder dari FN ini. Percy Pierce membeli model 1908 pada saat perjalanan ke Eropa dan motor FN empat silinder ini menjadi titik acuan/contoh untuk motor pertama Pierce Four pada tahun 1909.

FN3

Pada tahun 1910 mesin FN ini didesain ulang, Silinder yang baru memiliki dua belas sirip, bertambah satu dari produk sebelumnya sebelas, ukuran bore meningkat menjadi 52,7 mm untuk menjadikan kapasitas bersih 498 cc, dan posisi busi dipindahkan dari atas silinder ke sisi kanan diantara katup.

FN4

Nah, bagaimana pendapat pembaca sekalian? apakah barang antik ini termasuk ke dalam kategori “moge”? :mrgreen:

FN2

Berikut video FN empat silinder saat mesinnya dinyalakan πŸ˜€

Keren ya? :mrgreen:

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama πŸ˜‰

sources : yesterdays.nl

Iklan

6 tanggapan untuk “FN 500cc 4 Silinder, termasuk cikal bakal moge nih!”

  1. sepertinya jaman dulu bikin motor asal jalan aja ya.nggak mikir gimana biar desainnya agar ringkas dan simple.. di mesin banyak seperti selang jadi keliatan ruwet

    1. Estetika dan kerapian belum begitu diperhatikan, karena desain dan pencipta biasanya orang yang sama. Bukan terdiri dari banyak orang πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.