YZR-M1 (0WM1), generasi pertama Yamaha M1 di Motogp


Musim balap tahun 2002 adalah debut pertama Yamaha M1 di Motogp dengan pembalap Max Biaggi.

2002-YZR-M1 max Biaggi

YZR-M1 (0WM1) pertama ini menggunakan mesin 4-stroke, DOHC, in-line 4-cylinder dengan menggunakan basis rangka dari Yamaha YZR500.

pic_gallery_yzr_m1_0wm1_03

Pada paruh musim pertama Motogp 2002 YZR-M1 ini menggunakan mesin berkapasitas 942cc, dan pada paruh kedua kapasitas ditingkatkan menjadi 990cc. Pada saat itu pengembangan teknologi terbaru pada mesin ini adalah menggunakan engine-brake control system (electronic clutch) yang berperan dalam peningkatan stabilitas berkendara pada saat kecepatan tinggi. Selain mesin di sektor rangka juga mengalami pengembangan dengan penyesuaian posisi engine mounting dan merubah bentuk tanki bahan bakar. Kemudian mulai seri ke lima rangka baru yang lebih rigid mulai dipakai dan mampu memberikan keseimbangan pada karakter mesin empat silinder inline Yamaha YZR-M1 ini.

pic_gallery_yzr_m1_0wm1_05

Dengan mesin M1 generasi pertama ini Max Biaggi meraih dua kemenangan di musim 2002 dan pada klasemen akhir menempati posisi kedua πŸ˜€

Berikut ini video sejarah kemenangan kedua Max Biaggi diatas YZR-M1 generasi pertama saat Motogp Sepang. Lihat juga aksi Valentino Rossi yang “ugal-ugalan” di usia 23 Tahun menempati posisi kedua dengan Honda RC211V :mrgreen:

Semoga mengingatkan kita pada masa itu dimana siaran Motogp belum kita nikmati secara luas karena terbatasnya pemancar atau relay dari TV yang menayangkannya. (masih ingat tak bela-belain nonbar sekali di hotel paramitha timur UNY) :mrgreen:

Iklan

6 tanggapan untuk “YZR-M1 (0WM1), generasi pertama Yamaha M1 di Motogp”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.