Bultaco TSS125, Rival Kuartet Jepang dari Spanyol


Hari terakhir jadwal kampanye benar-benar membuat risih telinga! 👿
Daripada cuma uring-uringan mending cari referensi tentang motor lawas saja (sambil nahan sebel)

Kali ini saya mengajak untuk melihat salah satu rival kuartet jepang di word GP awal tahun 1960an yaitu Bultaco TSS125. Tapi sebelumnya seperti biasa ada sedikit pengantar tentang sejarah Bultaco. 😀

logo_original_big_0Pada awal tahun 1958, Montesa memimpin pasar sepeda motor Spanyol. Perusahaan Montesa tersebut dipimpin oleh Francisco X. Bulto dan Pedro Permanyer, perusahaan cukup sukses dari segi industri dan prestasi. Semua hasil produksi pabrik tersebut terjual karena imbas dari tim balap/kompetisi yang memenangkan setiap perlombaan yang mereka ikuti. Namun, pada bulan April tahun itu juga, pertemuan umum anggota Direksi akan mengubah sejarah sepeda motor tersebut selamanya. Dalam pertemuan itu, Permanyer dan José Luis Milá mengumumkan ke Bulto bahwa mereka telah memutuskan untuk menghentikan semua kegiatan olahraga dan fokus pada peningkatan model motor komersial. Argumen mereka adalah bahwa saat itu banyak perusahaan motor Italia dan sepeda motor Inggris menghentikan keikutsertaan mereka dalam balap dan terlebih lagi pada tahun yang sama pemerintah di Spanyol menerapkan Rencana Nasional Stabilisasi (El Plan de Estabilización Nacional) yang sangat ketat.

Don Paco (Bulto) langsung menyadari maksud dan tujuan pertemuan tersebut, yaitu menghentikan keikutsertaan dalam setiap kompetisi dengan didasari alasan membebani pengeluaran keuangan perusahaan. Hal itu dirasakannya sebagai sebuah serangan terhadap kepemimpinannya di perusahaan tersebut oleh rekannya sendiri. Sebenarnya dia bisa mem-veto keputusan tersebut tetapi tidak dilakukannya. Karena dia terlanjur kecewa dan sakit hati serta tidak nyaman di perusahaan tersebut, beberapa hari kemudian dia keluar dari perusahaan.

Bulto tidak menyadari akibat dari keluarnya dia dari perusahaan akan membawa imbas yang hebat, sebuah tim yang Bulto bentuk dan telah bekerja sama dengannya ikut resign dari perusahaan tersebut.  12 orang yang terdiri dari engineering dan mekanik yang setia kepada Bulto mengatur pertemuan dengannya di sebuah restoran di pinggiro Kota Barcelona. Mereka siap meninggalkan perusahaan Montesa dan memulai petualangan baru dengan Bulto. Hari itu 17 Mei 1958 merupakan hari bersejarah bagi bangsa Spanyol, hari dimana lahirnya sebuah perusahaan sepeda motor legendaris Spanyol sepanjang masa. Sebagai nama yang baru Don Paco (Bulto) memilih nama alamat telegramnya, Bultaco.

Tanggal 24 Maret 1959 Bultaco merilis motor pertama mereka, Tralla 101. Gambarnya dibawah ini :

02_tralla

Pada kesempatan itu seakan mengejek perusahaan lamanya Don Paco memberikan motto “The market always follows the chequered flag”

Selang tiga minggu setelah peluncuran Tralla 101 tersebut, karena memang maniak balap Tralla 101 sudah ikut serta dalam kejuaraan Balap di Spanyol 😀

primera-carrera

Itulah sejarah singkat berdirinya Bultaco 😀

Sekarang kita beralih ke salah satu produk Bultaco di ajang balap. Yaitu Bultaco TSS 125.

tss_125

Paco Bultó developed the TSS from the Tralla 101, and it was a competition motorcycle which despite its modest outline was able to fight for victory defying the official prototypes of its competitors. This is the 1965 model, already featuring a water cooling system and a 6 speed gearbox, 29HP.

Pada 20 Agustus 1966 di The Grand Prix of The Ulster ( Irlandia ), pembalap dari Selandia Baru Ginger Molloy meraih prestasi untuk Bultaco kemenangan pertama dari merek Spanyol dalam acara Kejuaraan Dunia . Dan dua tahun kemudian di sirkuit Montjuic, pembalap  Salvador Cañellas menjadi pembalap spanyol pertama yang pernah memenangkan Grand Prix , mengendarai TSS 125 cc .

Mari kita lihat dari dekat Bultaco TSS125 ini 😀

Bultaco-TSS125-1965-FF02-03-1024x768_resize

Bultaco-TSS125-1965-FF02-05-1024x768_resize

Bultaco-TSS125-1965-FF02-09-1024x768_resize

Bultaco-TSS125-1965-FF02-10-1024x768_resize

Bultaco-TSS125-1965-FF02-13-1024x768_resize

Bultaco-TSS125-1965-FF02-14-1024x768_resize

Tahun 60an sudah pake water cooled… keren! 😀

Demikian sejarah tentang Bultaco, Rival Jepang di World GP era 1960an. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉

 

Iklan

10 pemikiran pada “Bultaco TSS125, Rival Kuartet Jepang dari Spanyol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s