Montgomery 350cc 1 cyl ohv (1923)


Suasana sepi dan hujan… sambil denger lagu Iwan Fals ditemani secangkir kopi…. :mrgreen:

Sambil dengerin lagu, mulai lagi sejarah otomotif roda dua yang memberi warna budaya manusia saat ini. Kali ini masih dari negeri Paman Sam juga, saya mengajak untuk melihat sebuah sepeda motor dengan nama Montgomery.

Menjelang meletusnya Perang Dunia pertama, William Montgomery merancang dan membuat sepeda motor dengan menggunakan mesin buatannya sendiri di Bury St. Edmunds. Selanjutnya Dia pindah ke Coventry di mana ia juga mulai memproduksi sidecars.

Sebelum perang tersebut, Montgomery menghasilkan model dengan mesin mereka sendiri yang menggunakan katup flat kembar dan berkapasitas 708 cc dilengkapi dengan hub gear bermerk Sturmey Archer. Produksi sepeda motor dan sidecars tersebut terhenti selama peperangan berlangsung. ๐Ÿ˜ฆ

Setelah perang usai, pada awal tahun dua puluhan, putranya Jack kembali memproduksi sepeda motor. Dan perlu diketahui juga bahwa frame untuk model awal Brough Superior dibuat di Pabrik Montgomery.

Beberapa tahun kemudian dibuatlah sepeda motor menggunakan berbagai jenis mesin, pada tahun 1924 tiga model yang ditawarkan, dengan mesin 147 cc Villiers two stroke, 349 cc OHV Bradshaw dan 600cc JAP Side Valve.

Granville Bradshaw merancang beberapa mesin yang menggunakan pendingin oli, yang pertama adalah mesin 500 cc OHV flat twin yang digunakan oleh Zenith pada tahun 1920. Pada tahun 1921 dibuatlah mesin 350 cc OHV tunggal dan 1000 cc V-twin.

Bradshaw engine

Montgomery menggunakan mesin Bradshaw dari tahun 1924 sampai 1927. Mesin longstroke Bradshaw ini memiliki dimensi bore dan stroke 68×96 mm serta pelumasan mekanik. ๐Ÿ˜‰

Fly Wheel nya guede ya! nyenggol kaki alamat masuk RS nih! ๐Ÿ˜ฏ

nih kalau dari depan! ๐Ÿ˜€

Demikian sejarah singkat Montgomery dengan salah satu produknya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama ๐Ÿ˜‰

Iklan

7 pemikiran pada “Montgomery 350cc 1 cyl ohv (1923)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s