BSA M20, motor Perang Dunia II yang melegenda


Pada Perang Dunia II, banyak teknologi baru berperan dan ikut menentukan jalannya peperangan. Berbagai jenis  kendaraan tempur dan pesawat terbang terlibat dipeperangan tersebut. Tak terkecuali juga dengan sepeda motor. Pada kesempatan ini yang akan saya ceritakan adalah sepeda motor BSA M20 SV.

1940_m20

Data teknis :

Production 1937–1955
Engine 496cc single cylinder side valve 4 stroke
Power 13bhp @4,200 rpm
Transmission 4 Speed / chain
Fuel capacity 3 gallons

BSA M20 SV merupakan sepeda motor buatan Inggris tepatnya oleh pabrik Birmingham Small Arm Company di Armoury Road, Small Heath Birmingham. Motor ini tercatat sebagai sepeda motor yang terlama/paling lama digunakan oleh angkatan perang Inggris, selain itu sejarah juga mencatat varian ini merupakan terbanyak diproduksi selama perang berlangsung dengan jumlah 126.000 unit sepeda motor.

Foto=HVK7PT84

Sepeda motor ini didesain oleh insinyur bernama Valentine Page (1892-1978) yang juga terlibat dalam pengembangan sepeda motor Ariel dan Triumph. Valentine Page mulai mendesain M20 pada tahun 1937 menggunakan mesin 500cc silinder tunggal side valve dengan tambahan sespan.

Lyle Fowler, Pictures Collection, State Library of Victoria - Finlay Bros BSA_s 2

BSA M20 SV 500 merupakan sepeda motor yang tangguh, teknis mesin yang sederhana dan mudah dalam perawatan menjadikannya pilihan militer Inggris sebagai kendaraan operasional dan juga kendaraan tempur. Pabrik BSA M20 saat itu mampu memproduksi M20 sebanyak 1000 unit perminggu untuk memenuhi kebutuhan sipil dan militer.

earlym20

Tetapi bencana itu datang tanpa diduga. Pada malam selasa, tanggal 19 November 1940. Pabrik BSA M20 di Armoury Road, Small Heath, Birmingham di hancurkan dengan bom oleh angkatan udara Jerman “Luftwaffe”. Pabrik BSA tersebut merupakan target utama pengeboman, jam 21.25 malam pesawat angkatan udara Jerman terbang rendah dan menjatuhkan dua bom yang menghancurkan ujung selatan pabrik BSA, total 53 pekerja tewas dan 89 orang terluka dari peristiwa tersebut. Banyak peralatan pabrik yang rusak dan hancur. Tapi pada saat itu BSA mempunyai banyak pabrik sehingga proses produksi dipindah ke pabrik yang lain dan produksi M20 berjalan terus.

manym20

Rombongan militer Inggris dengan BSA M20 😯

Berikut ini beberapa foto dokumenter BSA M20 saat di medan perang dari motorcycle-usa.com

MemorableMotorcycleBSAM2016
BSA M20 didesain tidak mencolok dan juga tidak dirancang untuk medan offroad. namun terbukti pada saat perang motor ini mampu menaklukkan medan licin dan dapat diandalkan pada masa perang
MemorableMotorcycleBSAM2013
dirancang untuk jalan raya namun tangguh untuk medan banjir sekalipun
MemorableMotorcycleBSAM2015
tentara Inggris berlatih menembak diatas M20

Sejarah yang perlu diingat, bagi pemilik BSA M20 di Indonesia berbanggalah… motor anda merupakan bagian dari kepingan sejarah ini 😀

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉

 

 

 

Iklan

3 tanggapan untuk “BSA M20, motor Perang Dunia II yang melegenda”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.