Mengapa saya begitu tertarik dengan Yamaha RS 100???


Tulisan kali ini saya sedikit bercerita tentang kenangan masa kecil saya, masa-masa dimana keseharian keluarga saya ditemani dengan Yamaha RS 100. πŸ˜€

Tahun 1977 (saya belum lahir), bapak menikah dengan ibu… waktu itu oleh kakek dibelikan sepeda motor Yamaha RS 100 seharga 120.000 rupiah :mrgreen:

ilustrasi dari bikez.com

Spesifikasi :

  • Engine type:2-stroke air-cooled 100cc engine
  • Displacement: 100.3Β cc
  • Bore x Stroke: 46.4 x 59.9Β mm
  • Compression Ratio: 9,3:1
  • Max Power: 9.3 PS @ 6,000 rpm (carburetor type)
  • Max Torque: 1.03 kgf.m @ 4,000 rpm (carburetor type)
  • Max speed: 105Β km/h
  • Transmission: 4-speed
  • Clutch: Wet multi-plate centrifugal
  • Starter: Kick starter
  • Frame Type: Underbone steel tube
  • Suspension (F): Telescopic
  • Suspension (R): Swingarm
  • Brake (F): Mechanically actuated drum
  • Brake (R): Leading trailing drum
  • Fuel tank capacity: 5.4 L

Selanjutnya RS 100 tersebut menjadi sarana transportasi utama keluarga kami, menemani bapak saat saya masih dalam kandungan ibu, mengantar ibu melahirkan saya ke bidan, mengantar saya ke sekolah, ke dokter danΒ  banyak hal yang dilakukan keluarga kami bersama RS 100 tersebut. Saya teringat, dimana saya masih sekitar usia 5 tahun bermain didekat RS 100 sepulang bapak kerja… namanya juga anak-anak. nggak tahu kalau knalpot itu panas, alhasil sampai sekarang dengkul saya masih ada bekas kena knalpot Yamaha RS 100 tersebut :mrgreen:

Cerita berlanjut…. saya mulai remaja. Yamaha RS tersebut masih setia menemani keluarga kami. Walaupun saat itu di keluarga kami ada anggota baru, Astrea Prima yang dibeli tahun 1989 seharga 2,5 juta πŸ˜€

Sekitar tahun 1993-1994, bertambah lagi satu anggota baru yaitu Astrea Star yang dibeli di Naga Mas motor Klaten seharga 4,3 juta. Mulailah RS 100 tersebut jarang dipakai. Dan akhirnya ada Paman (adik bapak) yang diterima kerja menjadi PNS, sebagai pegawai baru waktu itu dia membutuhkan sarana transportasi ke tempat kerja. Akhirnya dipinjam dipakai lah Yamaha RS 100 tersebut oleh paman. Baru setahun dipakai paman, tiba-tiba RS 100 tersebut sudah berubah warna cat menjadi Hitam (aslinya merah) 😦

Dan sedihnya lagi, tidak begitu lama Rs 100 tersebut dijual oleh paman dan ditukar dengan VespaΒ  πŸ‘Ώ

Bapak saya saat itu sedikit kecewa, tapi berusaha mengikhlaskannya. Beberapa kali saya mencoba melacak keberadaan motor tersebut, tapi seakan hilang tak berbekas 😦

Puluhan tahun berlalu, dalam rangka mewujudkan rasa syukur nikmat atas karunia Nya, maka saya berkeinginan mencari Yamaha RS 100 bekas yang mirip dengan punya Bapak dulu, dan alhamdulillah… tidak perlu jauh-jauh untuk berburu yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Saat blusukan ke dusun didekat tempat kerja saya, akhirnya saya menemukan sosok yang tepat sebagai pengganti RS 100 bapak dulu. setelah deal maka segera saya boyong kerumah, Dan berikut ini anggota baru kami :

Secara umum kondisi RS 100 pada gambar diatas 85 % masih orisinil. Rencana saya berikutnya pelan-pelan RS 100 ini akan saya restorasi πŸ˜€
Parts yang mendesak untuk diganti adalah  kampas kopling, kampas rem serta gir dan rantai yang katanya belum pernah diganti 😯

Nanti setelah beres akan saya buat kejutan untuk bapak, biar mengenang masa-masa muda beliau bersama ibu treng..teng-teng-teng!!!Β  πŸ˜‰

Demikian curhat saya kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama.

Iklan

123 thoughts on “Mengapa saya begitu tertarik dengan Yamaha RS 100???

  1. speedo meter e iseh wutuh 😯

    2 tak tak pernah bohong! , 100 CC lari minimal bisa menyamai CC nya

    kalau 4tak? lari menyamai CC ❓ *harus dengan spec jempolan πŸ˜€

    1. iya mas…. spionnya aja masih bawaan motor πŸ˜€
      memang 2T motor unik! minim komponen tapi daya yang dihasilkan maksimal! πŸ˜‰

      1. justru karena minim komponen, jd mesin bisa bergasing maksimal, klo 4 tak kebanyakan part tuh :mrgreen:

        jd pengen 2 takk, aduuh, sempat merasakan sensasi 2 tak waktu kmaren pas nyobain RC100 Tornado GX

  2. apik apik apik
    jaman gumiyen RS koyo ngono sak keluarga muat kabeh pak, bapak-ibu, kakak perempuan, kakak laki-laki dan aku

  3. Like this bro.. hehehe..
    Pengen juga ngasih kejutan ke babeh.. Beliin motor dia yang dulu.. Tapi masalahnya dulu babeh pakenya BMW R25.. Kagak nyampe tabungan gw nebusnya.. Lebih mahal dari Ninin 250 harganya sekarang.. :sedih

    1. wow… 😯
      yakin aja mas… jika masih ada niat dan kesempatan berbakti kepada orang tua suatu saat pasti akan terkabulkan! πŸ˜€

  4. wah…keren keren..
    almarhum bapak saya dulu pecinta Honda…tapi yg paling saya inget astrea grand stripping ijo…sebelomnya, lupa 😦 pernah di satu foto..saya sama bapak naik Vespa..tapi kata ibu, gak pernah punya Vespa…

  5. ngangkat brp mas? tlng di posting progress restorasinya mas…. jadi inget yamaha V80 CDI bpk saya….

  6. ➑ M.A.N.T.A.B.H Bro… Semakin kagums aja dengan Bapak yangs atu ini… Ooya kemarin dah ketemu pak Lurah Pendowoharjo, tak ceritain kalau saya juga kenal sampeyan… wahahah malah gayeng crito mrono-mrene… :mrgreen: Siiippp…

  7. roda dpn kasih cakram, trus ganti ban yg lumayan besar krn tenaga 9,3 hp utk motor 100 cc lumayan gede..hehehe..mantap mas…klasik2 antik oi..hehehe

  8. mugo2 bapakke njenengan ora moco blog iki, lha mengko kurang surprise.

    hasil njajah deso milang kori memang bermanfaat.

  9. kok ada keterangannya carburetor type Bro? Apa jaman dulu dah ada yang versi injection? Ni motor emang keren, kebayang deh zaman dulu orang liat nih motor baru keluar, kaya kita liat TZM kali ye..btw, lkondisinya masih yahud ya, lengkap..selamat!

  10. pengin jg beli RX100 – Biru / CG125 – Item
    montor alm bapak saya dulu πŸ˜₯ trus mboncengin ibuk ke kantor :mrgreen:

  11. very nice article mas πŸ™‚
    btw, motor iku yo ngelingke masa kecil aku mas, senajan aku kelahiran ’88 tapi pas cilikanku motor koyo ngono akeh nenggon sekitar kampungku, bring back memories lah pokoke πŸ˜€
    mumpung aku isih kuliah semester ahir di jogja, nek kiro2 golek motor iki ng jogja nandi yo mas? kisaran regane piro mas? hehe
    kepingin rs-e gon mase iku,isih apik kondisine.hehehe

    1. sparepart masih ada kok mas…. di jogja kampas kopling, seher ring +stang seher dan beberapa komponen lain masih tersedia. tapi kalau parts macam slebor depan dan lampu sein harus sabar berburu via forum2 jual beli barang lawas πŸ˜€

  12. Wah, jadi pengin juga nih stlh liat RS nya. Kisahnya mirip dgn RS 100 merah punya bapak saya. Kebetulan tipenya RS 100 super 1975 (+ disc brake & tachometer). Selalu setia mengantar kesana-kemari tanpa mogok, sampai akhirnya dijual di tahun 1998 untuk DP beli Kawasaki Kaze. Weeeh…sedih juga kalo inget RS ku…

  13. sama mas saya juga punya yamaha rs 100 yg masih setia menemaniku tapi sayang onderdilnya dan bodynya udah ak rombak jadi rx king biar ga kuno gt hehehehe…..rs 100 saya taon 1977 mas salam kenal

  14. oya mas sekalian aq blh tanya klw persamaan kain kopleng rs100 ma apa ya?
    trus kain koplengxa terdiri brapa lapisan ya?

  15. aku juga punya kenangan yg sama,
    samp dh di jual trus aku kejar terus sampe ketemu lagi di daerah bantul

  16. mas bro ngomong-ngomong masalah rs 100 saya juga punya nih..malah tak modif king jd tambah mantep walau tak sekenceng king larinya…hehe

  17. Selamat malam anak anak dan cucu cucu, penggemar RS 100, saya juga punya motor ini, harga waktu membeli Rp. 285.000,00 – Faktur, bukti pungutan MPO, BPKB, STNK, komplit, Pajak terkahir th. 2012 sebesar Rp. 16.500,00 …..

    1. mas bro…
      Ane jg punya yamaha rs 100 super…
      Udah repaint yahud…
      Tp knalpot yg penyok2…
      Kalo blh tau beli knalpot nya dmn ya?
      Klo ada yg tau boleh dihubungi disini
      083865130717

  18. mas bro…
    Ane jg punya yamaha rs 100 super…
    Udah repaint yahud…
    Tp knalpot yg penyok2…
    Kalo blh tau beli knalpot nya dmn ya?
    Klo ada yg tau boleh dihubungi disini
    083865130717

  19. misi gan, ane ada motor Yamaha RS 100 rencana ane mau jual 4,5jt nego
    mesinnya masih bagus belum penah di otak-atik gan, stnk dan bpkb ada gan (lengkap semua)
    kondisi motor ori semua gan
    pajak hidup
    plat AA magelang gan, sekarang motor ada di jogja kota gan, ane jual karena buat modal beli motor baru gan
    minat bisa hubungi ane langsung gan
    cp : 085743150852

    thank all

  20. partnya masih gampang dicari? kalo pun udah gak ada dikanibal sama part apa ya? kalo mau ganti CDI berapa ya mas? pasaran rs ga turun-turun ya mas, aku nyari yg dibawah 3jt hehehe

    1. parts di jogja masih ada kok mas, asal rajin hunting pasti ada. kalau ganti CDI bisa pake RX-King, pasang sekalian magnetnya, kalau biaya saya kurang tahu πŸ˜€

  21. saya mau nanyak ni , kalok di pontianak bengkel yg bisa perbaiki rs100 saya dmna ya , saya kebingungan ni , mau perbaiki motor saya

    1. wah, saya nggak tau mas bro… belum pernah juga ke kalimantan barat :mrgreen:
      coba saja kebengkel yang biasa menangani Yamaha RX-King atau mesin 2T lainnya.

  22. Saya juga lagi nyari Yamaha RS100 ini, dah nemu beberapa yang ditawarkan, tapi mahal-mahal semua 😦 pada buka harga 7jt ke atas semua.

  23. om…maaf mao nanya.kampas kopling ane abis.klo part substitusi buat kampas pake part apa ya.yg sma.apa rx king sama?
    ane dijakarta susah cari part klo bukan pake part laen.
    mohon jawabannya.ane tunggu om.
    thnks

  24. Ceritanya hampir sama bang tapi dulu saya masih kecil saya selalu naik di atas tengki rs 100 hijo pergi kemana aja,
    Tapi sekara motor tua mau saya bangun biar bisa jalan
    Mau tanya bang bentuk tuas kopling deket gear depan bentuknya gimana ?

  25. ada yang punya honda benly s110 ga
    aq pnya tp sayang rangkae da mleyok
    Jdi kurang enak naekane!!
    Log ad pm yo mas,posisi d singosari
    malang

  26. Di bengkel sebelah rumah ada liat suzuki 2 silinder duh nyesek liatnya,di tawar ngga mau di baikin juga ngga….hhhhh

  27. bang…yamaha RX 100 ini punya nya mas ini …kalau di pake….top speed bisa nyampe berapa ya mas…? misalkan di modif di jadikan street figter/scrambler gitu pake ban 17-17 yang agak lebaran dari aslinya apa masih kuat ya…?

    1. kalau kondisi mesin sehat dan normal bisa tembus 110 Kpj, kalau dimodif kaki2 lebih lebar dari aslinya saya rasa masih kuat. πŸ˜€

      1. Beda model, kalau mesin hampir mirip.. Beda di bentuk sirip pada blok silinder dan cover crankcase kanan kiri.

      2. oh ya 110kpj itu apa bang irawan sudah pernah mencoba nya di motor rs nya sendiri ini…??? kalau dulu baru nya sih saya percaya….tapi kalau sekarang motor yang usianya jauh lebih tua dari kita2 ini apa bener bang masih bisa lari segitu kenceng walau dalam kondisi mesin sehat..?? saya juga ada ancang-ancang nyari nih motor πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close