Honda CX500 Turbo, Senjata Superior Honda pada persaingan pasar periode tahun 80an


Request om Gaplek mania :mrgreen:

Beberapa tulisan kedepan akan sedikit bercerita tentang beberapa produk sepeda motor pabrikan (factory Motorcycle) yang menggunakan teknologi Turbo pada produknya. Sebagai catatan perlombaan penggunaan teknologi Turbo pada sepeda motor ini tidak berlangsung lama, hanya dalam rentang waktu tahun 1982-1984 pabrikan sudah menghentikan pemakaian teknologi ini karena alasan resesi ekonomi dunia yang berakibat menurunnya daya beli masyarakat pada waktu itu. Sebagai pembuka kita membahas Honda CX500 yang disebut sebagai biang atau pelopor turbo dan injeksi pada sepeda motor. monggo kita simak bersama πŸ˜€

Persaingan dalam merebut hati konsumen khususnya kendaraan bermotor roda dua ternyata sudah sedemikian sengitnya sejak pabrikan memulai ekspansi produknya ke berbagai belahan dunia. Berbagai macam strategi pemasaran dan diversifikasi produk dilakukan untuk memikat hati calon konsumen terhadap produknya. Berbagai inovasi juga terus dilakukan untuk menjadi yang terdepan dalam hal penguasaan teknologi baru yang diharapkan dapat menjadi daya tarik terhadap produknya. Tak terkecuali dengan Honda.

Honda-CX500-Turbo-1982

Pada tahun 1982, Honda merilis sepeda motor modern dan canggih dengan kode nama CX500TC atau CX500 Turbo. Motor ini merupakan motor yang pertamakali menggunakan Turbo dan Injeksi yang pernah diproduksi Honda pada saat itu. CX500TC ini menggunakan mesin model transverse 80 degree v-twin berpendingin air dengan pengabutan bahan bakar menggunakan sistem Injeksi πŸ˜€

16026m

Mesin yang digunakan ini bisa dikatakan sama persis dengan seri sebelumnya yaitu Honda CX500, tetapi ditambah Turbo dan injeksi yang sudah dikontrol komputer yang bisa dimonitor pada dashboard.

092111 (597)

Penggunaan Turbocharged pada motor ini menghasilkan dorongan puncaknya mencapai tekanan sebesar 19 Psi yang meningkatkan hampir dua kali lipat output daya mesin. Honda CX500TC ini menghasilkan tenaga 82 HP.

07turbo

Pada Tahun 1983 Honda CX500TC ini dinaikkan kelasnya menjadi CX650TC untuk pasar amerika, dengan penambahan kapasitas ini meningkatkan tenaga yang dihasilkan menjadi lebih dari 100 HP. Tapi nasib motor ini cuma berusia 2 tahun, karena pada tahun mulai 1984 Honda CX500/650TC Turbo ini sudah tidak lagi diproduksi oleh Honda karena resesi ekonomi yang terjadi di amerika pada waktu itu membuat daya beli masyarakat jatuh.

77_HondaCX500turbo

Walaupun usia CX500/650TC ini pendek, akan tetapi saya salut akan keberhasilan Honda mengaplikasikan teknologi turbo pada kendaraan roda dua. Ditambah lagi penggunaan injeksi yang sudah diprogram komputer pada waktu itu akan menjadi bukti sejarah yang tidak terbantahkan bahwa pelopor injeksi pada sepeda motor Honda adalah Honda CX500TC.

Dan teknologi injeksi tersebut baru sampai ke Indonesia setelah 23 Tahun πŸ˜†

honda-campaign-fi-3

Demikian sekilas cerita tentang Honda CX500TC Turbo Injection, untuk artikel selanjutnya yaitu Suzuki XN85 Turbo. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama πŸ˜‰

Bonus :mrgreen:

Iklan

13 pemikiran pada “Honda CX500 Turbo, Senjata Superior Honda pada persaingan pasar periode tahun 80an

  1. I will immediately grab your rss feed as I can not find your email subscription link or enewsletter service. Do you’ve any? Please let me know in order that I could subscribe. Thanks. cedekabfdkac

  2. ” Ditambah lagi penggunaan injeksi yang sudah diprogram komputer pada waktu itu akan menjadi bukti sejarah yang tidak terbantahkan bahwa pelopor injeksi pada sepeda motor adalah Honda CX500TC. ”
    pelopor injeksi di motor adalah honda ?
    googling ini mas.
    1980 Kawasaki Z1000-H1 EFI.
    Atau
    MΓΌnch motorcycle, 1973 udah EFI. model TTS-E
    jadi…?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s