Kalau ini masih pantaskah disebut sepeda mesin?


Sebelumnya saya mohon maaf jika ada komentar-komentar yang ditujukan kepada saya dan belum sempat saya balas. Semua karena keterbatasan saya sebagai manusia biasa yang banyak kekurangan dan kesalahan.

Buka-buka catatan lama, ada sebuah artikel menarik yang ingin saya posting kali ini. Sebuah tulisan tentang salah satu sejarah singkat kendaraan roda dua yang unik, antik dan bahkan canggih pada masanya (bahkan kalau ada di sekitar kita saat ini pasti kita bisa bengong melihatnya!) :mrgreen:

Langsung saja kita menuju negeri Paman Sam. 😀

di iklan tanpa dikasih fitur getar 😆 😈

Sebuah sepeda motor dengan nama Pierce, merupakan sepeda motor buatan Amerika pertama yang mengusung mesin 4 Cylinder. Kendaraan ini dibuat oleh pabrik Pierce Cycle Company di Buffalo New York pada Tahun 1911. Perusahaan ini dipimpin oleh Percy Pierce, putra tunggal George Pierce pemilik Pierce-Arrow Motor Car Company.

Kendaraan ini sebenarnya terinspirasi oleh sepeda motor sejenis buatan pabrik FN di Belgia dimana Percy Pierce membawa satu unit ke Amerika pada tahun 1908.

mesin FN Belgia

Meskipun terisnpirasi dari Sepeda motor buatan FN Belgia, Pierce membuat desain yang berbeda khususnya pada sektor mesin dengan perubahan pada katup mekanik dengan menggunakan konvigurasi side valve yang disebutnya sebagai  T-Head.

ini yang disebut T-Head

Mesin Pierce Arrow

Gambar diatas menunjukkan 1 karburator menyuplai 4 cylinder, hmm… salome nih! :mrgreen:

cylinder yang paling depan dapet jatah BBM paling sedikit! 😆

Menurut klaim pabriknya, Pierce ini sangat minim getaran sehingga dijamin memberikan kenyamanan berkendara bagi penunggangnya! Mantap! 😀

Selain mesin yang berjumlah 4 cylinder, keunikan Pierce ini adalah pemanfaatan Rangka dari Tabung baja diameter 3,5 inchi yang digunakan sebagai tangki BBM (kalau sekarang dipake Minerva Madass 😀 ) dan penggerak roda belakang menggunakan gardan!

Model awal Pierce dibuat tanpa menggunakan persneling, setelah Tahun 1910 produksinya dikembangkan dengan menerapkan gearbox 2 speed.

Karena kualitas produksi yang tinggi dan keunggulan perkembangan mesin, Pierce banyak memenangi perlombaan pada masa itu.

Selanjutnya pabrik ini juga bernasib sama dengan pabrik yang lain pada waktu itu, karena biaya produksi yang terus meningkat dan terjadinya perubahan kebijakan pada Perusahaan yang lebih konsentrasi pada pembuatan mobil mewah, maka saat resesi ekonomi dunia waktu itu mengakibatkan perusahaan ini berhenti berproduksi. 😥

Demikian sekilas sejarah sepeda motor 4 Cylinder Pierce 688 cc SV (Side Valve) 1911. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama 😉

Hanya satu kata… KEREN! 😯

Iklan

8 pemikiran pada “Kalau ini masih pantaskah disebut sepeda mesin?

  1. Kembali keselara asal pak? Sip lah. Memang inilah cirikhas Blog Kucing Ireng, ngulas sepeda motor yang bener2 ‘sepeda motor’.

  2. Ping balik: FN 500cc 4 Silinder, termasuk cikal bakal moge nih! | Black Cat's blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s