Curtiss V8, Motor Gendeng pada jamannya!!!


Motor gendeng pada jamannya? ๐Ÿ˜ฏ

Maksud saya adalah pada jaman dimana motor ini dibuat yaitu sekitar Tahun 1907. Bisa dibayangkan, dengan teknologi pembuatan mesin yang masih sederhana tanpa bantuan komputer Curtiss bisa membuat sebuah mesin sepeda motor dengan konvigurasi V8. :mrgreen:

Mari kita baca bersama ceritanya ๐Ÿ˜€

โ€œBullets are the only rivals of Glenn H. Curtiss of Hammondsport.” – 1907 newspaper headline

Sebuah surat kabar mengambil judul seperti diatas sebagai wujud kekaguman atas upaya Glenn H. Curtiss mencapai kecepatan tertinggi diatas roda dua.

Pada tanggal 24 Januari 1907, Glenn Curtiss memacu sepeda motornya di Osmond Beach Pantai Timur Florida hingga mencapai kecepatan 136,3 Mph (sekitar 219.35 Kph). Catatan kecepatan itu merupakan rekor kecepatan darat yang bertahan selama 11 Tahun. ๐Ÿ˜ฏ

Curtiss adalah seorang pemuda berusia 29 tahun yang gemar mencari tantangan dan petualangan baru selama hidupnya. Pada usia tersebut dia telah merancang/membuat lebih dari 500 penemuan serta inovasi yang akan merubah hidupnya.

Dia terlibat dalam perancangan pesawat terbang pertama buatan Wright bersaudara dan juga bermitra dengan Alexander Graham Bell dalam uji coba pengembangan penemuan kedirgantaraan berupa the aircraft aileron (dasar-dasar kendali pesawat) yang sekarang banyak digunakan pada pesawat terbang modern.

Pada awalnya Curtiss merupakan seorang pembalap sepeda, pada tahun 1901 dia mulai tertarik pada pembuatan tenaga pendorong pada sepeda (motorized bicycle). Mesin buatannya yang pertama berupa mesin sepeda single cylinder dengan internal cumbustion yang konon dibuatnya dengan bahan kaleng tomat ๐Ÿ˜†

Dia tidak hanya cuma membuat, akan tetapi benar-benar melakukan uji coba sendiri dari mesin buatannya di arena balap. Dari jerih payahnya ini pada tahun 1903 dia mendapatkan penghargaan โ€œFirst American Motorcycle Championโ€ karena berhasil menjadi yang tercepat pada kejuaraan balap dengan kecepatan 54,6 Mph (sekitar 87 Kph). Kemudian pad aTahun 1905 dia memecahkan rekor kecepatan pada lomba dengan jarak 1, 2 dan 3 miles. Selain menjadi pembalap pada motor buatannya sendiri, Curtiss juga membuat beberapa inovasi pada sepeda motor buatannya, seperti pembuatan the handlebar twistgrip throttle control. (kontrol gas seperti motor kita saat ini dengan kabel yang disembunyikan didalam stang) ๐Ÿ˜ฏ hebat!!!!

Keterlibatannya dalam perancangan dan pengembangan mesin pesawat terbang membuat Curtiss tertantang untuk kembali membuat rekor baru kecepatan darat. Dengan penguasaan dasar mesin pesawat maka timbul idenya untuk mengaplikasikan jenis mesin tersebut pada sepeda motor. Akhirnya dia menciptakan mesin sepeda motor dengan tenaga 40 HP yang disebutnya “Monster” Motor.

The configuration was based on a very square 3.25 x 3.25 inch bore and stroke that displaced a potent 269 cubic inches. While his preceding engines were primarily single cylinder and 50-degree V-Twins, Curtis went to a 90-degree design featuring cast-iron F-type heads as utilized on his smaller displacement powerplants. Moreover, it dispensed with head gaskets thanks to the quality of its design and manufacture. Inside the massive hunk of metal lurked a solid billet steel crank, while internal lubrication was handled via a dry sump and random splash system.

Monggo diartikan sendiri ๐Ÿ˜† :mrgreen:

Dengan sepeda motor menggunakan mesin ini Curtiss mencatatkan waktu tercepat pada 136,3 Mph. Dia adalah orang pertama yang mencatatkan waktu 1 mile dalam 25,25 detik, sebuah catatan prestasi dari keberanian seorang Curtiss dan digabungkan dengan teknologi kekuatan mesin yang membuatnya mendapatkan gelar manusia tercepat di bumi pada saat itu.

Sekian sekilas tentang Curtiss dan sepeda motor buatannya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama! ๐Ÿ˜‰

Bonus :

Curtiss V8 di Musium.

 

Iklan

41 tanggapan untuk “Curtiss V8, Motor Gendeng pada jamannya!!!”

    1. Mungkin ethanol kisanak..
      xixixi beli di apotek, kaya sejarah awalnya HD dulu bahan bakarnya ethanol ktnya

  1. yang jadi pertanyaannya adalah, dimana letak posisi rem depan dan belakangnya? wis tak pentelengi tapi ora ketok babar blas, nyuwun pencerahane saking pak RT, suwun :-D.

    1. motor ini dibuat memang dengan tujuan memecahkan rekor kecepatan om! jadi gak ada piranti rem nya ๐Ÿ˜†
      makanya uji kecepatan dilakukan di pantai alias pasir biar kalau njungkel gak cedera ๐Ÿ˜ˆ

    1. engine brake? yang pasti Curtiss mencoba motor ini di pinggir pantai mas bro! jadi resiko kecelakaan bisa diminimalisir ๐Ÿ˜‰

  2. inovasi yang benar-benar gilaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!!
    berarti sistem pelumasan pada F1 mencontek inovasi Curtis donx!!
    tapi sayangnya mas Bro ga kasih keterangan lebih pada motor tersebut,
    saya penasaran sama drive train motor tersebut, spertinya gak pakai
    gearbox dan kopling โ“

    jika benar demikian, mesin benar-benar diperkosa ๐Ÿ˜ณ

    1. saya juga bingung mas, bikin desain di kertas terus bikin cetakan mesin secara manual kok bisa jadi mesin keren seperti ini ๐Ÿ˜€

  3. orang jaman dulu banyak yg terobsesi mencetak record tercepat, banyak hal gila yg dilakukan, kayak harley davidson pea shooter, no clutch-no brake, trus ada om Rolland “Rollie” Free, yg gila ngebut di salt lake hanya pake baju renang….
    hohohohoho….
    they have done it long before my friend, all we do is recreate it in a little bit different way…
    CMIIW…
    btw sampeyan jogjane pundi mas…?
    saya 7 tahun di jogja….

  4. oooohhhh mbantul to…. jadi kangen jogja iki hiks… hiks…
    sudah 3 tahun lebih… ndak ke jogja,kangen ro suasana “ngangkring”. neng ora neng s*R**m lhooo….hahahah. saiki nguli neng cikarang mas dab… whalah kok malah curhat iki… heheheh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.