Ribetnya perekaman data E-KTP


Pelaksanaan pengambilan data wajib E-KTP yang hari ini mulai dilaksanakan di kantor saya ternyata cukup ribet! πŸ‘Ώ

Dimulai dari molornya jadwal pelaksanaan karena dropping alat dari Pusat yang terlambat dan pelatihan tenaga operator yang terkesan seadanya membuat proses pengambilan data menjadi lama.

Secara Umum proses perekaman data untuk E-KTP meliputi :

1. Pengambilan Foto

Untuk proses ini secara umum tidak ada kendala dalam pengambilan gambar,Β  hanya saja Kamera Canon EOS 1100D ini tidak dilengkapi adaptor bateray sehingga masa kerjanya terbatas (tidak bisa dipakai terus menerus dan harus charge ulang setelah 4jam)

2. Tanda tangan

Proses ini cukup lancar karena alat tidak memerlukan sumber daya listrik secara langsung (listrik lewat USB desktop)

3. Sidik Jari

Ini salah satu proses tersulit, jika wajib E-KTP memiliki kulit jari tangan yang halus, basah/berkeringat ataupun bekas luka yang belum sembuh harus melakukan pengambilan data secara berulang-ulang. 😦

4. Iris mata/retina

Proses terakhir ini juga cukup memakan waktu, karena selain mata yang diambil iris retinanya harus melotot juga posisi alat harus tepat. Jika wajib E-KTP masih berusia muda-dewasa masih cukup mudah. Tetapi jika ketemu manula yang melotot saja susah…. hwaduuuhhh, harus super sabarrrr!!! :mrgreen:

Dari data wajib E-KTP di wilayah kerja saya sejumlah 30.957 orang… kalau jadwalnya benar harus selesai pada bulan Desember 2011 saya yakin gak akan terpenuhi jumlah tersebut!

Akhirnya saya dengan rekan-rekan petugas operator di daerah hanya bisa berusaha secara maksimal, peran serta aktif warga masyarakat juga sangat penting agar program ini berjalan dengan lancar. (urusan pengadaan peralatan di Pusat yang carut-marut bukan urusan kami) πŸ˜‰

Demikian sekilas info, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama.

Iklan

83 tanggapan untuk “Ribetnya perekaman data E-KTP”

  1. masih belum mudeng e-ktp ini wajib punya semua, ato cuma buat yg lg mo bikin ktp awal harus model begini?? ato pengguna KTP lama harus upgrade ke model ini??

    1. wajib bagi semua warga negara indonesia mas! untuk tahun 2011 ini baru sebagian dari kabupaten/kota di indonesia yang melaksanakannya. untuk tahun 2012 baru sisanya. (yang belum dilaksanakan di 2011)
      harapannya di tahun 2014 semua WNI sudah memilikinya. πŸ˜€

  2. perangkatnya sama kaya di jakarta *saya di ps minggu cuma tripot ngga dimeja yg duduk aja yg menyesuaikan…
    dan untuk sabtu minggu bisa..untuk mengakomodir penduduk yg banyak dan kerja senin – jumat.

    1. prosesnya memang kelihatan tidak ribet, tapi ketika ikut menangani pelaksanaannya saya merasa ribet!!! mulai dari distribusi undangan dan nomer NIK yang tidak sesuai, jadwal waktu pelaksanaan yang tidak sesuai rencana, dan pengoperasian alat yang menemui banyak kendala. πŸ˜€

  3. waduh Saya punya 3 KTP sekarang ini,, Jadi bingung milih Yanng Mana yaa.. Jambi /Sumbar atau Solo yaa..

    Bikinya seperti bikin KTP lama ya Pak..?? Maksudnya musti ke kantor kecamatan tempat tinggal kita gitu.. πŸ˜€ πŸ˜€

  4. serem ya, matanya di-iris :mrgreen:
    ===================================
    kalo instal perangkat e-ktp harus upgrade daya listrik yak!?
    kok menurutku listriknya ga gede-gede banget tuh πŸ™‚

    1. sebenarnya tujuan meningkatkan daya listrik agar saat operasi tidak terkendala. setiap kecamatan mendapatkan 2 desktop dan 1 server berikut UPS.

    1. kalau repot mending ikutan yang reguler aja mbak (bukan massal), bedanya kalau massal gratis tapi kalau reguler besok kena biaya form E-KTP nya :mrgreen:

  5. masbro mau tanya
    KTP lama saya itu namanya tidak sesuai dengan AKTA KELAHAHIRAN , nah sekalian ada kesempatan e-ktp ini apakah bisa dirubah sesuai dgn di akta kelahiran itu ? paling butuh copy dari akta saja toh ?

    1. bisa mas, tapi sampeyan harus bawa akte+foto copy akte dan mengisi form surat pernyataan bermaterai yang diberi oleh petugas pada saat perekaman data πŸ˜€

  6. adine kameraku 1000 πŸ˜€ , ckckck pemerintah sugih tenan. kok ra ditukokke batre 3rd party wae @90ewu ben iso gonta ganti batre. kalo pengalamanku, foto tanpa flash bisa ambil > 400 jepret :D.

  7. bikin ktp biasa saja sudah “ribet”.
    jelas di depan kantor tertulis “GRATIS”.
    tapi kenapa mesti bayar klo mau ambil hasilnya?

    harusnya di tulis ” BUAT KTP GRATIS. BAYAR KALAU SUDAH JADI”

  8. Gan, nanya ya? Kalo data ketuker sama adik gw, gimana cara ngebenerinnya. Soalnya waktu bikin E katepe, adik gw dipanggil duluan sedangkan gw nomer urutnya sebelum adik gw (mungkin sih mbak waktu itu salah panggil)…..lah terus KTP gw isi dalemnya ya data adik gw, tulungin dong solusinya. Siapa aja yg pernah ngalamin keq kita. Terimakasih sebelumnya.

    1. lapor aja ke petugas operator atau ke Koordinator Kecamatan (biasanya staf dari kantor Dinas kependudukan dan catatan sipil), nanti data akan di edit oleh petugas tersebut. demikian mas, mudah-mudahan bisa membantu. πŸ˜€

  9. kalo punya e-KTP, tiap pindah domisili apakah harus membuat KTP lagi? ato berlaku nasional..? soalnya saya tiap 4-5 tahun sekali dimutasi, pindah kantor (biasanya antar pulau) Capek kalo tiap pindah harus ngurus KTP lokal.. sucks!

    1. Berdasarkan UU Kependudukan, E-KTP berlaku Nasional untuk 5 tahun (selanjutnya diperbaharui kembali)
      Setiap warga negara hanya memiliki satu Nomer Induk Kependudukan (NIK) dan berlaku di seluruh Indonesia. Selama mas bro tidak memerlukan adanya perubahan data kependudukan (ex. pekerjaan, status pernikahan, alamat rumah, golongan darah dsb. yang tercantum di E-KTP) maka tidak perlu membuat E-KTP baru. πŸ˜€

  10. waktu bikin ektp kmrn tahun kelahiran sy salah.krn dah di entry sm petugasnya ktnya dicoba entry ulang ditolak.gimana cara benerinnya tuch……..operatornya gak ngerti cara benerinnya…..

    1. kalau data sudah terlanjur terkirim satu-satunya jalan melapor ke Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil terdekat, mereka punya wewenang merubah data dengan melampiri bukti kelahiran (FC akta kelahiran/ijazah)

  11. Gan, klo dah dpt panggilan di alamat yg lama (rumah Ortu), smtra skrg dah pindah di rmh sendri, mending bikin dulu di almt lama trus baru urus kepindahan almt, or sebaliknya. tlg adv yg gan, thanks

    1. kalau semua data-data pribadi penting masih pake alamat lama mendingan bikin di tempat yang lama mas, nanti kalau sudah beres baru proses pindah dengan memecah KK (kartu keluarga) dengan alamat baru. Dan pembuatan e-ktp bisa ikut yang reguler (bukan massal).

      1. brarti bikin e-ktpnya kudu 2x ya gan. klo yg reguler mulai kapan n bayar “resminya” sekitar brp?.
        Maap yah kebanyakan nanya. Makasi bgt dah di reply.

      2. kalau data alamat nggak buru-buru dipakai atau digunakan untuk urusan yang penting, mending demikian aja mas. Karena proyek ini rencananya sampai akhir desember 2011. Kabar terakhir untuk e-ktp reguler biayanya di kisaran Rp.30.000,00 πŸ˜€

  12. waktu foto e-ktp kemaren saya belum merubah status sudah kawin, data sudah terekam bagaimana solusinya ??,, apa menunggu jadi e-ktpnya dulu baru dirubah statusnya, trimakasih sebelumnya,..

    1. coba hubungi operator di kantor disdukcapil terdekat mas, kalau bisa dirubah minta aja dirubah. seandainya tidak bisa dirubah solusinya nunggu e-ktp jadi dan dirubah saat pembuatan KTP secara reguler besok! πŸ˜€

    1. :mrgreen:
      menurut saya seperti ini mas, data base kependudukan e-ktp bersifat nasional. sementara data base SIM masih lokal Polda. itulah kenapa pembuatan SIM masih memakai syarat ktp domisili setempat. semoga segera terwujud data base yang terintegrasi dari setiap instansi di negara kita. πŸ˜‰

  13. di undangan ektp saya statusnya blum kawin, dan masih jadi satu di KK ortu saya, padahal sy sudah punya KK sendiri. apakah pada saat pembuatan ektp nanti, sesuai undangan (biar gratis) bisa langsung dirubah status kawin nya? syaratnya apa?

  14. mas, klu pas pembuatan e-ktp nama sya tu slh tpi kta petugas nama harus sama sperti kk. sdangkan nama di KK itu g sama kaya akte dan ijazah. gmn tuh menurut mas ? mohon bntuannya y ?? kalau misal saya mau ganti nama itu setelah e-ktp jadi gpp ? mksdnya g secepatnya gitu.

    1. wew…. seharusnya saat pengambilan data itu (proses e-ktp) petugas bisa/berwenang membenarkan/edit data dengan dilampiri bukti-bukti yang jelas (akta/ijazah). kalau sudah terlanjur sebaiknya mbak segera merubah KK terlebih dahulu dengan mendatangi Kantor Disdukcapil terdekat dengan membawa bukti-bukti diatas. kalau KK sudah benar, baru besok saat pembuatan E-Ktp reguler baru diperbaiki. semoga dapat membantu πŸ˜‰

  15. Sipp…..!!!!
    Selamat bertugas mas, semoga lancar dan tak ada lagi KTP ganda
    Pelaksanaan e-KTP di tempat saya juga cukup bagus namun antrinya lumayan lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa :-((

  16. Mas, mohon bantuan informasinya ya.
    Saya domisili di Kota Bekasi, baru 1 bulan. Rencananya saya menetap di Bekasi dan cari kerja di sini atau Jakarta. Kemarin dapet undangan pembuatan e-ktp di Kota Bandung (sesuai ktp lama). Sebaiknya saya buat e-ktp di Bandung baru bikin surat pindah atau bikin surat pindah dulu baru bikin e-ktp di bekasi?
    Terimakasih ya mas.

    1. didaerah asal sudah dapat undangan pengambilan data e-ktp belum? kalau belum nanti buatnya di daerah asal dulu. tapi kalau sudah sebaiknya melalui prosedur pindah penduduk melalui RT/RW-Kelurahan-Kecamatan-Kantor Dukcapil setempat. Dan nanti pembuatan e-ktp mengikuti yang reguler (bayar):D

  17. Mas, saya br saja melakukan penyerapan/perekaman data e-KTP siang tadi, dan telah berhasil/saved..

    Namun, stlh sampai di rumah, saya baru sadar, bhwa td di Kelurahan saya mengisikan No. RW yg lama, bukan yg baru.. Sedangkan skrg, No. RW rmh saya telah diubah (dr RW:16 menjadi RW:37)..

    Pertanyaannya, apakah saya msh bisa merubah/memperbaiki data e-KTP yg telah saya serat/rekam tadi siang??

    Klo bisa, apa saja yg perlu saya persiapkan??

    Mohon pencerahannya, ya, Mas.. πŸ™‚
    Terima kasih..

    1. coba saja kembali ke kecamatan bilang sama operatornya mas, kalau gak bisa berarti perubahan datanya dilakukan besok saat pelaksanaan e-ktp secara reguler. (buat baru(

      1. kalau dulu sih kabarnya buat ganti formulir kena 30ribu… sekarang pastinya gak ngerti mas, soale sudah gak lagi ngurusin e-ktp πŸ˜€

  18. kuwi mbak e status e opo? kok rodo nganu.. πŸ™„

    oiya pak, data mata, sidik jari dll iku kesimpen di server pusat tok atau ditanem di chip e-ktp? πŸ˜†

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.