Yamaha YA-1 1955, mbahnya sepeda motor Yamaha.


Telah banyak artikel yang mengulas tentang sejarah Yamaha. dan kali ini saya akan mengajak untuk melihat produksi pertama dari Yamaha Motor Co.

Mari kita mulai sejarah singkat Yamaha. 😉

Pada awal berdiri, Yamaha dikenal sebagai  produsen Piano dengan nama perusahaannya Nippon Gakki Company, Ltd. di Hamamatsu, Shizuoka. Perusahaan ini didirikan oleh Torakusu Yamaha.

Torakusu Yamaha

Pada masa perang dunia II, perusahaan ini ikut berperan dalam produksi pengadaan peralatan pesawat terbang dengan memproduksi baling-baling pesawat untuk armada angkatan laut jepang. Setelah perang dunia II selesai, pabrik piano dan peralatan pesawat terbang mengalami banyak kerusakan dan beberapa diantaranya hancur akibat perang tersebut.

Dari pengalamannya dalam rekayasa logam untuk pembuatan piano dan pengecoran material logam peralatan pesawat, maka perusahaan ini dapat membuat logam yang kuat kokoh dan ringan.

Pada awal tahun 50an, perusahaan Yamaha memutuskan untuk terjun ke bidang otomotif roda dua setelah Perusahaan ini dipimpin oleh Genichi Kawakami (Yamaha Motor’s first president). Yamaha Motor Co. Ltd didirikan pada tanggal 1 Juli 1955 dengan karyawan sebanyak 274 orang dengan kapasitas produksi sekitar 200 unit perbulan.

Genichi Kawakami

Pada produksi pertama Yamaha Motor Co.Ltd. terinspirasi oleh bentuk dan type sepeda motor DKW RT215 buatan Jerman. Sepeda motor ini memiliki spesifikasi single cylinder 2 stroke dengan kapasitas 125cc. Mari kita lihat bersama-sama!

DKW RT215

dan berikut ini adalah Yamaha YA-1, coba lihat kemiripan bentuknya! 😀

Selanjutnya pada tahun yang sama (1955) Yamaha YA-1 atau oleh para penggemarnya di jepang disebut sebagai “Atakumbo” atau red dragonfly memenangkan kejuaraan balap kelas 125 cc yaitu kejuaraan Mt. Fuji Ascent Race dan kejuaraan Asama race Highland. Seiring dengan popularitas di kejuaraan balap tersebut, selanjutnya pada tahun 1956 YA-1 ditingkatkan kapasitasnya menjadi 175cc. 😀

Nah… sekarang udah pada tahu kan! mbah nya RX-King, Scorpio, Vixion dan Byson. :mrgreen:

Sekian sejarah sepeda motor Yamaha kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama!

Iklan

14 pemikiran pada “Yamaha YA-1 1955, mbahnya sepeda motor Yamaha.

    • keren mas… tapi itu mesin pake model bulldog alias pnp di frame sepeda. dijual sepaket berikut rantai. knalpot dan gir. 😀
      sementara masih suka yang model mesin lawas atau mesin yang perlu memeras pikiran dalam membuatnya (ngirit mode) 😆

  1. Ping balik: MOTOGP: Puncaki Klasemen, Lorenzo Tak Jemawa | motogpnews.biz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s