Motor Unik Killinger & Freund (Jerman)


Catatan lama yang sayang dibuang! 😀

Secara tidak sengaja saya menemukan sebuah artikel tentang sepeda motor unik dan menarik dari sisi desain dan tekhnis dari Jerman di era sebelum perang dunia ke II. Seperti yang kita ketahui, banyak penemuan-penemuan dan inovasi sepeda motor yang harus mati dini akibat meletusnya perang. Dan salah satunya adalah Sepeda motor “Killinger & Freund” ini.

Sedikit sejarah yang menceritakan tentang Sepeda motor ini seperti yang saya kutip dari wikipedia :

Sepeda motor ini dibuat oleh Killinger & Freund Motorcycle, yang didirikan sekitar tahun 1935 oleh lima orang insinyur dari Munich Jerman. Mereka terdorong untuk membuat, mengembangkan dan menyempurnakan sebuah Sepeda Motor yang terinspirasi dari Sepeda motor  merk Megola (masih produk jerman juga), Megola ini merupakan Sepeda motor dengan penggerak di roda depan seperti pada gambar dibawah ini :

dan berikut ini mesin Megola (keren!) 😀

Dari inspirasi Motor diatas maka kelima insinyur jerman ini melakukan penelitian dan riset selama 3 tahun untuk menciptakan sepeda motor yang jauh lebih sempurna. Dan ternyata hasil yang mereka peroleh jauh melampaui dari yang mereka harapkan. Mereka berhasil menciptakan sebuah prototype sepeda motor dengan kapasitas 600 cc type 2 stroke 3 cylinder dengan desain yang aerodinamis dan bobot yang jauh lebih ringan (135kg) dari motor 100 cc pada masa itu. hebat!

Dari sisi desain mereka berhasil menerapkan prinsip streamline pada ciptaan mereka, prinsip yang hampir belum pernah diciptakan untuk sebuah kendaraan bermotor pada waktu itu. Sedangkan dari sisi teknis mereka juga berhasil menggabungkan 3 cylinder dalam bentuk mesin yang kompak dan berbobot ringan (50kg) sebagai penggeraknya!

Melihat gambar diatas sungguh membuat saya kagum, dengan keterbatasan alat pada waktu itu mereka mampu menciptakan kendaraan yang bagi saya cukup canggih. Bisa dibayangkan pembuatan desain mungkin hanya berbekal lembaran kertas dibantu dengan penggaris siku dan bujur, kemudian membuat sketsa gambar dan desain mesin secara manual, dapat menghasilkan ciptaan seperti diatas. Bandingkan dengan saat ini,  para desainer menggunakan komputer grafis 3D untuk menciptakan sebuah konsep sepeda motor, waktu itu mereka dapat melakukannya secara manual! bahkan kalkulator aja belum ada :mrgreen:

Satu hal lagi yang bikin saya pusing membayangkannya, yaitu desain mesin. Mereka mampu menciptakan mesin 3 cylinder yang kompak dan ditanamkan pada roda depan tanpa mengganggu kinerja roda dan pengemudi!

berikut ini desain aslinya 😯

Dan ini sosok aslinya 😉

Saya membayangkan, betapa sulitnya mengendalikan sebuah motor dengan adanya beban di bagian roda depan. Tapi untuk kendaraan ini hal tersebut tidak berlaku. Bobot mesin yang “cuma” 50kg diklaim tidak menganggu pengendara dalam mengemudikan motor ini (katanya lho! 😀 ) yang pasti saya pribadi mengacungkan jempol untuk karya mereka. Salut!

Akhir cerita, sepeda motor ini tidak jadi di produksi massal karena meletusnya perang dunia ke II. Dan dari satu sumber diketahui bahwa, tentara Sekutu pimpinan Amerika serikat menemukan satu unit Sepeda motor ini pada musim semi tahun 1945 di sebuah instalasi militer jerman dan menjadikannya barang rampasan perang! tidak diketahui apakah unit tersebut merupakan Prototype asli ataukah salah satu sepeda motor Killinger & Freund yang sempat diproduksi.

Gayanya serdadu sekutu! 😈

Dan yang terakhir ada satu gambar yang sangat membuat saya sedih, nampak sebuah unit Killinger & Freund yang dibongkar/dipreteli komponennya. karena sumber tersebut tidak jelas kapan dan dimana lokasinya (menurut saya itu unit yang sama dengan hasil rampasan sekutu, lihat garis cat yang rusak pada spatbor depan), maka… nikmati saja gambar penyembelihan/penjagalan salah satu karya yang sangat langka bahkan mungkin satu-satunya di dunia! hiks!

Tega nian… hiks! 😥

*) dirangkum dari berbagai sumber

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. Tetap semangat dan jaga persatuan dan kesatuan 😀

Iklan

37 pemikiran pada “Motor Unik Killinger & Freund (Jerman)

  1. Insinyurnya gemblung.
    Apa tujuannya ya.mesin diroda gitu.he he he
    tp emang insinyur jaman itu gemblung2.
    Buktinya buat bikin land speed record yg cm 200kpj an.mesin pesawat yg 24.000cc dicangkokkan ke mobil

    • yup… sangat revolusioner! disaat yang lain sibuk dengan mesin konvensional mereka selangkah dengan mesin yang unik! 😀

  2. wah, mesti dibikin lagi nih motor..canggih.. coba kalo diproduksi banyak n diekspor ke indonesia, pasti banyak komunitasnya nih… vespa lambretta, ss, primavera bisa pada ngiri hihihi

    • betul mas bro! sasis menganut model monocoque 😀
      nggak cuma asap mas! mesin 3 cylinder 2T dengan muffler tanpa silencer bisa dibayangkan suaranya… seperti petir! 😆

  3. Kilinger&Freund (juga Megola) mesinnya bikin kelenger.. ngga ngerti gimana cara kerjanya.. 😦
    apa itu juga pantas dibilang kendaraan dengan mesin yang melebihi teknologi pada jamannya?

    • megola mirip mesin pesawat terbang berbaling-baling mas, untuk kilinger kan ada skema kasar cara kerjanya diatas 😀
      yang pasti teknologinya kita akui sangat maju melebihi jamannya! 😉

  4. Hebad bener nih mesin, nggak pernah kepikiran blass!
    dilihat sekilas kayaknya mesinnya nempel diroda dan berputar bareng dengan rodanya.. yang heran, gimana caranya bensin masuk ke piston dengan mesin yang bergerak kayak gitu.
    satu lagi, karena mesinnya berputar, saya yakin getaran mesinnya bisa minim atau bisa jadi malah tanpa getaran blas..
    saya salut sama otaknya orang jerman, and thanks untuk pemilik warung sudah share.

    • mesinnya gak ikut berputar mas, yang berputar bagian velg dan rodanya 😀
      bensin masuk melalui selang melewati lubang dekat as rodanya :mrgreen:

  5. Ping balik: KILLINGER UND FREUND, motor unik jaman perang dengan mesin di ban depan « PERTAMAX GAN_tapi belinya cukup premium ^_^

  6. Ping balik: Megola, motor yang unik namun menyeramkan | AB 6420NG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s