Tergelitik dengan berita “Motor Retro Cleveland Siap Guncang Indonesia”, benarkah Cleveland yang legendaris itu ataukah….. ?


Pagi ini agak terkejut campur penasaran membaca berita di media otomotif online yang memberitakan tentang rencana masuknya motor aliran retro dengan nama “Cleveland” di market Indonesia melalui PT. Javas CycleWerks Indonesia (Cleveland Indonesia) selaku Agen Pemegang Merek CCW resmi di Indonesia. Menurut berita tersebut soft launching Cleveland akan dilaksanakan di ajang Kustomfest 2014 11-12 Oktober 2014 di Yogyakarta :mrgreen: (kalau sempat bakalan merapat)

Yang membuat saya penasaran, “Cleveland” yang akan masuk ini apakah produsen motor legendaris Amerika “Cleveland” yang pernah berjaya antara tahun 1915 sampai dengan 1929? Kalau melihat lokasi kota kelahirannya adalah sama, yaitu Ohio USA. Tapi kalau melihat hasil produknya menurut saya ada perbedaan yang cukup mendasar. Berikut ini beberapa contoh sepeda motor buatan Cleveland di tahun 1915-1929.

A2  de Luxe 1920 221cc 2 stroke

Cleveland A2 de Luxe 1920 221cc 2 stroke

Cleveland 750cc 1927 4 cylinder 4-45 model

Cleveland 750cc 1927 4 cylinder 4-45 model

Dan ini yang menjadi legenda “Tornado” πŸ˜€

Cleveland 61  1929 1000cc 4 cylinder Century model

Cleveland 61 1929 1000cc 4 cylinder Century model

Berdasarkan data sejarah, model terakhir yang diberinama “Tornado” ini merupakan produk yang paling sukses karena benar-benar memenuhi keinginan pasar saat itu. Dan seperti halnya pabrikan lain di masa itu, “Cleveland” menutup pabriknya karena resesi ekonomi hebat saat itu.

Kembali ke berita Cleveland yang akan meramaikan pasar motor di tanah air. Dari website yang bisa dilihat disini, pertama yang menjadi perhatian saya adalah adanya penyematan Tahun 2009 pada banner perusahaannya seperti gambar berikut ini.

Print

Jadi apakah ini merupakan perusahaan “baru” yang benar-benar berbeda dengan Cleveland tahun 1915-1929?

Kemudian perhatian saya yang kedua adalah dari produk sepeda motor buatannya, monggo diperhatikan secara detail.

Tha Ace side view_00021

Tha Ace_00022

Secara detail dan finishing terlihat sangat rapi dan bagus. Apalagi penggunaan garpu depan upside down membuat motor retro ini semakin terlihat segar. Tapi mesin yang digunakan model Honda GL200 :mrgreen:

Lanjut model berikutnya πŸ˜€

Stock_Misfit_Side_Profile-4726

Stock_Misfit_Side_Profile-4808

Stock_Heist_Side_Profile-4733

Stock_Heist_Side_Profile-4814

Produk diatas juga terlihat rapi dalam pengerjaan, finishing juga bagus dibalut warna hitam membuat motor terlihat garang. Tapi sektor mesin menggunakan model yang kebanyakan dipakai oleh motor tiongkok. Model ini menggunakan mesin type CG 150 pushrod dengan balancer yang basisnya mirip dengan mesin Honda CG 125.

CG150

Berikut ini skema pushrod pada Honda CG πŸ˜€

pho_01

cg125aircooled3

Jadi kesimpulan dangkal saya hampir sama seperti artikel sebelumnya, bahwa Cleveland motor ini nama boleh sama tapi rasa tetap berbeda :mrgreen:

Semoga dengan hadirnya motor model retro ini semakin menambah ramainya pasar motor tanah air yang terlihat jenuh dengan model motor yang hanya sekedar berfairing dan nungging yang bikin pengendaranya tidak nyaman. πŸ˜†

Monggo disimpulkan sendiri.

 

 

Iklan

20 pemikiran pada “Tergelitik dengan berita “Motor Retro Cleveland Siap Guncang Indonesia”, benarkah Cleveland yang legendaris itu ataukah….. ?

  1. nah itu,, mesinnya meragukan. untung yg seri seri terakhir memakai mesin cb series.
    kemudian frame tha-ace terlihat mencomot dari thunder.

  2. d web resminya cleveland pabriknya d amrik… tpi entah yg akan masuk ke indonesia buatan mana, apalagi d web resmi dealer terdekat adl d malaysia… kita tunggu aja, hehhehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s