Whizzer….. bagian 2 (tamat)


Mari kita lanjutkan tulisan terdahulu tentang sepeda bermesin Whizzer, ini tulisan yang terhutang hampir setahun yang lalu… πŸ˜€

Setelah kemarin sampai ke produksi mesin berkode “F”, maka pada pengembangan mesin selanjutnya diproduksilah mesin dengan menggunakan Kode “H”. Pada Bulan Maret Tahun 1946, Whizzer mengeluarkan model baru yang mengalami sedikit perubahan pada bagian mesin.

Pada mesin generasi “H” ini terlihat bahwa sirip pendingin (fin) pada head bentuknya lebih pendek dan pemasangan posisi busi yang agak miring ke arah kiri depan. Mesin ini menggunakan karburator dengan model Tillotson ML-5B, menggunaan klep berdiameter 3/4 inch dan maksimal tenaga yang dihasilkan 2,5 Hp.

Selanjutnya pada tahun 1948, Whizzer mengeluarkan mesin baru dengan kode “Type J”, secara kasat mata hampir tidak ada perubahan dengan “Type H”. Hanya penggunaan karburator dengan nama Carter “N”, penggunaan tulisan timbul pada tanki, dan selongsong gas model tekan.

Jengine

Perubahan minor lain ada pada intake manifold yang lebih pendek dan lebih besar dari “Type H”. Mesin ini masih sama menghasilkan daya 2,5 Hp πŸ˜€

Pada Tahun 1949, sudah dilakukan perubahan lagi pada mesin Whizzer. Pada Tahun ini mesin Whizzer diberikan kode nama “The 300 engine”. Perubahan ada pada penambahan fin pada head silinder, kompresi mesin lebih tinggi, dan posisi busi sedikit lebih kekanan. Mesin ini menggunakan klep berdiameter 7/8 inch dan port exhaust lebih besar dari mesin type sebelumnya (J dan H).

51swhizr

Dengan perubahan tersebut meningkatkan daya yang dihasilkan dari 2,5 Hp menjadi 3 Hp. :mrgreen: Pada mesin model 300 ini, dikembangkan penggunaan kick starter yang disematkan pada type “sportsman” dan “Ambassador”.Β  Selain itu sistem pengapian juga sudah mulai tertutup oleh cover pengaman.

Pada Tahun 1952 diluncurkan mesin “Type 700”, ini merupakan produksi terakhir dari Whizzer. Secara keseluruhan mesin ini sama dengan type sebelumnya dengan penggunaan pengapian yang tertutup cover.

54swhizr

Pada tahun 1992 ada upaya kembali mereproduksi Whizzer ini, akan tetapi dengan perbaikan-perbaikan dan penerapan mesin yang lebih modern kurang dapat diterima oleh para penggemar. Berikut ini beberapa contoh Whizzer baru reproduksi tahun 1992 dan 1998.

sportsman24

 

whizzer

Demikianlah cerita tentang Whizzer, sepeda mesin yang unik dan melegenda di Amerika sana. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama.

Sumber http://www.angelfire.com/pa/whizzermotorbike/main.html

Iklan

2 pemikiran pada “Whizzer….. bagian 2 (tamat)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s