BBM naik, siap-siap motor listrik akan menjamur kembali


Beberapa hari terakhir kabar kenaikan BBM subsidi semakin gencar di media masa. Beberapa pabrikan besar sepeda motor juga sudah bersiap-siap mengeluarkan produk terbaiknya yang diklaim jauh lebih hemat/irit BBM dan juga ramah lingkungan. Tapi dibalik gegap gempitanya produk otomotif baru tersebut membuat kita lupa, bahwa disekitar kita sudah ada kendaraan alternatif yang irit dan juga ramah lingkungan namun belum mendapat perhatian khusus oleh konsumen kita yaitu sepeda motor listrik.

379425_287057521317123_663932897_n

Ada beberapa pemain dalam negeri yang sudah mencoba mengambil celah keuntungan dari fluktuasi harga BBM dengan menawarkan kendaraan alternatif bersumber tenaga listrik yang hemat dan murah. Bisa saya sebutkan disini beberapa produsen sepeda listrik atau sepeda motor listrik diantaranya :

  1. Betrix
  2. Emoto
  3. Tiger
  4. Xelimo
  5. Selis

Memang diakui bahwa sepeda motor listrik ini butuh waktu untuk mendapat tempat di hati masyarakat. Karena dibalik kelebihannya masih terdapat juga kekurangan yang sangat dirasakan konsumen antara lain :

1. Akselerasi dan kecepatan yang rendah

betrix-sky

Keluhan yang sering disebutkan karena sepeda listrik yang beredar saat ini adalah akselerasi yang halus dan juga kecepatan maksimal yang rendah. Ini menyebabkan pengendara harus merubah kebiasaan berkendara dimana pada motor mesin bakar hal ini tidak ditemui. Tapi pada mesin listrik terbaru yang harga-nya mahal (zero motorcycle) akselerasi dan kecepatan sudah mendekati bahkan melampaui mesin bakar konvensional. Tapi harganya juga sangat mahal :mrgreen:

2013_zero-ds_product-page_overview-image_12816

2. Umur batere atau aki kering yang terbatas

aki-kering

Keluhan yang kedua adalah terbatasnya usia batere atau aki kering, ini sudah bawaan pabrik dimana memang usia pake batere tidak berumur panjang. Padahal komponen vital ini terbilang susah untuk mencari barangnya. Dan harganya juga lumayan mahal sekitar satu jutaan :mrgreen:

3. Jarak tempuh yang terbatas

tiger listrik

Sepeda motor listrik yang ada di pasaran terkendala dengan jarak tempuh yang terbatas. Dengan kondisi batere full charge hanya bisa menempuh jarak sekitar 60 Km pada kondisi normal. Bandingkan dengan sepeda motor mesin bakar dengan kondisi full tank bisa mencapai ratusan kilometer dengan kondisi jalan dan kecepatan yang bervariasi.

4. Waktu pengisian batere yang cukup lama

photo-677

Ini juga menjadi masalah, batere membutuhkan waktu sekurang-kurangnya 6-8 jam untuk mencapai kondisi penuh/full. Ini dirasa sangat merepotkan disaat kita sewaktu-waktu menggunakan sepeda listrik terkendala kondisi batere yang minim. 😀

5. Layanan purna jual yang masih sedikit

jalak-merah

Ini juga menjadi permasalahan dimana konsumen sepeda listrik sering kesulitan menservis dan mendapatkan komponen atau part kendaraannya karena tidak semua daerah ada dealer dan bengkel resmi.

Masih cukup banyak kekurangan yang mengiringi keberadaan motor listrik ini, walau sebenarnya sekarang sudah ditemukan teknologi baru tentang motor listrik yang bertenaga besar, batere yang ringan  dan pengisian yang cepat, akan tetapi biaya produksinya masih amat mahal. Ini menjadi tantangan baru bagi para produsen untuk menciptakan kendaraan yang bagus dan terjangkau. Tapi setidaknya keberadaan motor listrik menjadi salah satu alternatif upaya mensiasati jika kenaikan harga BBM jadi diputuskan oleh Pemerintah dalam waktu dekat.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama.

 

 

 

 

Iklan

5 pemikiran pada “BBM naik, siap-siap motor listrik akan menjamur kembali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s