Kawasaki Ninja ZX-RR, debut Pertama Kawasaki di Motogp 2002


Kita lanjutkan lagi cerita tentang debutan era Motogp 4T di tahun 2002. Setelah kemarin berturut-turut Yamaha dan Aprilia, sekarang giliran geng ijo yaitu Kawasaki dengan Kawasaki ZX-RR.

Pada tanggal 10 Januari 2002, dewan direksi dari Kawasaki Heavy Industries mengambil keputusan bersejarah yaitu mengambil tantangan mengikuti Kejuaraan Dunia MotoGP baru dengan prototipe motor balap 990 cc. Aturan mesin berkapasitas 990cc ini membuka pintu untuk kembalinya kenangan tentang mesinย klasik Kawasaki in-line empat silinder yang relatif sederhana tetapi sangat kuat dan memberikan reputasi pada Kawasaki yaitu mesin Kawasaki Z1 legendaris di awal tahun tujuh puluhan.

kawasaki 1972-Z1_resize

Hanya satu bulan kemudian, pada awal Februari 2002, Akira Yanagawa menguji prototipe pertama di sirkuit Malaysia Sepang.

100502zxrr2

Percobaan ini sangat menyenangkan ridernya. Yanagawa berpendapat “mesin Superbike 750cc sangat kuat, tapi tidak bisa dibandingkan dengan motor ini. Bahkan di gigi kelima dan keenam, motor ini ingin terus melompat ke depan , Yanagawa adalah pembalap Kawasaki di superbike yang tidak berpikir dua kali ketika ia ditawari pekerjaan mengembangkan mesin Grand Prix baru.

100502zxrr

Pada awal September 2002, insinyur Kawasaki memperkenalkan Ninja ZXRR baru dengan desain ramping danย  futuristik. Kabarnya desain ini dikembangkan dalam pengujian terowongan angin. ๐Ÿ˜€

02zxrr_s

Tapi akhir cerita debut pertama Kawasaki ZX-RR ini tidak semulus yang dibayangkan.ย MotoGP pertama untuk tim ijo di Motegi Jepang berakhir ketika roda belakang Kawasaki spin dan keluar jalur tiba-tiba saat memasuki tikungan di lap ke-6, kejadian ini membuat pembalap Akira Yanagawa cedera pinggulnya dan diperlukan operasi. ๐Ÿ˜ฆ

mfj_akira_yanagawa_legend_3

Bagi yang koneksi internet-nya unlimited bisa melihat full video pengembangan Kawasaki Ninja ZX-RR berikut ini. ๐Ÿ˜€

Demikian cerita singkat tentang Kawasaki Ninja ZX-RR Motogp, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama ๐Ÿ˜‰

Iklan

10 pemikiran pada “Kawasaki Ninja ZX-RR, debut Pertama Kawasaki di Motogp 2002

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s