Si Putih Harley Davidson 1918 1000cc 2 Cyl IOE


Kembali ke motor lawas πŸ˜‰

(untuk motor yang baru-baru sudah dibahas diberbagai blog yang selalu up to date dengan berita berita terkini. Sementara disini kita belajar tentang sejarah yang kurang disuka, kadang malah dianggap sebagai kaset rusak) BUT I LOVEΒ  IT!!!! :mrgreen:

Kembali ke keyboard, kali ini saya menemukan sebuah sosok cakep, putih dan langsing. Pokoknya type lelaki kebanyakan dah! πŸ˜†

Siapa dia? Dia adalah sebuah Legenda bernama Harley Davidson 1918 seri 18F 2 Cylinder IOE. Berikut ini sosok sang Legenda :

HD1

Dan ini dari sisi yang sebaliknya :

HD2

Prototype Mesin V-Twin Harley Davidson pertama ditampilkan di ajang Chicago Motorcycle Show pada bulan Februari 1907. Selanjutnya tidak berapa lama mesin V-Twin tersebut dijual sebanyak 27 unit walau secara resmi masih dianggap sebagai prototype. Mesin tersebut berkapasitas 880cc dan menggunakan atmospheric intake valves. Apa yang dimaksud Atmospheric Intake Valves? Untuk jelasnya silahkan dilihat skema mesin berikut ini :

AIV

Mesin diatas disebut Atmospheric Intake Valve karena katup isap terbuka karena daya isap dari silinder, bukan karena sistem mekanik. πŸ˜€

Kita Lanjutkan lagi, Mesin Harley tersebut tidak sebagus yang diharapkan, hingga sampai tahun 1910 tidak ada mesin V-Twin yang ditawarkan atau dijual karena perusahaan fokus pada pekerjaan pengembangan mesin.

Pada Tahun 1911, diperkenalkan mesin V-Twin baru dengan kapasitas 811cc dan menggunakan konfigurasi mesin IOE. wah… apalagi nih IOE? sebentar, nanya mbah gugel dulu 😦

IOE adalah konfigurasi mesin yang memiliki makna Inlet-Over-Exhaust. Untuk lebih jelasnya ada gambar contoh mesin motor lawas berkonfigurasi IOE seperti gambar dibawah ini :

Inlet_over_exhaust

Konfigurasi ini banyak digunakan pada mesin 4T jaman dahulu dimana katup inlet terletak di kepala silinder dan katup outlet ada di silinder/blok mesin. Mesin V-Twin IOE Harley ini menjadi pilihan dan terus dikembangkan oleh Harley pada produksi-produksi selanjutnya pada masa itu.

HD3

Pada Tahun 1912 dibuat mesin V-Twin dengan kapasitas lebih besar, yaitu 989cc dan selanjutnya menjadi standar kapasitas mesin V-Twin buatan Harley Davidson.

 

HD4

Cukup sekian dulu cerita tentang Harley Davidson generasi awal, sebenarnya masih banyak informasi sejarah yang bisa digali dari legenda ini. Tapi karena keterbatasan pengetahuan saya lebih baik cukup sampai disini :mrgreen: (alasan udah ngantuk)

Semoga bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan kita bersama.

Iklan

18 tanggapan untuk “Si Putih Harley Davidson 1918 1000cc 2 Cyl IOE”

  1. kalo kata anak saia, wong sepedah pancal kok dikasih mesin πŸ˜† #upss (punya-e njenengan juga kan?? :mrgreen: )

      1. nemen pak crigis-e nek takon-takon…
        jian..nek durung jelas/puas, ora mandheg le takon :mrgreen:

  2. om tlong bikinin artikel sejarah honda rc166 dong,yang ktanya cara pembuatannya masih jadi misteri……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.