Moge Jadul, Ace 1922 four 1229 cc 4 cyl ioe


Masih dengan artikel motor lawas, kali ini ada sebuah moge yang termasuk jajaran motor hebat pada masa itu. Dia adalah ACE buatan Tahun 1922 dengan mesin four inline IOE. (Inlet,Over,Exhaust) πŸ˜‰

aceSebelum lebih jauh ada baiknya kita belajar sejarah ringkasnya terlebih dahulu. Mari kita mulai….

Pada Tahun 1919, seorang bernama William Henderson menciptakan sebuah motor yang sangat luar biasa setelah dia keluar dari pabrik motor Excelsior. Dia tidak puas dengan kinerja insinyur di Excelsior yang merancang desain mesin menurutnya berat dan kurang baik.

Dengan dukungan modal dari seorang pengusaha sepeda bernama Max Sladkin, William dengan cepat merancang dan membuat motor yang jauh lebih bagus, mesin lebih ringan namun kuat dan cepat.

ace1

ACE motor ini menuai sukses dengan cepat, disaat banyak pabrik motor mengalami masalah keuangan saat itu motor ini tetap mengalami pertumbuhan yang pesat dalam produksinya.

ace2

Pada tahun 1923 versi yang sangat istimewa dibuat. Ada perubahan pada penggunaan klep berdiameter 1 Β½ ‘, cam yang bisa membuka klep ΒΌ inci dipadu dengan penggunaan high compression alloy pistons dan memperingan bobot connecting rods (stang seher).

ace3

ace4

William Henderson sang pencipta Ace tewas secara tragis pada Desember Tahun 1922 ketika bertabrakan dengan mobil saat menguji salah satu motor buatannya 😦

ace1923

Selanjutnya Arthur Lenon mantan karyawannya yang telah menjadi desainer meninggalkan jabatannya di Excelsior untuk menjadi Chief engineering di perusahaan ACE. Pada Tahun 1923 penjualan sangat pesat dikarenakan adanya penurunan harga jual motor ACE sebesar 15%. Tapi ternyata langkah tersebut merupakan awal dari kebangkrutan perusahaan karena salah dalam perhitungan nilai penjualan. Dan akhirnya perusahaan berhenti berproduksi pada tahun 1924. 😦

Akhir cerita yang sedih, resesi ekonomi pada awal abad ke 20 memang sangat memukul banyak perusahaan dan pabrik-pabrik otomotif di dunia. Dan hal tersebut menghentikan pengembangan teknologi yang saat itu mulai berkembang dengan pesat.

acefront

Demikian sedikit cerita tentang Ace motorcycle, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. πŸ˜‰

 

Iklan

15 thoughts on “Moge Jadul, Ace 1922 four 1229 cc 4 cyl ioe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close