Kesan dari first ride review Suzuki Gixxer 150 oleh Overdrive.in


Break dulu artikel tentang motor lawas alias motor antik ๐Ÿ˜€ Kali ini saya sedikit menerjemahkan dan meringkasย  artikel yang ditulis oleh web Overdrive.in India tentang First Ride Review jagoan sport Suzuki Gixxer 150.

Suzuki-Gixxer-4

Dari review di web tersebut didapati kesimpulan bahwa selain desainnya yang fresh dan menjadi penantang dikelasnya, ternyata dari sisi ekonomis motor ini cukup menjanjikan. Disebutkan dalam web tersebut konsumsi bbm bisa mencapai lebih dari 50 Km/l, wew… serasa motor bebek nih! :mrgreen:

Suzuki-Gixxer-81

Panel speedometer digital dirasa cukup mudah dibaca pengendara dengan backlight warna orange (digambar tidak dinyalakan) terdapat penunjuk rpm, BBM, indikator posisi gigi, shift light dan jam digital ๐Ÿ˜€

Dalam review disebutkan, saat pertama dikendarai Gixxer 150 langsung melawati jalanan yang rusak dan berlumpur, dan impresi pertama yang didapat bahwa Suzuki berhasil membuat motor yang fantastis. Suzuki disebut berhasil membuat sasis/frame yang rigid/kokoh tanpa mengorbankan kualitas berkendara. Disamping itu suspensi depan 41mm dan monoshock belakang dinilai cukup baik untuk meredam getaran. Gixxer 150 dengan berat 135Kg terasa stabil dan gesit, tapi kondisi jalan yang berantakan memaksa tester untuk berdiri. ๐Ÿ˜†

Suzuki-Gixxer-1

Setelah mencapai jalan raya, mesin 155cc mulai menunjukkan kemampuannya yaitu tipikal mesin yang santai diputaran rendah namun sangat kuat diputaran menengah. Meski begitu dengan power 14.8PS dan 14nm adalah salah satu angka tertinggi dalam segmen 150cc di India, terutama dalam hal torsi ๐Ÿ˜€

Suzuki-Gixxer-11

Saat dipacu dijalan raya dengan lebih cepat, menurut tester ada dua hal yang menonjol dari Gixxer 150 ini. Yang pertama adalah exhaust Gixxer 150 ini mengeluarkan suara yang menarik dengan dua lubang, suara yang bergemuruh timbul pada intake (ngebass) lebih keras dari RTR (TVS) dan juga KTM. Suara ini disebut sangat bagus yang bisa membuat orang-orang menoleh ke arah sumber suara terlebih pada putaran tinggi. ciieee… Suzuki mulai bergaya nih! :mrgreen:

Suzuki-Gixxer-9

Suzuki-Gixxer-14

Kemudian yang kedua, dengan tenaga berlimpah diputaran menengah, tester tidak berharap banyak pada putaran atas. Namun Gixxer ini memberikan sensasi gelombang kecil tapi manis di putaran 7.000 rpm sebelum tapering off tepat di bawah putaran 9,000rpm, sedangkan di gigi akhir di bawah redline 10.000 rpm tenaga agak datar.

Suzuki-Gixxer-15

Tester berkata “Saya berhasil melihat 107kmph tapi saya pikir motor bisa mencapai kecepatan maksimal sekitar 115kmph. Jadi tidak secara signifikan lebih cepat langsung dari para pesaingnya tetapi memiliki gelombang tenaga di rentang pertengahan yang indah yang sebagian besar dari mereka kekurangan. Mesin terasa sangat halus dan tidak bermasalah, hampir tidak ada vibrasi yang dihasilkan saat dikendarai. Sang tester juga berkata “bahwa Suresh Babu (the national head for product planning) seorang pria yang menaruh banyak waktu di Gixxer selama fase perkembangannya mengatakan, sebenarnya mesin ini masih bisa “memberikan lebih” wow… ๐Ÿ˜ฏ Dikatakannya Suzuki sengaja menurunkan puncak tenaga dan mengurangi dimensi air box/filter udara (rupanya suara gemuruh pada intake jauh lebih keras sebelumnya) untuk meningkatkan rideability Gixxer 150″. Dengan kata lain, seharusnya tidak terlalu sulit untuk meningkatkan kekuatan Gixxer 150 dengan sedikit memodifikasi bagian ini (intake, exhaust dan karburator) :mrgreen:

Suzuki-Gixxer-7

Secara khusus tester menggambarkan, bahwa Gixxer 150 ini merupakan motor yang memiliki posisi riding yang sporty namun halus dengan posisi footpegs set sedikit belakang dan stang rendah tidak menimbulkan keluhan dikemacetan kota. Banyak yang kurang puas dengan disematkannya 5 percepatan pada mesin Gixxer ini, karena tidak sama dengan GS150R yang sudah 6 percepatan. Tetapi setelah mencoba pasti akan merasakan bahwa 5 percepatan di Gixxer 150 terasa smooth dan presisi.

Suzuki-Gixxer-31

Suzuki-Gixxer-5

2014 Suzuki Gixxer Specifications

* Engine: 154.9cc, 2-valve, air-cooled, SOHC
* Power: 14.8 HP @ 8000 RPM
* Torque: 14 Nm @ 6000 RPM
* Transmission: 5-speed
* 0 โ€“ 100 km/hr: 18 seconds (est)
* Top Speed: 115 km/hr
* Fuel Consumption: 45-50 km/l (normal)
* Fuel Type: Petrol
* Frame: Single Downtube
* Suspension: Telescopic Forks (Front), Monoshock (Rear)
* Tyres: 100/80/17 (Front), 140/60/17 (Rear)
* Brakes: Disc (Front), Drum (Rear)

2014 Suzuki Gixxer Dimensions

* Length x Width x Height: 2050 mm x 785 mm x 1030 mm
* Wheelbase: 1330 mm
* Ground Clearance: 160 mm
* Seat Height: 780 mm
* Fuel Tank Capacity: 12-litres
* Kerb weight: 135 kgs

Bagaimana Suzuki Indonesia? :mrgreen:

Diterjemahkan secara amburadul dan diringkas secara asal-asalan dari Overdrive.in

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama ๐Ÿ˜‰

Iklan

14 tanggapan untuk “Kesan dari first ride review Suzuki Gixxer 150 oleh Overdrive.in

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: