Alcyon buatan Perancis, antik bener!!


Kali ini saya akan menampilkan sebuah sepeda motor antik buatan Perancis. Tapi sebelumnya seperti biasa ada sekilas info tentang sejarah sepeda motor ini.  Mari kita simak bersama 😉

alcyon-logo-125Pada awalnya ada sebuah perusahaan/pabrik yang didirikan pada tahun 1902 didaerah Neuilly sur Seine Perancis untuk memproduksi sepeda onthel. Perusahaan ini diberi nama Alcyon. Nama Alcyon/Halcyon menurut mitos di eropa merupakan nama burung angkasa atau juga ada yang menyebut sebuah bintang di konstelasi Taurus. Pada tahun pertama (1902) perusahaan ini sanggup memproduksi 3.000 unit sepeda, kemudian pada tahun 1909 total produksi telah mencapai 40.000 unit 😯

Pada Tahun 1904 perusahaan ini mulai merintis perakitan sepeda motor dengan menggunakan mesin  “Zedel” buatan perusahaan Zurcher&Luthi yang terletak di St. Aubin Swiss. Selanjutnya pada Tahun 1906 Zurcher&Luthi juga membuka pabrik mesin Zedel di Ferriere sur la Jougne Perancis. Karena sesuatu dan lain hal, satu tahun kemudian Pabrik mesin Zedel di Swiss ditutup.

a1

Segera setelah ditutupnya pabrik mesin Zedel di Swiss, maka pabrik mesin Zedel baru di Perancis dibeli dan dibawah kontrol penuh oleh Alcyon. Hal tersebut menjadikan sebagian besar sepeda motor Alcyon menggunakan mesin buatan Zedel atau Zurcher seperti gambar dibawah ini :

Alcyon 1914 350 cc 2 cyl sv

Kemudian pada Tahun 1925 Alcyon membuat sepeda motor menggunakan mesin buatan JAP. Model ini dinamakan “Touriste”  dimana merupakan satu-satunya sepeda motor Alcyon yang menggunakan mesin JAP.

ini mesinnya bro! 😀

Cerita selanjutnya mulai tahun-tahun berikutnya produksi Alcyon mulai menggunakan beberapa jenis mesin seperti Labor, Homann, Française  Diamant dan Olympique.

a2

Coba lihat mesinnya, udah OHV tapi terbuka tanpa cover, bakalan sering ditetesin oli nih! 😆

a3

Akhir cerita, mulai tahun 1945 Alcyon memproduksi light motorcycles, scooters dan mopeds sampai akhirnya perusahaan ini kesulitan keuangan dan diambil alih oleh raksasa otomotif Perancis Peugeot pada tahun 1954.

Demikianlah sedikit cerita tentang Alcyon, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. 😉

Iklan

6 pemikiran pada “Alcyon buatan Perancis, antik bener!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s