Ducati 125 "Desmo" 1956


Lagi pengen ngobrolin Ducati nih! :mrgreen:

Sudah banyak media online atau blog yang membahas tentang Ducati berikut sejarah berdirinya pabrik ini di Italia. Karena itu saya disini hanya ingin sharing tentang salah satu produk Ducati dari varian single cylinder dengan kapasitas 125 CC Desmodromic (Ducati pertama yang menggunakan klep Desmo) 😉

Sejak maraknya Grand Prix sepeda motor di Eropa pada akhir masa perang Dunia ke II, banyak pabrikan sepeda motor di Eropa berlomba-lomba membuat produknya menjadi kencang dan menjuarai Grand Prix dengan harapan produknya semakin dikenal dan berimbas pada pemasaran produk tersebut.

Tak terkecuali dengan pabrik Ducati di Italia. Melalui seorang insinyurnya bernama bernama Fabio Taglioni Ducati mengembangkan mesin Desmodromic untuk sepeda motor yang terinspirasi dari kendaraan sedan/mobil Mercedes-Benz W196 straight-eight Desmo engines yang mendominasi permulaan kejuaraan balap mobil formula 1. Selanjutnya saat Mercedes memutuskan berhenti dari balapan, teknologi Desmo yang digunakan pabrik Mercedes tidak pernah lagi digunakan dalam model produksi mobil balapnya.

Cerita berlanjut ketika teknologi Desmo tadi di terapkan oleh Fabio Taglioni pada mesin sepeda motor. Dia berhasil mengaplikasikan Teknologi Desmo pada sepeda motor Ducati yang berkapasitas 125 CC. Kebiasaan Ducati sekarang ternyata dimulai ada sejak dulu, yaitu menggunakan teknologi baru pada balapan selanjutnya baru diterapkan pada produksi jalan raya/massal. 😀

Fabio Taglioni meyakini bahwa masalah kebutuhan RPM yang tinggi untuk menghasilkan tenaga lebih banyak pada mesin kecil dapat diatasi dengan penggunaan katup desmo.

desmo-1956-ducati

Desmo pada Ducati 125 cc ini sering mendapat julukan sebagai “Ducati 125 GP triple-nocker”.


Pada saat itu hampir semua peserta balap  sepeda motor Grand Prix 125cc menggunakan Float-Valve (katup pegas) yang hanya menghasilkan power rata-rata sebesar 16 HP pada 11.500 rpm. Sedangkan jika menggunakan Desmo Valve ternyata hasilnya dapat mencapai 19 hp pada 12.500 rpm dan pada kenyataanya saat balapan rpm bahkan bisa mencapai 15.000!! tetapi  dengan tingginya rpm ini membawa konsekuensi hampir setiap race Ducati Desmo 125 harus ganti bandul kruk as berikut lahernya) :mrgreen:

taglioni02

Coba bayangkan, 125cc desmo tahun 1956 bisa mencapai 19 hp 😯

Ducati 125 Desmo memenangkan perlombaan pertamanya di GP di Hedemora Swedia tahun 1956, Ducati Desmo 125 ini mengalahkan semua lawan-lawannya, tetapi kemudian cerita sedih melanda. Penunggangnya Giovanni Degli Antoni tewas dalam latihan untuk persiapan untuk balapan berikutnya di GP Monza Italia.

kematian rider Ducati tersebut merupakan pukulan berat untuk program balap Ducati, dan tidak sampai Tahun 1958  tim Ducati mampu bangkit kembali dan menjadi penantang serius bagi MV Agusta dengan pengendaranya mantan juara dunia 125 cc, Carlo Ubbiali.

Demikian sejarah singkat tentang Ducati 125 Desmo, motor desmo pertama dari Ducati. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉

 

Iklan

4 pemikiran pada “Ducati 125 "Desmo" 1956

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s