Memperpanjang Usia Body Comp. Pulsar


Masih ada yang tercecer dari tulisan bongkar-bongkar kemarin. Kali ini tentang Body Comp. starter Bajaj Pulsar yang posisinya ada dibalik magnet pulsar. Jujur saja, pada bagian bak magnet Bajaj Pulsar adalah bagian yang jarang sekali disentuh atau dibuka pada saat servis.

464

Padahal Pulsar jika dipakai harian pasti bersinggungan dengan air dan hujan. Bagian ini rentan terkena korosi ataupun karat. Coba saja bagi sampeyan yang punya Bajaj Pulsar non NS silahkan dibuka. Pasti banyak tuh karatnya :mrgreen:


image

Langsung saja mari kita buka bak Magnet Bajaj Pulsar. Sebelumnya lepas dulu tuas persneling dengan kunci 10mm. Dilanjutkan melepas cover gir depan dengan kunci 8mm. Selanjutnya buka mur yang ada di bak magnet dengan kunci 8mm. Lepas soket kabel indikator netral didekat gir depan. Jika baru pertama kali melepas harus hati-hati, karena gasket mudah sobek. Getok perlahan dengan kayu hingga lepas. Dan lihatlah…. banyak karat di sekitar magnet, pulser dan spul kelistrikan dan pengapian. 😆 Bersihkan karat tersebut.

photo-02191

gambar pinjam dari pulsarsolo.wp.com

Dan untuk Body Comp, kelihatannya sepele. Udah barangnya kecil… nyempil lagi posisinya. Tapi kalau rusak dijamin bikin repot, karena pulsar mulai dari UG4, Pulsar 200 dan 220 tidak dibekali kick starter. Jadi siap-siap saja jadi nggak keren. (main dorong) 😈

Dikarenakan posisinya tersembunyi dibalik magnet. Maka untuk merawatnya lumasi saja dengan menggunakan chain lube. Tekanan semburan chain lube ini akan masuk ke celah yang tersembunyi termasuk ke Body Comp. Ini akan memperpanjang usia atau masa pakai dari Body Comp tersebut.
image

Jika sudah, silahkan pasang kembali seperti semula. 😉

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉

Iklan

17 pemikiran pada “Memperpanjang Usia Body Comp. Pulsar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s