Mobylette France (1949 – 1997)


Kembali belajar tentang sejarah otomotif dunia… 😀 Kali ini saya mengajak pembaca sekalian untuk melihat warisan otomotif dari negara Perancis. 😉 Perancis selain terkenal dengan kota mode (Paris) dan menara Eiffel nya, juga terkenal sebagai negara pemain sepak bola top seperti Zinedine Zidan, Thierry Henry, Karim Benzema, Samir Nasri, Frank Ribery (lho kok malah ngomongin bola!!) :mrgreen: kembali ke topik!! Perancis juga mencatat sejarah di dunia otomotif dengan produk sepeda bermesin dengan nama Velosolex dan Mobylette. Pada kesempatan ini saya akan sedikit mengupas produk sepeda mesin dengan nama Mobylette. The Mobylette adalah model moped sepeda mesin yang diproduksi oleh produsen Motobecane Perancis selama paruh kedua abad ke-20. The Mobylette diluncurkan pertamakali pada tahun 1949 dan diproduksi hingga tahun 1997  dengan jumlah produksi lebih dari 14 juta di seluruh dunia. Tahun 1970 merupakan puncaknya tahun produksi, rata-rata sekitar 750.000 unit per tahun. Karena kesuksesannya kata “Mobylette” telah menjadi semacam merek dagang dalam bahasa Prancis, yang mengacu pada bentuk moped secara umum. (hebat ya!!) Mobylette menggunakan mesin 2 stroke dengan kubikasi 49 cc, dan mampu mencapai kecepatan 40 mph.

mesin Mobylette (cakrawalainda2.wp.com)

Motobecane membuat sepeda mesin Mobylette dalam banyak varian, monggo kita lihat bersama  beberapa diantaranya 😀

Motobecane AV31

Motobecane AV31

Motobecane AV32

Motobecane AV32

Motobecane AV33

Motobecane AV33

Masih banyak type Mobylette sesuai dengan seri dan tahun pembuatannya. kalau masih kurang puas, monggo dilihat sendiri sumbernya disini 😉 Berikut bonus gambar Mobylette berwarna (soalnya dari tadi cuma hitam-putih saja)

Versi Berwarna 😉

Ditempat saya juga ada Mobylette, kalau tidak salah sama dengan versi gambar nomor 1 yaitu seri 1952 Motobécane AV31. Nggak percaya? monggo dilihat gambar berikut ini :mrgreen:

Frame Mobylette  dengan Front Fork ori upside down! 😆

Tapi cuma rangka doang! 😆 😆 Demikian sejarah singkat Mobylette, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. 😉

Iklan

9 pemikiran pada “Mobylette France (1949 – 1997)

  1. saya juga punya frame mobylette kaya gambar yang diatas, cuma minus fork, obsesi saya si pengen banget dipasangin mesin lagi, gak usah yang ori….kira2 mas bisa bantu gak?

    • yang paling sulit adalah memilih mesin yang cocok dan membuat engine mounting mas… sampeyan bisa lihat beberapa sepeda mesin yang ada di kategori My Blackcat dikanan atas. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s