WHIZZER….. Bagian 1


Perasaan sudah lama sekali saya tidak mengajak belajar tentang sejarah alat transportasi roda dua… bahkan ada rekan blogger yang bilang bahwa blog ini sudah kehilangan ciri khas-nya.. (makasih atas perhatiannya mas bro!) :mrgreen:

Oke, sebagai pembuka sejarah motor lawas… kali ini saya mengajak mas bro sekalian untuk melihat sebuah cipta karya kendaraan roda dua yang cukup fenomenal dan benar-benar dapat memenuhi kebutuhan akan kendaraan yang simpel, ringan dan terjangkau bagi sebagaian besar masyarakat pada waktu itu. Kendaraan ini dikenal dengan nama “WHIZZER” 😉

THE WHIZZER MOTOR COMPANY

Sepeda bermesin Whizzer pertama kali di buat oleh pabrik the Breene-Taylor Engineering Corporation Los Angeles yang memproduksi komponen pesawat terbang. Pada awalnya Whizzer memperkenalkan produknya yang pertama dengan menggunakan mesin 150cc 4T SV generasi pertama yang disebut type “D”.

Type "D"

Tuas di sisi kiri tangki adalah kopling. Kopling ini terhubung melalui kabel ke mekanisme roller. Mendorong kopling ke depan membuat sepeda berjalan. Menurut Leon Dixon, kurator Arsip Sejarah Sepeda Nasional Amerika, nomor seri mesin ini adalah D003. Dengan demikian, gambar diatas mungkin menjadi Whizzer generasi pertama yang masih tersisa.

Tidak berapa lama setelah diproduksi, mesin Model “D” ini segera dikembangkan menjadi mesin generasi kedua yang dikenal dengan nama type “E” (urut abjad nih!) 😆

Type "E"

Upgrade bentuk  pengaturan drive dan kopling.

Menjelang meletusnya Perang Dunia II, Divisi Whizzer motor dibeli oleh Martin Goldman, seorang pengacara untuk perusahaan Breene-Taylor, dan Dietrich Kohlsaat sebagai penyandang dana. 😀

Perusahaan Breene-Taylor dengan Whizzer Motor Company yang baru ini merekrut seorang insinyur bernama Henry Schuricht. Dia adalah orang yang bertanggung jawab untuk desain dari generasi mesin selanjutnya.

masa ini diproduksilah generasi baru Whizzer yang dikenal dengan type “F”

Type "F"

 “F” Model diproduksi selama Perang Dunia II sekitar Tahun 1942. Terdapat sekitar 4250 unit diproduksi, tapi mungkin tidak semua yang terjual. Mesin dirubah gerakannya berbalik berlawanan arah jarum jam, dan drive belt sebagai penerus daya ke roda belakang mulai digunakan. Mesin ini dikembangkan menjadi  2 1/2 tenaga kuda.

Komponen/parts untuk Whizzer dibuat oleh beberapa sub kontraktor. Komponen mesin generasi awal, “D”, “E”, dan “F”, dibuat oleh “”Diamond Tool Company” dan “Pacific Airmax”.

Pada tahun 1945 perusahaan ini pindah ke Pontiac, Michigan  untuk mengambil keuntungan dari adanya wilayah industri manufaktur alat berat guna meningkatkan kemampuan produksi di wilayah yang tumbuh selama perang dunia berlangsung. Salah satu produsen utama komponen Whizzer pasca perang adalah the Wilson Foundry of Pontiac, yang memproduksi silinder, dan mesin kendaraan/mobil “Jeep” selama Perang Dunia II. Selain perusahaan ini, ada juga perusahaan Bohn Aluminum and Brass yang membuat sebagian besar crankcase dan piston.

(bersambung…) :mrgreen:

Demikian sekilas sejarah WHIZZER, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama! 😉

Iklan

13 tanggapan untuk “WHIZZER….. Bagian 1”

      1. mana axl rose?? mana-mana? ngefans nih hihihihi… waduh, bedil karo mawar plus metallica menag jOZZZZ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.