Mobil Lit C-1…. inikah “Neracar” Modern!


Membaca berita di Yahoo ada sebuah kendaraan unik yang baru dan disebut Hybrid Mobil dan Motor. Kendaraan ini disebut sebagai Lit C-1  😀

Mobil ini dirancang oleh Daniel Kim dengan perusahaannya Lit Motors Amerika. Menurut Daniel Kim, Presiden Direktur Lit Motors, C-1 adalah sepeda motor listrik dengan swa-penyeimbang (self-balancing). Untuk ini, digunakan giroskopik yang dikontrol secara elektronik dengan mekanisme berbasis roda gila (flywheel).

Roda gila penyeimbang ditempatkan di bawah lantai yang menghasilkan torsi 1.763 Nm. Agar irit energi, desain bodi dirancang se-aerodinamis mungkin, menggunakan ban dengan hambatan gelinding rendah plus mencangkokkan KERS (kinetic energy recovery system).
Dengan teknologi giroskopik tersebut, sepeda motor ini tetap bisa berdiri seperti mobil ketika berhenti. Bahkan, tetap tegak kendati dihantam dari samping saat ditabrak. Jadi, pengendara yang belum berpengalaman naik sepeda motor, tak perlu khawatir mengendarai C-1 ini.
Daya tarik lain, pengendara dan boncengannya juga dilindungi dari hujan atau terpaan panas. Pasalnya, dilengkapi dengan  atap dan kaca seperti mobil. Bahkan, untuk membelokkannya, digunakan setir bulat, seperti mobil.

Agar irit energi, desain dibuat se-aerodinamis mungkin, menggunakan ban dengan hambatan gelinding rendah plus  menambahkan KERS (Kinetic Energy Recovery System).  mantap!!!

Sekarang kita kilas balik, kendaraan model seperti diatas ternyata sudah lama ada. nggak percaya? :mrgreen:

Ini buktinya 😉

Seperti biasa tanpa basa-basi langsung saja kita lihat sekilas sejarah sepeda motor. Sepeda motor ini bernama Ner A Car atau juga biasa disebut dengan Neracar.

Logo Neracar :mrgreen:

Neracar diciptakan oleh Carl A Neracher, sepeda motor ini dibuat oleh pabrik Ner-A-Car Corporation di Syracuse, New York pada Tahun 1921 serta di buat juga di Sheffield Inggris  pada akhir tahun 1921. Carl Neracher memperoleh hak paten untuk produksi Neracar di Amerika Serikat pada tahun 1919 dan mulai diproduksi 2 tahun kemudian dengan bantuan pembiayaan dari pembuat pisau cukur King C. Gillette.

Pada saat di produksi, Neracar membidik konsumen yang ingin memiliki kendaraan yang nyaman, murah namun tidak mampu membeli mobil :mrgreen:

Menurut informasi yang saya dapat, saat di iklankan menggunakan tag “300 miles for a dollar” and 85-100 miles to a gallon and a speed of 35mph. 😆

Sepeda motor ini pertama kali dibuat menggunakan mesin 221 cc satu Cylinder 2stroke dengan menggunakan penggerak semacam roda yang bergesekan dengan flywheel, istilah londonya “infinitely-variable friction drive transmission”. lebih jelasnya silahkan dilihat gambar berikut :

Pada Tahun 1923 mesin baru berkapasitas 285 cc diperkenalkan di Inggris.  Sedangkan di Amerika baru Tahun 1924 diperkenalkan mesin 255 cc.

Keunikan lain pada Sepeda motor ini adalah pertama kalinya penggunaan sistem kemudi roda depan yang menggunakan Hub (center hub steering system) yang mirip pada mobil.hebat!

Coba dilihat…..!! Tuh kan, sistem kemudi menggunakan Tie Rod seperti mobil! 😀

Periode awal tahun 1920an produksi Neracar di Amerika mulai menurun karena kurangnya popularitas dan akhirnya berhenti berproduksi pada tahun 1924. Hal yang sama juga terjadi di Inggris yang akhirnya harus berhenti berproduksi pada tahun 1926.

Tapi sampai sekarang ternyata masih terdapat banyak unit Neracar yang selamat dan dirawat oleh para kolektor  😆

Demikian sekilas sejarah motor Neracar dengan segala keunikannya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama!

Iklan

3 pemikiran pada “Mobil Lit C-1…. inikah “Neracar” Modern!

  1. Ping balik: Lihatlah video ekspresi bahagia bapak ini setelah sukses menghidupkan motor “Neracar” setelah 30 Tahun motor ini tertidur | AB 6420NG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s