Acme 1920 8hp 1000 cc 2 cyl JAP


Ehm… Disela-sela kesibukan saya, rasanya kok ada yang kurang hari ini. Ternyata ada satu tulisan yang masih menjadi draft dan belum ter-publish :mrgreen:

Ok, kali ini ada satu lagi motor yang bisa dibilang jarang ada atau keberadaannya sangat langka. Motor tersebut adalah “ACME”. Tapi sebelum kita melihat sosok motor tersebut, seperti biasa kita belajar sekilas tentang sejarah dari pabrik motor tersebut. Mari kita mulai,….

Perusahaan “ACME” dikenang sejarah karena hubungan baiknya dengan perusahaan bernama “REX”. Keduanya mendirikan perusahaan di Jalan Osborn Road Conventry di Inggris. (untuk “REX” kapan-kapan akan saya ceitakan juga). Perusahaan “REX” mendirikan pabrik pada tahun 1899 sedangkan “ACME” menyusul beberapa tahun sesudahnya. Tidak seperti “REX” yang memproduksi mesin mobil, tricycle juga motor, “ACME” atau lengkapnya Coventry Acme Motor Company Limited hanya fokus pada produksi sepeda motor. Produksi pertama mereka menggunakan mesin buatan “MINERVA” yang banyak dipakai oleh banyak pabrikan motor saat itu. Selanjutnya “ACME” membuat motor dengan mesin mereka sendiri dan juga menggunakan mesin buatan “JAP”. Perusahaan “ACME” banyak mengajukan patent atau hak cipta pada berbagai inovasi dalam desain motor pada waktu itu. Termasuk salah satunya adalah penggunaan sprung frame atau rangka bersuspensi 😉

Pada Tahun 1920, Perusahaan “ACME” sudah diambil alih oleh “REX”. Dan pada waktu itu juga “ACME” memperkenalkan sepeda motor yang dikombinasikan dengan sespan, bermesin V-Twin JAP bertenaga 8HP.

acme1

Pada motor ini tersemat beberapa komponen yang cukup terkenalpada waktu itu, diantaranya penggunaan girbok “Sturmey Archer”, penggunaan garpu depan bersusupensi “Brampton Biflex”, footplate mode lipat dan Karburator buatan “AMAC”. Komponen-komponen tersebut melengkapi kesempurnaan motor produksi “ACME” ini.

acme3

Monggo dilihat gambarnya…

acme5

Lagi….

acme6

Masih lagi… :mrgreen:

acme2

Merk “ACME” sebagai sebuah perusahaan yang mandiri tidak berlangsung lama, karena mulai Tahun 1921 dan seterusnya sudah berada di bawah kendali “REX” dengan nama “Rex-Acme” 😀

Motor langka diatas adalah salah satu bukti sejarah yang masih terawat dan pernah mendapatkan penghargaan 1st prize award at the Selkirk Vintage & Classic Vehicle Show in 1993. Motor diatas dilengkapi dengan jam dan speedometer 60mph buatan “Smiths”, Head lamp berbahan bakar acetylene (karbit) buatan “Lucas”. Keren!!! :mrgreen:

Demikian sejarah singkat tentang sepeda motor “ACME” dari Inggris, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. 😉

 

 

Iklan

6 pemikiran pada “Acme 1920 8hp 1000 cc 2 cyl JAP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s