The Kettenkrad, kendaraan aneh di medan tempur PD II


Seperti yang kita ketahui bersama, perang dunia II selain memberikan dampak kemanusiaan yang luar biasa juga merupakan ajang pertunjukan penguasaan teknologi negara peserta perang tersebut. Negara peserta perang memaksa para insinyurnya untuk memeras otak menciptakan berbagai penemuan teknis dan mekanis yang luar biasa. Mereka dipaksa berkreasi dibawah tekanan dan kadang todongan senjata untuk menciptakan penemuan yang bertujuan untuk membantu pertempuran di garis depan. Dari beberapa negara yang terlibat perang tersebut ada satu negara yang banyak menciptakan penemuan teknis dan mekanis yaitu Jerman. Salah satunya adalah kendaraan yang unik dan aneh bernama The Kettenkrad. Kenapa aneh? Sepertinya kendaraan ini dulu merupakan kawin silang antara motor dengan panser 🙂

SdKfz-2

Kendaraan ini dikenal dengan nama The SdKfz 2, lebih dikenal sebagai Kettenkraftrad Kleines HK 101 atau Kettenkrad pendek/kecil (Ketten = trek, krad = singkatan dari istilah militer Jerman Kraftrad atau istilah resmi jerman untuk sepeda motor) walah…malah bingung nih saya mengartikannya 🙂 bahasa jerman yang masih saya ingat adalah “ich liebe dich” aja! Ha.ha..ha! 😆

SdKfz-2-cutaway

The Kettenkraftrad Type HK 101 adalah salah satu kendaraan yang paling unik yang dikembangkan selama Perang Dunia Kedua. Kendaraan Pelacak ini dikonsep/dirancang  dan dipatenkan oleh seorang penemu Jerman, Ernst Heinrich Kniepkamp, pada bulan Juni 1939. Ini sebagai tanggapan atas permintaan kendaraan pelacak yang ringan, kuat, cepat, dan mampu bergerak lincah di daerah pegunungan.

Indicator

The SdKfz 2 dibuat oleh NSU Motorenwerke AG di Neckarsulm, Jerman. Kemudian selama perang Stoewer dari Stettin juga memproduksi Kettenkrads di bawah lisensi NSU, terhitung sekitar 10% dari total produksi Kettenkrads.

Indicator2

Sebagai kendaraan Pelacak, Kettenkrads ini sanggup diajak naik ke permukaan tanah berlumpur, berpasir atau berbatu. juga di permukaan datar hingga  yang memiliki sudut kemiringan 24° bahkan lebih (tergantung keberanian drivernya) kalo ketemu driver yang ngeyel paling –paling “temumplak” atau terbalik 😀 ( kendaraan ini memang benar-benar cocok untuk offroad!)

jump

Selama perang Dunia Kedua berlangsung telah diproduksi kurang lebih 8.345 unit dan dihentikan produksinya pada Tahun 1944 (akhir PD II)). Selanjutnya setelah perang selesai Kattenkrads mulai diproduksi lagi hingga Tahun 1949 untuk keperluan pertanian.

farming

Berikut spesifikasi kendaraan ini :

spec

Video dokumenter pembuatan The Kettenkrad :

Demikian sedikit informasi tentang kendaraan yang unik ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita bersama!

Iklan

10 tanggapan untuk “The Kettenkrad, kendaraan aneh di medan tempur PD II”

    1. tep juragan melon kudu duwe 1 nggo operasional tilik sawah.. nek pas enek petani leren ning cakrukan kae disapa, “monggo pinarak pak”.. menguasai tenan..8-)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.