DKW 1929 Racer


Catatan lama yang sayang untuk dibuang, semoga masih bermanfaat!

Seperti biasa kita langsung ke Sejarah sepeda motor yang menginspirasi perkembangan dunia otomotif roda dua di dunia saat ini.

Kita ke negara Jerman melihat sejarah singkat DKW 😀

Jorgen Skafte Rasmussen,  mendirikan perusahaan pertama di Sachsen setelah mempelajari Engineering di Mittweida. Pada tahun 1904 ia mendirikan sebuah perusahaan rekayasa tekhnik di Chemnitz, tiga tahun kemudian pindah ke Zschopau, di daerah Erzgebirge, di mana ia mulai bereksperimen dengan kendaraan bermotor yang digerakkan dengan mesin uap pada tahun 1916.
Meskipun percobaan ini tidak mengarah pada produk tertentu, mereka menciptakan nama perusahaan yaitu DKW sebagai merek dagang, berasal dari kata Jerman untuk “kendaraan berpenggerak uap” (Dampf Kraft Wagen).

Setelah perang, Rasmussen bertemu Hugo Ruppe, seorang desainer mesin. Ruppe menciptakan sebuah mesin, kecil 25cc 2-stroke untuk Rasmussen. Hal itu dimaksudkan untuk menjadi mainan untuk anak laki-laki muda, dan Rasmussen menyebutnya “Des Knaben Wunsch,” atau “keinginan anak itu.” Ini adalah penggunaan kedua inisial DKW.

Arti inisial ketiga yang paling diingat saat ini adalah “Das Kleine Wunder,” atau “keajaiban kecil.” (CMIIW :mrgreen: )
Ini adalah nama yang diberikan kepada mesin Ruppe yang telah diperbesar kapasitasnya sehingga cukup kuat untuk digunakan sebagai tenaga penggerak bantu untuk sepeda. Pada tahun 1919, berganti nama perusahaannya menjadi Rasmussen Zschopauer Motorenweke dan beralih produksi perusahaannya ke produksi mesin DKW  menggunakan bensin. 😀

Keajaiban kecil itu sukses. Segera setelah itu Rasmussens menjadi perusahaan besar yang memasok mesin untuk tujuh produsen Jerman lainnya, dan pada tahun 1922 lebih dari 30.000 mesin DKW telah dihasilkan dan Zschopauer Motorenweke sedang merancang desain sepeda motor sendiri dengan nama DKW.
Dalam waktu empat tahun, mayoritas sepeda motor Jerman menggunakan mesin DKW. Pada Tahun 1928, DKW disebut sebagai produsen sepeda motor terbesar di dunia. Hebat!!! 😀 (sejarah singkat ini dirangkum dari berbagai sumber :mrgreen: )

Setelah membaca sejarah singkatnya, sampeyan saya ajak untuk melihat sepeda motor buatan DKW yang masih terawat dengan baik. Dari beberapa model sepeda motor DKW, untuk yang pertama ini saya sangat tertarik dengan model DKW Ca 1929 Racer.  :mrgreen:

Mari kita lihat bersama :

Selanjutnya ini detail mesinnya 😀

Tambah lagi nih! 😉

dan yang paling menakjubkan adalah telah digunakannya liquid cooler alias radiator sebagai pendingin mesin 😯

Keren ya! :mrgreen:

Demikian sekilas sejarah DKW, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama.

Iklan

10 tanggapan untuk “DKW 1929 Racer”

  1. kalo terjemahan das kleine Binal apa Bro? wuhuhuhu….motor ganteng..disinyalir kucing ireng versi 3 begini nih bentuknya…

  2. Slam bradha..sya mau tanya sobat mslh over head pd mesin sparta250 sya..sya ksulitan mndpt piston original..yg mngakibatkan pd keceptan80km motor tua sya sering macet.tolong solusi nya??jenis piston apa slain px200 yg sya dpt pasang di motor saya??(diametr67mm)slam bradha

  3. untuk piston villier sparta harus pake yang orisinil bor, di bandung masih ada toko yang jual part motor tua mas bor, hehehehhehehehe…… gitu bor alamatnya di cikapundung bandung. bor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.