Legenda Motor Balap Yamaha (RD48)


Masih bersama pabrikan Garpu Tala, kali ini yang mendapat giliran ditulis disini adalah Yamaha RD48 dimana disebutkan sebagai motor balap 250cc Yamaha pertama yang mengikuti World GP. 😀

Tapi seperti biasa sebelum kita mulai ada sedikit pengantar sejarah tentang Yamaha RD48 ini.  Monggo disimak bersama-sama 😉

YAMAHA RD48 (1961)

ra1961_2Mengikuti jejak Honda dan Suzuki, pada Tahun 1961 Yamaha secara resmi mengikuti kejuaraan dunia GP untuk pertamakalinya.  Pada tahun tersebut diselenggarakan kejuaraan Gran Prix motor  5 race yang diikuti Yamaha yaitu GP Perancis, the Isle of Man Tourist Trophy Race, GP Belanda, GP Belgia dan  GP Argentina. Dari sekian banyak kontestan balap GP di tahun 1961 tersebut,  hampir semua peserta (seperti MV Agusta, Moto Guzzi, Moto Morini, Benelli, Mondial, dan Honda) menggunakan motor bermesin 4T  kecuali Yamaha dan Motor Jerman Timur berkode MZ. Meskipun dari segi hasil kurang begitu memuaskan akan tetapi Yamaha melihat bahwa mesin 2T mampu memberikan perlawanan pada mesin 4T.

RD48

RD48 merupakan motor balap Yamaha pertama dikelas 250cc pada kejuaraan World GP. Dengan dipersenjatai mesin 2Stroke  2-Cylinder berpendingin udara serta penggunaan bahan bakar campuran gasoline dan oli. Pada mesin ini dipasang pompa oli bertekanan untuk sistem pelumasan mesin.

pic_gallery_rd48_02

Mesin ini juga menggunakan katup buluh bersistem rotari dan juga karburator dengan ruang pelampung terpisah. Dengan spesifikasi tersebut diatas motor ini menghasilkan daya 35 PS atau sekitar 34,5 hp. Rangka motor menggunakan double cradle sistem.

pic_gallery_rd48_01

Motor ini melakukan debut di putaran ketiga GP Clermont – Ferrand di Perancis.

pic_gallery_rd48_03

Demikian sedikit tentang sejarah Yamaha RD48, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. 😉

Iklan

10 pemikiran pada “Legenda Motor Balap Yamaha (RD48)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s