Kendaraan kita bukanlah jetski, perlakukan dengan sewajarnya


Beberapa hari terakhir hampir seluruh kota di Indonesia mengalami hujan dengan intensitas tinggi. Hujan tersebut di beberapa daerah mengakibatkan genangan air yang cukup tinggi dan bahkan di beberapa daerah banjir dengan ketinggian yang bervariasi.
Pada tulisan saya yang terdahulu di link https://blackcat200.com/2013/01/17/penanganan-sepeda-motor-sehabis-kebanjiran/ saya sudah menyampaikan tindakan apa saja jika kendaraan kita terpaksa melewati daerah yang kebanjiran. Disini saya hanya ingin mengingatkan, sebagai seorang pengendara kita juga harus mengukur kemampuan kendaraan kita, motor kita atau mobil kita bukanlah jetski yang memang habitatnya di air.

Gambar dari Whatindonews.com

Jika kita terpaksa/harus melewati jalan yang tergenang air, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan :
1. Kita harus mengetahui setinggi apa genangan air tersebut. Indikatornya kita bisa melihat batas kendaraan yang lebih dahulu lewat didepan kita, atau yang akan berpapasan dengan kita.
2. Kita harus mengetahui dan memahami posisi lubang udara di Box filter berikut letak CDI dan perangkat pengapian lainnya seperti Coil dan Busi. Jangan sampai level air melebihi hal tersebut.
3. Tingkatkan kewaspadaan terkait dengan kondisi jalan yang akan kita lewati.
Jika ketiga hal tersebut sudah kita perhatikan dan pertimbangkan, tinggal baca do’a :mrgreen:
Usahakan agar menjaga rpm kendaraan sedang cenderung tinggi dengan menggunakan gigi persneling rendah. Hal tersebut untuk menjaga agar air tidak mempengaruhi kinerja mesin.
Jangan sekali-kali termakan iklan atau testimoni beberapa orang terkait kendaraan kita. Soalnya kalau terjadi masalah kita sendiri yang bakalan repot dibuatnya. :mrgreen:
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama.

Iklan

12 pemikiran pada “Kendaraan kita bukanlah jetski, perlakukan dengan sewajarnya

    • Kalau pake matic selama air gak mencapai filter jauh lebih tahan om. Karena body matic yang mirip jetski menyibak genangan air sehingga air tidak langsung menuju mesin. Asal kecepatannya diatas 40km/jam setinggi leher ayam masih aman. : mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s