Sejarah panjang norton motorcycles!!! (lanjutan)


Mari kita lanjutkan cerita tentang Norton Motorcycles… πŸ˜‰

Kemarin sampai dimana ya? :mrgreen:

Oh… sampai saat dimana sepeda motor Model TT 490cc yang dimiliki oleh Jack Emerson ada “penunggunya” (ngawur) πŸ˜†

Kita lanjutkan…..

Walaupun Norton mengalami kesuksesan dan berbagai keberhasilan dalam produknya, sesungguhnya perusahaan ini mengalami permasalahan keuangan yang cukup sulit. Ditambah lagi sang juragan (Norton) juga mengalami masalah kesehatan yang buruk (menderita permasalahan jantung). Dan pada akhirnya tahun 1912 Perusahaan ini bangkrut πŸ˜₯

Disaat itulah seorang pengusaha pemasok komponen utama motor yang juga teman baik dari Norton bernama R.T. ‘Bob’ Shelley, membeli perusahaan tersebut dan sekaligus memperkerjakan kembali James Norton (yang menderita sakit) untuk mendampingi Managing Director. Charles. A. Vandervell (Chairman of the Board of R.T. Shelley Ltd.) sebagai Pemimpin perusahaan Norton yang baru. Selanjutnya perusahaan juga memperkerjakan Bill Mansell sebagai pengawas produksi dan bertanggungjawab dibidang racing Norton. Dan setelah Bill Mansell melihat kompetitor balap melalui iklan mereka, dia yakin bahwa spesifikasi Norton dan para pembalapnya mampu bersaing pada kejuaraan TT yang akan dilaksanakan tahun 1914. Dia akhirnya membentuk tim balap Norton.

Tim Norton Racing tahun 1914 ini tidak begitu sukses, meskipun dua pembalapnya mencapai (finish di urutan ke-46 dan ke-51 dengan pembalap O.G. , R.J.P. Brand) dalam foto diatas mereka memakai baju balap bersama Norton dan Daniel R. O’Donovan.

Nama terakhir inilah yang nantinya akan mengembangkan motor balap Norton karena dia berpengalaman dengan balapan dan juga punya pengetahuan tentang tuner dan setting mesin.

Selanjutnya Donovan dengan bantuan Bill Mansel mulai mengembangkan dan memodifikasi Norton Model TT menjadi model Brooklands Special (BS). Pada mode BS ini mereka memberi jaminan bahwa kecepatan yang dicapai dalam satu lap mencapai lebih dari 65mph (sekita 105kph) dengan catatan tidak menjamin ketahanan komponen mesinnya πŸ˜† :mrgreen:

Beberapa mesin dari model BS ini juga dipasang pada rangka buatan Donovan sendiri untuk di uji coba. Selanjutnya Donovan ini menjadi kepala mekanik Norton Racing team.

Rangka uji coba ini memiliki banyak engine mounting dan bisa digunakan untuk beberapa type mesin balap buatan Norton. Karena prestasinya maka frame ini mendapat julukan “Old Miracle”. Prestasi old miracle ini sangat fantastis karena secara total mampu meraih 112 rekor dunia! 😯

Berikut ini gambar berwarnanya milik George Cohen’s personal ‘BS’ model

Perkembangan model selanjutnya….

Kita sambung lagi kapan-kapan ya! πŸ˜€

Demikian kelanjutan Sejarah Panjang Norton Motorcycles, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama! πŸ˜‰

Iklan

23 tanggapan untuk “Sejarah panjang norton motorcycles!!! (lanjutan)”

  1. waduh menawai pak One sampun ngendiaaken motor-motor klasikkados menika kula mboten saged sanjang napa-napa. Mirengakaen eh maos kemwaon mbok bilih saged kageng ndongengi lare-lare

  2. Nitip iklan, for sle horex regina 1953, 350cc twinport, top valve…foto please email….other phone +62811237208

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s