Cara cepat berhenti merokok (stop smoking) versi saya


Merokok, memang kegiatan satu ini sangat nikmat. Efek “tenang” dipikiran yang ditimbulkan oleh rokok membuat kecanduan penikmatnya. Apalagi ditemani secangkir kopi kental, hmmm… Benar-benar mantap!! Ha.ha.ha…. Tapi itu adalah masa lalu! Benar saya adalah perokok aktif sejak bangku SMA, entah sudah berapa ribu batang tembakau saya bakar lewat mulut saya. Entah berapa kubik asap yang saya buat dan berapa juta uang yang saya habiskan untuk kebiasaan tersebut. Tapi alhamdulillah, saya bisa berhenti total dan saya bisa menjalani hidup ini dengan lebih baik untuk diri, keluarga dan lingkungan saya.

image

Bagaimana cara saya berhenti merokok? Akan saya ceritakan pengalaman saya.

Sepertinya terdengar mustahil bagi saya untuk berhenti merokok, karena keseharian saya tidak bisa lepas dari barang tersebut. Sisa dua batang saja saya sudah bingung mencari sebungkus lagi. Tapi jujur, dari hati kecil saya ingin berhenti merokok. Hal yang sama pasti dirasakan juga oleh perokok yang lain. Tapi pilihan itu ada pada diri kita, mau berhenti disaat badan masih sehat atau berhenti sesudah kita sakit karena rokok. Tentu pilihan pertama yang saya ambil. Pilihan pertama itu butuh tekad, keinginan, usaha dan dukungan moral yang kuat untuk melaksanakannya.

image

Hal yang saya siapkan sebelum melakukan usaha berhenti merokok adalah meyakinkan diri bahwa :
1. Saya ingin hidup sehat
2. Saya ingin bertanggungjawab melindungi keluarga saya
Kemudian saya memilih waktu yang tepat dan waktu terbaik pilihan saya adalah menjelang bulan puasa ramadhan.
Saat itu dua hari menjelang bulan puasa saya mengumpulkan niat dan mempersiapkan mental. Sehari menjelang puasa saya nikmati batang-batang rokok dan menyisakan satu bungkus utuh disaku. Kenapa saya bold? Karena itu membantu saya memberikan dorongan mental agar hati saya tenang karena masih punya rokok. Lucu ya! :mrgreen:
Hari pertama puasa lupa tentang rokok, saat berbuka godaan mulai datang. Apalagi saat perut sudah terisi. Tapi keinginan merokok dapat ditahan sambil memegang sambil mencium bungkus rokok tadi dan mengingat kembali niat saya.
Hari-hari berikutnya hampir sama, hanya saja godaan semakin kuat. Apalagi saat mencapai hari kelima, kepala saya pusing karena efek kecanduan rokok menyerang. Bungkus rokok utuh-pun hampir saya buka. Plastik luar sudah saya buang, tinggal satu langkah lagi saya menyerah kalah. Tapi saat itu saya cukup mencium bau tembakau di bungkus rokok dan menyibukkan diri browsing akibat buruk merokok untuk kembali menguatkan niat. Dan alhamdulillah berhasil.

image

Ditambah lagi support dari keluarga semakin menguatkan mental saya. Minggu ke dua dan seterusnya saya sudah tidak bisa menikmati enaknya kopi. (Saya terbiasa menikmati rokok dengan minum kopi) Dan sampai pada akhir ramadhan saya benar-benar yakin bahwa saya telah melupakan nikmatnya rokok. Hingga pada akhirnya bungkus rokok yang masih terus saya simpan disaku saya berikan ke kakak ipar sambil berkata, “saya sudah tidak merokok lagi!” dan keluarga saya sangat senang dengan kenyataan ini. πŸ˜€

image

Tapi memang serasa ada yang hilang, tapi saya tidak akan merindukannya. Tahun ini tahun kedua saya bebas asap tembakau, dan saya bersyukur karena bisa terlepas darinya.
Begitulah cerita tentang cara saya berhenti merokok. Semoga bisa memberi inspirasi bagi yang ingin berhenti merokok.
Saya bisa, anda-pun bisa!!!

Posted from WordPress for Android

Iklan

8 pemikiran pada “Cara cepat berhenti merokok (stop smoking) versi saya

  1. mantab, barakallah mas. anda telah membuktikan tanggung jawab anda kepada keluarga dengan selalu menjaga kesehatan diri. selamat atas lepasnya barang haram itu, semoga selalu istiqomah.

    • Dulu saya sering begadangan merokok sambil minum kopi, pas udah gak merokok minum kopi rasanya hambar dan tidak nikmat… Mungkin bagi orang lain berbeda dalam merasakannya. Demikian om… πŸ˜€

    • Manajemen stress perlu dilakukan mas, tapi memang tingkatan stress berbeda-beda pada setiap orang. Tapi tetap saja merokok itu hak, tapi hak hidup sehat jauh lebih bermanfaat bagi semuanya. Terima kasih sudah mampir πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s