Masalah kelistrikan bikin deg-degan


Habis nonton timnas U19 menang 3-1 lawan PSS Sleman cukup menghibur malam ini. Salut buat Slemania dan BCS yang membuat suasana di stadion sangat hidup. Mantap bro!
Kembali ke judul tulisan saya kali ini, beberapa hari terakhir ini pekerjaan sampingan saya sebagai sopir pribadi keluarga membuat si kebo mondar-mandir mirip setrikaan.

Hujan panas siang malam si kebo menemani saya dan keluarga tanpa mengeluh. Tapi kemarin ada gejala trouble di kelistrikan. Sesaat setelah mesin menyala seharusnya indikator pengisian atau charge mati. Tapi ini kok nyala… 😯
image

Jika dipakai jalan, terkadang mati. Tapi banyak menyalanya πŸ˜†


Penasaran buka-buka info dan forum di internet, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Yang pertama kondisi undercharge, dimana arus pengisian accu tidak berjalan sehingga bisa berakibat accu kosong. (Waduh… kebayang beratnya ngedorong si kebo :mrgreen: ). Yang kedua adalah kondisi overcharge, dimana arus pengisian berlebihan menuju ke accu yang bisa berakibat panas dan berkurangnya cairan accu. Paling fatal adalah mbledhosnya accu. (Wow… ngeri dah!! 😯 )
Akhirnya selepas kerja langsung meluncur ke bengkel dinamo Langgeng.
image

Bengkel ini rekomendasi teman-teman bengkel mobil diseputaran bantul yang terletak di jalan bantul selatan Pom Bensin Krantil. Sampai di TKP alhamdulillah tidak banyak yang service. Hanya sebuah Phanter dan beberapa servisan dinamo starter mobil dan truk. Langsung laporan keluhan dan dianalisa.

image

Dan dinamo ampere pengisian ini tersangkanya πŸ˜€
Langsung saja ritual dimulai, dilepas dan diperiksa satu persatu bagiannya.

image

Termasuk juga bagian spul dinamo, kol boster juga diperiksa.

image

Dan ternyata masalah ada di kol boster, dimana istilah bengkel posisinya “ngambang” atau tidak rapat. Setelah di bersihkan dan di set ulang akhirnya kembali dipasang.

image

Akhirnya ritual selesai dan indikatornya kembali normal sesaat setelah mesin menyala πŸ˜€
Akhirnya hati kembali tenang karena kelistrikan kembali normal. Biaya servis juga bersahabat dengan kantong sebesar 50 ribu rupiah. πŸ˜‰
Demikian cerita saya kali ini, jangan sepelekan indikator kelistrikan di kendaraan. Karena jika disepelekan bisa fatal akibatnya.
Sekian, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama.

Iklan

21 thoughts on “Masalah kelistrikan bikin deg-degan

  1. kalau untuk mendiagnosa output dinamo ampere kurang itu pake tang ampere atau pake voltmeter ya lik? kalo spul motor kan yg di cek voltase keluarnya

      1. motor saya dulu bermasalah kelistrikannya. beberapa kali dibawa ke bengkel resmi masalah hilang dan ga ada part yang ganti, tapi beberapa waktu kemudian masalah muncul lagi. akhirnya dijual

  2. mestinya sekalian ball bearingnya diperiksa, ganti jika sudah agak oblak.
    karena harga carbon brus (areng) harganya nggak seberapa, adakan perawatan berkala dinamo amper (altenator) 3-4 tahun sekali jika kendaraan dipake tiap hari.

  3. kelistrikan, gak keliatan wujud barangnya, tapi bahaya…apalagi kalo ngambek :mrgreen:
    dulu, kidang bapak saia juga gitu, indikator nyala trus, ternyata overcharge, tegangan pengisian sampe lebih dari 15V πŸ‘Ώ
    usut punya usut, limiter alias cut-out, (ketot : jawa) minta adik πŸ˜†
    dikasi kw tetep overcharge (mode ngirit πŸ˜† ) , kuatir kenapa-napa, dikasihlah ori denso…
    seger waras mobil-e, nggreges celengan-e :mrgreen:

    1. Pernah kejadian juga mas… jarum volt meter melejit. Usut punya usut ternyata baut massa ketot kendor. Udah panik aki panas. Takut njeblug πŸ˜€

  4. Kalo boleh tau minta nomer telpone mas heri bengkel langgeng mas… Makasih, nomor lama gak bisa di call

    1. Ni sya..lg di langgeng..dinamo..service dinamo ampere..dpet info dri sini..lngsung capcus..tq..om infonya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close