Ketika kepingan sejarah itu masih bisa berjalan… motor produksi massal pertama Hildebrand & Wolfmüller


Telah banyak tulisan/artikel yang membahas tentang sejarah sepeda motor, mulai dengan ditemukannya mesin berbahan bakar fosil yang berukuran kecil dibandingkan ukuran mesin uap membuat para insinyur berlomba-lomba menciptakan sepeda motor. Sejarah mencatat bahwa sepeda motor tertua dibuat di Jermanpada Tahun 1885 oleh Gottlieb Daimler dan mitranya, Wilhelm Maybach, dua pakar mesin empat langkah Jerman. Mereka membuat percobaan dengan memasangkan mesin pada sepeda yang terbuat dari kayu.

Daimler

Sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen (riding car). Maybach mencoba Reitwagen sejauh 3 kilometer di sepanjang Sungai Neckar, dari Cannstatt ke Untertürkheim, dengan kecepatan 12 kilometer per jam.

gottlieb-daimler

Sepeda motor Reitwagen ini tidak dijual untuk umum. Pemasangan mesin pada sepeda kayu itu merupakan rangkaian dari percobaan yang dilakukan oleh Daimler dan Maybach, sebelum memasang mesin empat langkah pada kereta kuda, yang menjadi cikal bakal lahirnya mobil. 😀

Selanjutnya sejarah mencatat, sepeda motor produksi massal pertama dibuat tahun 1893 oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman.

hildebrand_-wolfmulle_-motorcycle_2

Sepeda motor ini sangat unik, karena tidak menggunakan rantai. Spesifikasi mesinnya adalah Twin Cylinder 1.488 cc, 4T watercooled menghasilkan daya 2,5 Hp.

Pikiran Rakyat 29 April 2011

sumber : Pikiran Rakyat 29 April 2011

1894_95_H&W_Bonhams

Sepeda motor inilah yang pernah dimiliki oleh John C Potter, seorang masinis pertama pabrik gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur tahun 1893. Ia memesan sendiri sepeda motor itu langsung ke pabriknya di Muenchen. Nama John Potter tercatat sebagai orang pertama yang memiliki sepeda motor di Indonesia, yang pada waktu masih berada di bawah pendudukan Belanda, dan bernama Hindia Belanda (Nederlands Indie).

Nah, hebatnya lagi motor model ini sukses dihidupkan kembali oleh insinyur jerman alias di repro sesuai dengan aslinya. Monggo dilihat bagaimana cikal bakal motor produksi massal ini bisa berjalan. 😀

Keren kan? :mrgreen:

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama.

Iklan

15 pemikiran pada “Ketika kepingan sejarah itu masih bisa berjalan… motor produksi massal pertama Hildebrand & Wolfmüller

  1. jadi itu yang di idupkan lagi motornya orang indonesia?
    wah wah wah
    sayang sekali yah, banyak barang antik kita pada dijuwal ke LN sonoh 😦

  2. irit kayaknya, cuman perlu api sama air doang…

    Btw, kata temen gw Vespa2 antik di Indonesia sudah pada dipacking buat dikirim ke Australia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s