Moto Guzzi 500cc V8, monster yang terlahir dini


Terima kasih masih setia membaca tulisan saya 😀

Kali ini saya mengajak pembaca sekalian untuk melihat sesosok monster yang bisa dikatakan lahirnya kecepetan alias terlahir dini. Kenapa demikian? mari terlebih dahulu kita belajar bersama tentang si Monster ini.  Seperti yang telah kita ketahui, Moto Guzzi merupakan sebuah Pabrik yang memproduksi sepeda motor dari Italia yang didirikan pada tahun 1921. Moto Guzzi Bermarkas di Mandello del Lario. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari perusahaan induk Piaggio. Salah satu produk dari Moto Guzzi yang akan kita bahas disini adalah Moto Guzzi 500 cc V8 Racer yang dibuat antara tahun 1955-1957. Dari namanya aja udah terbayang bagaimana bentuk mesin dan tenaga yang dihasilkan (untuk ukuran pada waktu itu) 😀

Moto Guzzi V8

Moto Guzzi 500cc V8 merupakan salah satu motor legendaris dimana menjadi sebuah catatan sejarah tentang perkembangan tekhnologi mesin bakar di tahun 50an. Karena teknologi yang digunakan pada motor ini jauh melampaui masanya, bahkan sepeda motor ini menurut versi media Autos.ca.msn.com dimasukkan menjadi salah satu Top 10 motorcycles of all time.

Apa sih yang menjadikannya sangat terkenal, mari kita lihat bersama.

mg-v8c1

Moto Guzzi V8 ini diciptakan oleh Dr. Giuliano Carcano untuk digunakan pada balap GP musim kompetisi 1954-1957.

mg-v8b2

Sepeda motor ini memiliki dua macam pilihan fairing tergantung kondisi trek, fairing pertama sudah mirip dengan fairing motor modern. sedangkan fairing satunya malah mirip ikan bawal goreng :mrgreen:

Motor ini menggunakan mesin 500cc berpendingin air (water cooled) DOHC dan menggunakan karburator yang terpisah untuk tiap-tiap silinder. Desain mesin dan komponen dibuat sangat ringkas, dan secara mengejutkan mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 78Hp pada 12.000 Rpm dan hal tersebut diluar dari prediksi pembuatnya. Dengan tenaga sebesar 78Hp tersebut mampu membawa motor ini melaju sampai kecepatan 280Km/h. Dan kecepatan ini baru bisa disamai lagi setelah 20 Tahun kedepan di balapan yang sama. Wow!!!  😯

mg-v8-engine

Guzziv82x

Delapan karburator tersebut spesial di desain untuk mesin ini oleh Del’orto.

Pada awal pengembangan mesin ini banyak kendala yang menyertai. Pada uji coba pertama pada balapan GP Belgia Tahun 1954, pembalap Aussie Ken Kavanagh mengalami trouble mesin pada bagian crankshaft. Kemudian ditahun 1956 Ken Kavanagh kembali mengalami trouble pada bagian bantalan peluru (laher mesin). Dan banyak kejadian-kejadian seperti masalah selang radiator membuat mesin ini rusak.

V8line-800

Kembali ke judul diatas, kenapa monster ini saya bilang terlahir dini? Karena perkembangan teknologi mesin 500cc V8 DOHC ini tidak diimbangi dengan kemajuan teknologi dibidang rancang bangun rangka/frame, suspensi, kompon ban dan juga pengereman. Hal tersebut membuat motor ini sangat berbahaya jika dikendarai.

v8-lomas

Maka tak heran banyak cerita atau kejadian fatal yang mengikuti motor ini. Seperti tercatat Fergus Anderson jatuh dari sepeda motor pada penampilan perdananya di Modena. Kemudian beberapa pengendara mengalami cidera seperti Bill Lomas menderita cedera kepala pada Balap Tahun 1956 di Senigallia Grand Prix . Bahkan Ken Kavanagh pernah menolak untuk naik sepeda motor setelah balapan di Spa – Francorchamps tahun 1956. walah… :mrgreen:

moto-guzzi-v8

Cerita sedih dimulai akhir Tahun 1957, dimana krisis ekonomi di eropa membuat beberapa pabrikan eropa menarik diri dari ajang Grand Prix motor. Dan pada saat itulah petualangan pabrikan jepang dimulai. 😀
Demikian cerita singkat tentang Moto Guzzi V8, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. 😉

 

Iklan

14 pemikiran pada “Moto Guzzi 500cc V8, monster yang terlahir dini

  1. i went to the moto guzzi factory museam and spoke to Giovanni Balatini. He made the crankshaft for this motor bike. He said the one piece crankshaft was made to such high specification. He did speak only Italian but it was so interesting speaking to someone who had been involved in that project.

  2. Ping balik: Moto Guzzi 350 Bialbero | Black Cat's blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s