Honda Dax saudaranya si Monkey


Akhirnya selesai juga 😀

Sesuai janji saya dulu saat menuliskan tentang Honda Monkey, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menyampaikan hasil pengumpulan data tentang varian saudara si monkey yaitu Honda Dax. 😉

Langsung saja tanpa basa-basi, melihat dari kesuksesan memproduksi Honda Monkey yang dapat diterima oleh pasar (konsumen), pada tahun 1968 Honda berinovasi  membuat dan mengembangkan sebuah prototype dari basis mesin Monkey dengan ukuran yang lebih besar serta mampu memuat dua orang penumpang (rider+boncenger). Kapasitas mesin diperbesar dari 50cc menjadi 70cc dengan 3 percepatan semi-automatic agar tenaga yang dihasilkan lebih besar. Penggunaan Rangka model  monokok membuatnya berbeda dengan monkey. Prototype ini sangat mirip dengan versi resmi yang dirilis pertama kali pada tahun 1969.

tulisane ra mudheng! 😆

Selain kapasitas mesin yang diperbesar, pada Dax atau yang disebut juga seri ST70Z menggunakan karburator dengan venturi lebih besar dan lubang inlet manifold memiliki sudut 90 derajat.

Produk ST70Z ini dipasarkan dalam dua model, yang pertama seperti gambar dibawah ini :

Model yang kedua seperti gambar dibawah ini :

Monggo dibandingkan sendiri perbedaannya 😀

Untuk pasar di Amerika serikat, Honda menjual ST70 ini dalam unit model yang kedua. Disana dipasarkan dengan kode CT70 K0 untuk penggunaan offroad. (*tanpa lampu sein)

Penggunaan diameter ban yang lebih besar dan pemakaian pelindung busi menjadikan CT70 sedikit berbeda dengan ST70 (walau sebenarnya dari basis yang sama)

Kemudian pada akhir tahun 1969 dan awal tahun 1970 Honda melakukan inovasi pada Dax dengan menambah satu gigi transmisi lagi sehingga berubah menjadi 4 Speed Semi-Automatic. Pada type ini diberi kode CT70HK0

Pada type CT70HK0 ini engine guard yang lebih besar telah disematkan untuk perlindungan lebih saat dibawa ke medan offroad.

Cerita berlanjut, selain menjual Dax di pasar Amerika, pada tahun 1970 Honda juga memasarkan Dax ini ke negara-negara Eropa. Khusus di Eropa Dax dipasarkan dengan dua pilihan kapasitas mesin. yaitu 50cc yang diberi kode sebagai ST50 dan 70cc atau ST70.

Selain unit yang dipasarkan secara umum di eropa, Honda juga sempat memproduksi dengan versi terbatas alias limited Dax ST70 yang dikenal dengan sebutan “Lady Dax”

“Lady Dax” ini hadir dengan balutan warna putih dan kulit jok yang berbeda dengan varian biasa, ditambah lagi dengan adanya sticker bunga pada rangka atasnya. Pada saat sekarang varian ini merupakan barang yang sangat langka!

(kalo sekarang warna putih kembali trend di motor dan mobil baru… tahunya dulu dibuat untuk wanita) :mrgreen: 😆

Pada Tahun 1972 Honda berhenti memproduksi dan menjual Dax Type pertama dan fokus pada pengembangan Type kedua yang menggunakan knalpot model screambler. Pada tahun itu juga Honda membuat Dax berkapasitas lebih besar lagi yang disebut ST90 atau CT90 yang hanya dipasarkan di Amerika. Model CT90 ini sangat populer dengan sebutan “Mighty Dax” 😆

Mighty Dax ini selain menggunakan mesin yang berat dan besar, juga telah menggunakan roda berukuran 14inch.

Dan sayangnya produksi ST90 atau CT90 ini hanya berlangsung 3 tahun

Semetara itu Honda sampai menjelang tahun 2000 masih memproduksi Dax ST/CT 70 dan dijual secara terbatas.

demikian sedikit cerita tentang Honda Dax… berhubung mata sudah berasa berat. saya selaku penunggu warung ini mengucapkan terimakasih atas perhatiannya….

semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. 😉

Bonus Dax modif :

Iklan

22 tanggapan untuk “Honda Dax saudaranya si Monkey”

  1. thanks atas info sharing nya mas bro…..
    tolong di beri masukan kl punya sy masuk type keduanya (DAX Orange n Gold tahun 1969) atau gmn mas… hehehehe….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.