obat anti kuning leher knalpot Pulsar 200-220.


Sebelumnya saya mohon maaf karena banyak komentar yang gak sempat saya jawab satu persatu karena kesibukan saya berkaitan dengan urusan pekerjaan 😦

Kali ini saya coba menyampaikan satu cara untuk menghilangkan lapisan kuning pada leher knalpot Pulsar 200-220. Seperti kita tahu bersama, knalpot Pulsar 200 dan 220 dibuat dari bahan stainless steel dipadu dengan aluminium pada bagian silencernya.

Kemudian karena penggunaan harian, bagian leher knalpot yang memiliki panas tinggi bertemu dengan bermacam kotoran, debu dan air sehingga lama-kelamaan menyisakan noda kekuningan yang terlihat mengganggu pemandangan. Sayangkan, udah harganya mahal, barangnya langka… eh, kok kuning!Β  πŸ˜€

Untuk menghilangkannya caranya mudah, mungkin ada yang pernah mempraktekan hal yang sama dengan saya. tapi tidak ada salahnya saya sampaikan lagi khususnya bagi yang belum pernah mencobanya. πŸ˜‰

Pertama-tama, tunggu kondisi mesin dan knalpot dingin. selanjutnya kita basahi dulu knalpot Pulsar 200-220 dengan air.

Selanjutnya kita persiapkan peralatannya berupa pembersih porselen (kebetulan saya pake yang sering diiklankan di tv), wadah, dan kain yang sudah dibasahi.

Langkah berikutnya adalah mengoleskan pembersih porselen tersebut dengan kain basah yang telah dipersiapkan secara merata ke semua bagian knalpot, untuk bagian yang kuning perlu digosok berulang-ulang. bagi yang punya kulit sensitif saya sarankan tangan dilapisi plastik/sarung karet agar tidak iritasi. kemudian kita diamkan beberapa menit. (jangan sampai ketiduran!) :mrgreen:

Setelah beberapa menit kita semprot kembali menggunakan air bersih sampai benar-benar hilang cairan pembersih porselen tersebut. Semproottttt…. crooottttttt!!!!! πŸ˜†

Langkah terakhir adalah mengeringkannya, bisa kita lihat perbedaan antara sebelum dan sesudah dibersihkan dengan proses ini.Β  untuk mendapatkan hasil yang maksimal ada baiknya cara ini dilakukan berulang-ulang.

Demikian , semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. πŸ˜‰

Iklan

49 tanggapan untuk “obat anti kuning leher knalpot Pulsar 200-220.”

    1. ini hanya untuk bagian luarnya mas, dan juga langsung disiram (tidak menunggu kering). bahan stainless pada leher knalpot pulsar tahan terhadap cairan kimia pada pembersih porselen, beda dengan besi biasa atau aluminium yang dalam jangka waktu tertentu dipastikan terjadi korosi ringan. πŸ˜€

    1. wah… beda bahan mas. saya tidak merekomendasikan untuk selain PZ00 dan PZZ0. :mrgreen:
      (vixion leher knalpot dilapisi semacam bahan/cat anti panas)

  1. Dulu leher kenalpot motor saya kuning,sudah saya coba poles pake ini-itu tetep kuning,setelah dapat saran dari temen saya untuk mencoba dengan 3 paket gosok pake pembersih porcelen,sekarang leher kenalpot motor saya jadi kinclong…
    Terimakasih pembersih porslen..

  2. sukses diterapkan di scorpio ane…tapi abis warna kuning nya ilang baru sadar ada banyak karat di leher knalpot… –“

    1. Karat di leher knalpot scorpio muncul karena hilangnya lapisan chrom akibat usia pakai. Selain itu bahan knalpot beda dengan pulsar 200/220. πŸ˜€

      1. betul…scorpio ane uda dari taun 2004…
        klo kata temen ane hati2 juga klo kandungan pembersihnya ada HCL nya bahaya buat besi…

  3. kalo buat motor laki macam tiger vixion, atau bebek supra, vega zr, revo, jupiter baiknya dioles pake oli mesin, atau oles black magic (dari blognya nanared)

    1. Beda bahan beda perlakuan mas, ini hanya untuk knalpot berbahan stainless dan besi chrom yang masih bagus. Motor baru sekarang biasanya menggunakan leher knalpot berlapis cat tahan panas.

  4. wiiichhhh…..!!!! kren abis….. hampir hilang tu kuningnya…..
    manteppppzz….!!!!!! kalo stiap nyuci di cuci pke porcelen boleh gak mas ???
    gue biasanya nyuci mtor sminggu skali…

  5. hallo men…motor saya tiger 2003 knalpot byk karat terutama dilehernya. apakah hanya dg porselen si karat tsb bisa hilang..???? klo blok mesin di kasih porselen jg bisa mengkilap jg gak men.?? thanks…by. jibril reyhan di surabaya

  6. mas tolong knalpot saya warnanya jadi chrome setelah menggunakan cara diatas 😦 awalnya knalpot saya lhernya berwarna keemasan .. gimana cara ngembaliinnya mas ? toolooooong knalpot baru nih… knalpot mtor ane r9 new monza buat ninja 2tak…makaasiih πŸ™‚

    1. Wah… Kalau sudah terlanjur menjadi chrome gak bisa dikembalikan seperti semula mas. Cara diatas hanya untuk pulsar 200 dan 220? yang menggunakan pipa stainless steel, bukan untuk knalpot variasi yang warna-warni hasil platting dan efek panas dari api las. Mohon maaf saya tidak bisa memberi solusi untuk knalpot anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.